Inilah Berbagai Macam Kompetensi yang Dibutuhkan dalam Perkuliahan

Balerumah.com - Dalam dunia kampus, syarat seorang mahasiswa agar nantinya mereka bisa lulus dan memperoleh gelar akademik yaitu: Melakukan dan memenuhi berbagai kompetensi yang dibutuhkan dalam perkuliahan, sebaik dan sebisa mungkin dijalani.

Karena kalau tidak, kamu tidak akan bisa lulus sarjana, atau mungkin bisa tetapi sulit sekali.

Kompetensi yang Harus Dipenuhi Mahasiswa
                 
sumber foto: pixabay.com
Inilah berbagai kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa saat mereka belajar di Perguruan Tinggi. Hal tersebut akan menandakan seberapa besar kemampuan serta keterampilan dalam penguasaanya.

Saya akan menjelaskan mengenai hal tersebut.

1. Melakukan Presentasi
Bagi Kamu seorang mahasiswa baru, jangan kaget jika keseharianmu dalam dunia perkuliahan hanya melakukan diskusi serta presentasi.

Pembelajaran saat ini sangat berbeda daripada zaman sekolah. Namun, inilah yang menjadi ciri khas dari perkuliahan.

Melakukan presentasi sebagai mahasiswa mengharuskan kamu untuk memiliki rasa percaya diri dalam berbicara di depan kelas, menghadapi teman-temanmu dan dosen pengampu.

Juga menanggapi orang-orang jika ada yang bertanya. Sebaiknya, jangan gugup dan gerogi jika ingin tampilanmu tidak kacau.

Disamping itu, sebelum melaksanakan presentasi, seharusnya kamu belajar untuk menyiapkan materi yang akan disampaikan sampai benar-benar menguasainya. Sehingga nanti bisa menjawab pertanyaan maupun sanggahan dari audience dengan bijak.

Kuasailah materinya sebelum kamu melakukan presentasi di depan kelas, sebab kalau tidak, presentasimu akan dinilai buruk.

2. Menulis Karya Ilmiah
Salah satu Tridharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan pengabdian adalah melakukan sebuah penelitian.

Nah, di sini kamu sebagai seorang mahasiswa akan diminta oleh dosenmu untuk menulis karya ilmiah. Baik itu dalam bentuk artkel, jurnal, maupun karya tulis lainya. Kalau pun tidak disuruh, kamu harus bisa kreatif.

Mengerjakan sesuatu tanpa disuruh. Dan hasilnya pun untuk kamu juga. Dalam melakukanya, kamu harus belajar terlebih dahulu mengenai metode-metode penelitian. Hingga bagaimana cara menulis yang baik.

Biasanya, sebelum melakukan penulisan tersebut, mahasiswa akan diberi bimbingan oleh dosen mereka masing-masing.

Atau, kamu bisa mencarinya di internet. Apalagi sekarang seorang mahasiswa sudah dituntut untuk bisa mandiri.

Buatlah karya tulis yang sekiranya kamu pahami, dan kamu minati. Nanti di masa yang akan datang, agar kamu tidak kaget menghadapi pembuatan karya tulis.

3. Melaksanakan KKN
Kuliah Kerja Nyata atau yang disingkat dengan KKN. Merupakan program dari kampus yang terkadang mengharuskan mahasiswa mereka melakukan pengabdian masyarakat di daerah-daerah pedesaan.

Bahkah, dekat wilayah pegunungan, pesisir pantai, persawahan dan lain-lain. Namun, saat ini KKN juga dilakukan di lingkup perkotaan.

Ini karena banyaknya jenis yang tersedia. Meliputi, reguler, revolusi mental, tangguh bencana, anti korupsi, nusantara dan masih banyak lagi.

Pelaksanaan KKN sebagai salah satu dari kompetensi yang dibutuhkan dalam perkuliahan ini, biasa dilakukan jika mahasiswa sudah berada di semester 6 atau 7.

Pelaksanaanya kurang lebih selama 1 hingga 1,5 bulan tergantung pada kebijakan lembaga kampus penyelenggara masing-masing.

4. Melakukan PPL
PPL meruapakan singkatan dari Program Pengalaman Lapangan. Di sini, mahasiswa menjelang semester akhir akan dikirimkan ke sebuah lembaga terkait dengan penjurusan mereka masing-masing.

Untuk belajar mempraktikkan ilmu yang selama ini telah dipelajari secara nyata di sana. Sebagai contoh, mahasiswa jurusan kependidikan pasti akan diterjukan melaksanakan PPL di sekolah baik itu SD, SMPataupun SMA.

Hal ini dilakukan sebagai harapan, jika setelah menyelesaikan program tersebut. Mereka sudah memiliki pengalaman serta bekal nyata jika suatu hari terjun ke dunia kerja.

5. Menulis Skripsi
Salah satu sayarat kelulusan mahasiswa dalam program Strata 1 yang mereka tempuh yaitu, menulis laporan hasil penelitian dalam bentuk skripsi.

Hal tersebut kebanyakan menjadi momok tersendiri bagi sebagian mahasiswa. Namun jangan khawatir, jika Kamu fokus dan sungguh-sungguh pasti jadi mudah.

Sebelum menulis skripsi, harus melakukan penelitan secara logis dan empiris terlebih dahulu. Supaya data yang dihasilkan valid serta dapat dipertanggunggjawabkan. Lakukanlah konsultasi dengan dosen secara rutin agar cepat selesai.

Demikianlah sekelumit informasi tentangkompetensi yang dibutuhkan dalam perkuliahan. Dengan begitu, mahasiswa setelah lulus dapat mempunyai kecakapan serta keterampilan berkualitas yang tidak diragukan lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel