Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meetings Sebagai Media Belajar Online

Balerumah.com - Dengan menggunakan sebuah aplikasi, kini kita bisa belajar dan berdiskusi walaupun dalam jarak yang berjauhan.


Karena suatu waktu, anda pasti akan sangat membutuhkan media belajar online sebagai solusi. Bisa pula karena terkait suatu masalah, seperti misalnya wabah virus corona pada tahun 2020 ini.

Adanya wabah ini membuat masyarakat resah, sehingga pemerintah turun tangan untuk menghimbau masyarakat supaya belajar diliburkan.

Namun, tepatnya bukan diliburkan. Tetapi diganti dengan pembelajaran menggunakan media online. Untuk itu, saya sarankan aplikasi Zoom Cloud Meetings.

Aplikasi ini merupakan pertemuan HD gratis dengan vidio dan berbagi layar hingga sebanyak 100 orang. 

Hal ini cukup untuk satu kelas murid dan satu orang guru. Seperti ruangan saja, kita bisa mendengar dan melihat seluruh orang yang ada di kelas. 

Selain itu, kita bisa mematikan suara dan vidio, namun masih mendengarkan pelajaran yang sedang dijelaskan oleh guru.

Cukup mudah, bukan? 

Maka dari itu, penggunaan aplikasi ini sangat cocok untuk pembelajaran jarak jauh. Sebelum anda mengetahui cara menggunakannya, ada baiknya anda ketahui kelebihan dan kekurangan aplikasi ini. 

Kelebihan:
1. Suasana seperti di kelas. 
Hal ini disebabkan karena kita bisa melihat wajah teman dan guru dalam vidio siaran langsung. Sehinga, suasananya terasa seperti belajar di ruang kelas.

2. Bisa melihat presentasi.
Presentasi yang disiarkan di kelas, bisa juga diperlihatkan kepada peserta didik di sini. Selain itu, power point bisa dicoret - coret oleh siapa saya yang bergabung dalam kelas. Hal ini membantu peserta didik supaya mudah paham materi.

3. Kualitasnya bagus.
Vidio siaran langsung pada aplikasi ini, memiliki kualitas yang bagus, gambarnya jernih, dan suaranya pun jelas. Cocok untuk belajar dan juga rapat.

Kekurangan: 
1. Tidak ada bahasa Indonesianya, sehingga untuk kalangan pelajar yang tidak bisa bahasa asing, sulit untuk mengaksesnya. Karena memang aplikasi ini bukan buatan Indonesia.

2. Kecepatan sesuai handphone dan jaringan masing - masing. Itulah sebabnya bagi anda yang punya hp kentang, harap diganti.

3. Ukuran lumayan besar. Namun, biasanya ukuran MB game anda yang lebih besar. Jadi, jangan dikeluhkan.

Download Aplikasi
Anda tentu bisa men- Download aplikasi Zoom Cloud Meeting di media apa saja. Jika anda pengguna smartphone, anda bisa mencarinya di Google Playsore.

Selain itu, anda juga bisa menggunakannya di laptop, maupun komputer. Pemasangannya juga mudah, sama seperti anda menginstal aplikasi pada umumnya.

Baca juga: 12 Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar yang Menghunjam

Cara Menggunakan atau Tutorial:
1. Sebagai Guru 
Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah sekali. Cukup dengan mengundang sampai 100 pengguna lain, untuk join ke kelas.

Bagaimana cara mengundangnya?

1.1. Masuk ke aplikasinya langsung. Jangan nunggu hal - hal yang gak penting.
2.2. Jika anda sebagai guru, anda bisa singn in terlebih dahulu.
2.3. Setelah itu, masukkan email anda, atau bisa juga menggunakan akun Google. Kalau mau lebih singkat, pakai akun Google saja.
3.3. Sudah masuk akun Google, lalu pilih email yang akan anda pakai.

3.4. Kemudian, tekan tombol Launch Zoom untuk lebih lanjut.
3.5. Nanti tampilan awalnya akan seperti ini:
Jika anda ingin segera membuat kelas online dan siaran langsung, tekan tombol New Meeting.

3.6. Setelah itu, anda pilih Start a Meeting. Sebelum itu, bagikan dahulu ID yang ada di atas tombol tersebut, agar orang lain bisa join di kelas anda.

Bagaimana? Mudah, kan? Seperti itulah jika anda menggunakan aplikasi ini. Lain halnya bila menjadi murid, ia hanya akan memasukan kode seperti tutorial di bawah ini.

Baca juga: Akibat Kesalahan Cara Belajar Ini Membuat Siswa Tidak Berkembang 

2. Sebagai Murid

2.1. Sama seperti di atas, kita masuk langsung ke aplikasinya.

2.2. Jika anda sebagai peserta, atau murid. Langsung saja klik Join a Meetingtanpa msnunggu lama.


2.3. Masukkan kode yang diberikan guru ke form Meeting ID.
Perhatikan juga nama anda, (Berada di atas tombol Join Meeting) apabila sudah benar silahkan klik Join Meeting, bila belum, ganti nama anda dengan cara klik saja nama anda, nanti akan muncul keyboard.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Siswa dan Mahasiswa 

Demikianlah informasi dari Bale Rumah, semoga dalam pembelajaran online yang anda laksanakan berjalan dengan baik. Dan apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel