Sebelum Terjun Dunia Kerja, Penting Bagi Anda Menyaiapkan Ini!

Balerumah.com - Terjun ke dunia kerja tidak asal sembarangan, anda mesti punya beberapa hal yang anda kuasai. Baik dari dalam diri, maupun luar.

Karena di dunia kerja sana, kita bersaing dengan orang lain yang tidak kita ketahui seberapa jeniusnya dan seberapa besar ambisinya.

Via: pixabay.com
Bekerja tidak hanya soal mencari uang dan pengalaman, namun juga jati diri. Anda akan tahu bagaimana rasanya hidup menjadi mandiri. Yang terus berusaha melengkapi hidup.

Persiapan sebelum kerja harus disiapkan dari segala aspek dengan matang. Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja. Agar senantiasa mendapatkan pekerjaan yang cocok dan layak.

1. Kompeten
Maksudnya adalah kemampuan anda dalam suatu bidang yang dikuasai dan diakui oleh orang lain, sehingga menjadikan anda sebagai solusi.

Orang berkompeten cenderung lebih mudah diterima kerja oleh sebuah perusahaan, mereka tidak akan repot-repot lagi mengajari dari awal, karena orang berkompeten dirasa sudah mampu dan hanya tinggal diberikan arahan.

Misalnya anda ahli dalam menggunakan MS. Exel, lalu anda melamar kerja di sebuah perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga untuk pengelolaan aplikasi tersebut, jika anda memang sungguh mampu mengelolakannya, 95% akan diterima ketika nanti dites kemampuan.

Maka dari itu, asah kemampuan anda sebelum memasuki dunia kerja. Jangan sia-siakan waktu belajar di sekolah maupun kampus, supaya anda memiliki kompeten yang bagus.

2. Memiliki Softskill
Softskill adalah kemampuan yang ada pada diri seseorang yang mengmbarkan kepribadian melalui karakteristik individu.

Orang yang mempunyai softskill yang baik juga dipandang orang lain baik. Tak jarang orang memiliki softskill bagus ini diambil oleh perusahaan, biasanya ditempatkan sebagai pelayanan.

Karena pelayanan yang bagus, membuat pelanggan betah dan menaikkan nilai kualitas perusahaan.

Selain itu, softskill juga penting karena dengan begitu, kita bisa melihat kualitas diri sendiri tanpa melalui orang lain.

Apa saja softskill yang harus di miliki?

Untuk itu, silahkan anda baca di sini.

Oleh sebab itu, asah softskill anda dan gunakan sebaik mungkin. Supaya anda terlatih menyikapi pekerjaan.

Via: pixabay.com
3. Mental
Mental adalah watak yang dimiliki manusia dari pelatihan selama dididik oleh orangtua maupun guru yang terlihat seperti ambisi.

Semua orang mempunyai mental, tapi belum tentu berani untuk melawan mental sendiri. Contohnya adalah kegagalan.

Melawan rasa kegagalan adalah bentuk perlawanan mental sendiri. Jika anda melamar kerja, jangan terlalu optimis akan dapat pekerjaan. Karena jika tidak dapat, anda akan jatuh, dan di situlah mental baru terbentuk.

Kita siap untuk memulai tapi belum siap untuk gagal. Itu yang sangat sering kita hadapi dalam hal adapun. Sehingga sulit bagi kita untuk mengatasinya.

Satu-satunya cara yaitu, siapkan mental! Bahkan sejak anda berniatan untuk melamar kerja. Karena itu sangat penting. Maka dari itu, sebelum melamar kerja, siapkan mental supaya tidak ada keraguan dalam mengambil keputusan.

Baca juga: Perispan Sebelum Menghadapi Tes Wawancara Kerja Supaya Diterima

4. Nilai Ijazah
Nilai ijazah adalah angka yang diperoleh setelah selama sekolah atau kuliah. Nilai ijazah kita dapatkan setelah lulus ujian.

Nilai semasa sekolah dan atau kuliah, terkadang berpengaruh dalam melamar pekerjaan. Tak jarang teman kita tidak diterima di sebuah perusahaan hanya karena nilai buruk.

Sebab nanti ketika lamaran sudah diterima, akan dilihat nilai ijazah terakhir yang anda miliki untuk kemudian dipertimbangkan oleh pemilik perusahaan, ingin diterima atau tidak.

Selain itu, nilai ijazah juga menggambarkan kecerdasan seseorang, katanya. Namun, saya rasa kurang efektif apabila hanya dilihat dari selembar kertas saja.

Maka dari itu, saya sarankan kepada anda yang belum lulus, perbaiki pola belajar dan belajarlah dengan sungguh-sungguh, agar nilai ijazahmu tidak anjlok.

Baca juga: Peluang Kerja di Bidang Jasa Tanpa Butuh Ijazah

Via: pixabay.com
5. Surat Lamaran Kerja
Ini paling penting, surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang ditulis untuk kemudian  ditunjukkan kepada sebuah perusahaan agar dapat diterima sebagi karyawan.

Semua orang yang ingin bekerja, khususnya di perusahaan. Diharapkan untuk bisa membuat surat lamaran tertulis. Surat lamaran tersebut dibuat sesuai keinginan anda ingin ditempatkan di bagian apa.

Selain itu, lengkapi  juga data - datanya sebagai penunjukkan identitas dan syarat, seperti fotokopi ijazah, ktp, kartu keluarga, foto dan sertifikat.

Surat lamaran kerja juga bertujuan agar HRD atau pemilik perusahaan mempertimbangkan opininya dalam memilih karyawan baru.

Oleh sebab itu, buatlah surat lamaran kerja yang baik. Kalau perlu, CV dibikin menarik supaya anda terkesan niat dan kreatif melamar kerja.

Demikianlah informasi dari Bale Rumah, semoga apa yang disampaikan hari ini menginspirasi anda dan memotivasi diri anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel