Metode Sederhana untuk Belajar yang Efektif di Rumah

Balerumah.com - Seringkali kita merasa sulit dengan cara dan metode belajar yang kita terapkan pada diri sendiri. Padahal, kita sudah berusaha untuk konsisten, tetapi tetap saja merasa metode yang kita lakukan itu tidak nyaman.

Belajar adalah kegiatan untuk mencari pengetahuan, memahami, dan menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

Di sini, Bale Rumah akan memberikan beberapa metode yang tepat untuk kalian belajar di rumah.

Karena, saya tahu belajar di rumah memanglah sulit, apalagi kalau ada teman yang datang ke rumah, waktu untuk belajar menjadi tidak efektif.

Sumber foto: pixabay.com
1. Melakukan di Tempat Nyaman
Sebelum belajar, kita harus mencari di mana tempat belajar yang efektif, yaitu tempat nyaman. Mungkin kamu akan merasa bingung, di mana kira-kira tempat yang nyaman?

Tempat nyaman yaitu tempat yang sering kamu tempati ketika sedang menyendiri di rumah. Misalnya di kamar, atau di teras rumah, atau juga di ruang tamu.
  • Di kamar
Kalau di kamar, kamu bisa melakukan belajar ketika sebelum tidur, bisa juga ketika pulang sekolah/kuliah.

Selain itu, kamar juga tempat nyaman. Ketika kamu belajar kemudian ngantuk, kamu bisa langsung tidur. Tapi usahakan jangan terburu-buru tidur kalau sedang belajar.
  • Di teras rumah
Membawa buku ke teras rumah sembari minum teh hangat ketika senja telah hilang, maksudnya, setelah maghrib-isya.

Itu adalah kegiatan yang sejuk bagi saya. Barangkali kamu yang sedang membaca ini sesambil duduk di teras rumah, kamu bisa lakukan kegiatan di tempat ini.
  • Di ruang tamu
Kalau belajar di ruang tamu, jangan nyalakan TV. Karena itu akan menggngu konsentrasi dan menghambat pemahamanmu.

Kamu bisa belajar di ruang tamu ketika rumah sudah sepi. Misalnya: malam. Ketika keluargamu sudah lelap tertidur, sehingga tidak ada yang menyalakan TV dan mengganggumu belajar.

Pilih salah satu tempat yang nyaman dari opini yang saya sebutkan di atas, kalau perlu kamu catat. Karena akan ada pilihan lagi dibawah ini.

Sumber foto: pixabay.com
2. Waktu yang Tenang
Ketika belajar, kamu pastikan waktu belajar kamu itu tenang. Supaya kamu bisa fokus terhadap pelajaran yang akan kamu pelajari.

Maksud dari waktu yang tenang di sini adalah, keadaan yang terhindar dari kebisingan lingkungan sekitar kita. Karena keadaan yang bising tidak cocok untuk belajar.

Berikut adalah waktu belajar yang efektif:
  • Sepulang sekolah/kuliah
Ketika pulang sekolah/kuliah, pasti kamu masih terasa lelah-letih karena telah seharian full belajar. Dalam kelelahan ini, kamu bisa merilekskan tubuh sembari membaca buku.

Hal ini baik kamu lakukan, supaya apa yang sebelumnya dipelajari di kelas, kamu bisa mematangkan lagi di rumah. Daripada main, lebih baik baca buku walau hanya sebentar.
  • Setelah maghrib
Setelah maghrib adalah waktu yang cukup  tenang. Kamu bisa belajar setelah maghrib ini, setelah menunaikan ibadah maghrib (bagi yang muslim), sembari menunggu isya datang dengan membaca buku.

Atau, kamu juga bisa mslakukan ini di tempat nyaman yang sudah kamu pilih di atas tadi. Seperti di kamar, ruang tamu, atau teras depan rumah.
  • Sebelum tidur
Di kamar, sebelum tidur, luangkanlah waktu untuk belajar. Mempersiapkan hari esok dan atau mematangkan materi yang kamu dapat pada hari ini.

Tapi, jangan kerjakan tugas ketika menjelang tidur!

Karena dengan mengerjakan tugas sebelum tidur, kamu akan terasa lebih berat. Seharusnya menjelang tidur, kamu hanya baca buku saja, kalau mau mengerjakan tugas, lakukan pada sore hari.
  • Setelah bangun tidur
Bangun tidur, setelah itu mandi ketika matahari belum terbit, merupakan waktu yang tenang untuk belajar. Ditemani suara kokok ayam jantan dan burung kicau yang bersahutan.

Kamu juga bisa belajar pada waktu ini. Karena waktu ini, adalah dimana otak masih fresh dan belum memikirkan apa-apa. Ya, paling cuma mikir, "pagi ini sarapan dengan apa."

Pilihlah salah satu waktu yang tenang, yang saya sebutkan di atas. Setelah itu, gabungkan dengan nomor 1, kemudian simak lagi di bawah ini.

Sumber foto: pixabay.com
3. Sumber Belajar
Dalam pembelajaran, kamu sekiranya harus memiliki beberapa media untuk belajar, supaya tidak bosan dan jenuh karena yang dilihat hanya itu-itu saja.

Ada beberapa saran dari saya untuk sumber belajar kamu:
  • Buku
Karena buku adalah referensi yang lengkap dan juga bersumber dari penulis yang tidak diragukan lagi ilmu pengetahuannya.

Untuk mendapatkan buku, pastinya kamu harus memiliki uang untuk membelinya, atau bisa meminjam milik sekolah maupun orang lain.

Baca juga: Cara Memilih Buku Untuk Pemula 
  • Internet 
Belajar di era milenial ini, kita bisa belajar melalui media apa saja, salah satunya internet. Tidak serta-merta menggunakan internet untuk media sosial saja, tapi juga gunakan untuk belajar.

Kamu bisa mendownload aplikasi pembelajaran, atau juga bisa menonton di YouTube. Karena di sana banyak sekali materi bertebaran yang bisa kamu tonton untuk belajar.

Dalam media antara buku dan internet, bisa kamu sinkronisasi sesuai dengan kebutuhan pribadi. Kalau sekiranya baca buku belum paham, silahkan cari di internet.

Gabungkan dengan pilihan kamu di nomor 1 dan 2 di atas tadi, setelah itu, terapkan dalam metode belajar!

Saya kira cukup masukan dari saya, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa bagikan artikel ini ke social media kamu agar teman-temanmu juga membaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel