Cara Membuat Mind Mapping yang Baik Agar Mudah Dipahami

Balerumah.com – Setiap orang memiliki cara yang masing-masing berbeda dalam belajar dan memahami pelajran. Ada yang suka merangkum materi, ada yang membaca keseluruhan, dan ada pula yang menggunakan mind mapping untuk agar mudah memahami materi yang telah disampaikan.

Di sekolah, kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mind mapping. Namun dengan begitu, ada baiknya anda mengetahui definisinya. Mind mapping adalah rangkuman dari sebuah materi atau gagasan yang dibuat dalam bentuk gambar yang dilukis dengan warna.

Via: pixabay
Mind mapping banyak macam bentuknya, setiap orang bebas menggunakan bentuk yang seperti apa pun selama itu sopan yang tidak mengandung unsur porno (kecuali mind mapping biologi tubuh).

Oke, langsung saja saya akan memberikan tahap-tahap membuat mind mapping agar rapih dan teratur.

1. Siapkan Alat
Sebelum memulai, siapkan alatnya dulu. Alat di sini berupa alat tulis, kertas, dan pensil warna. Untuk memulainya nanti gunakan pensil terlebih dahulu, mulai dengan coret tipis-tipis agar mudah dihapus jika terjadi kesalahan.

2. Siapkan Materi
Jangan hanya disiapkan! Sebelumnya, rangkum dulu materi atau pilih bagian mana saja, yang sekiranya penting untuk dicantumkan. Atau bisa juga anda gunakan stabilo untuk menandakan bagian yang diambil.

Apa saja bagian yang penting itu?

Bagian yang penting terutama adalah poin-poin dalam bab. Poin tersebut biasanya bercabang lagi seperti a, b, c, d, dan seterusnya. Itu adalah pilihan. Jika memang dirasa cukup untuk membuat mapping, masukan saja semuanya.

Catatan: jika ada gambar atau struktur abaikan saja, jangan digambar.

Selain itu, definisi juga dicantumkan. Tetapi dalam bentuk sesuatu yang bisa anda gambar. Seperti misalnya definisi bumi, anda perlu menggambar bumi agar lebih mudah dipahami orang lain.  Jika materi sudah siap, lanjut siapkan bentuk mapping.

3. Bentuk Mapping
Berbagai macam bentuk mapping yang bertebaran di internet. Salah satunya bentuk pohon, bumi, bahkan otak. Saya akan memberikan contoh di bawah ini animasi gambar seperti otak.

Via: pixabay
Anda bisa mengisinya sendiri mengikuti gambar ini. Atau bisa juga gambar lain yang sesuai dengan selera.

Dengan catatan: pastikan judul berada di bagian tengah halaman.

4. Menentukan Jumlah Cabang
Hal yang perlu kalian tahu, jumlah cabang sama saja dengan jumlah poin yang ada di dalam bab. Misalnya seperti: pengertian, manfaat, fungsi, tujuan, macam-macam, prosedur kerja, dan lain-lain.

Cabang ditentukan sesuai dengan jumlah poin tersebut. Kemudian, setelah itu masukkan ranting cabang  yang berisi sub topik menggunakan garis cabang – yang diambil dari cabang pertama.

Usahakan garis pada cabang dibuat melengkung atau tidak lurus, agar tidak terlihat membosankan.

Jika ingin terlihat lebih estetik, variasikan di cabang itu gambar-gambar yang imaji dan beragam sesuai dengan apa yang anda pikirkan.

5. Beri Warna
Setelah semuanya selesai, warnai masing-masing gambar. Usahakan berbeda-beda warna supaya terlihat variasinya. Pewarnaan di sini berfungsi untuk membuat daya tarik kepada pembaca yang melihat, sehingga mendapat penilaian bagus di mata orang.

Manfaat mind mapping

1. Mudah Diingat
Mind mapping memudahkan kita untuk mengingat materi secara ringkas dan simpel. Kita bisa mengingatnya hanya dengan mengetahui informasi dari gambar.

Itulah sebabnya mengapa ketika membuat mind mapping anda harus sesuai antara bentuk da nisi materi yang disampaikan, hal inilah yang berguna untuk agar mudah diingat.

2. Melatih Kemampuan
Ketika hendak membuat mind mapping, kita perlu menyusun beberapa bentuk bagian agar menjadi teratur dan enak dilihat.

Keterbiasaan menyusun ini membutuhkan ketelitian, tak jarang kita menemukan mind mapping buatan kita sendiri acak-acakan bentuknya. Itulah sebabnya anda harus terbiasa dalam menyusun bagian-bagian tersebut.

3. Membentuk Kreativitas
Membuat mind mapping tidak bergantung pada apa pun, semua mengandalkan imajinasi. Dan kita harus bisa mempertanggungjawabkan bentuk yang kita buat dengan alasan yang logis.

Karena mana mungkin juga ketika kita membuat mind mapping yang membahas materi jantung, tapi bentuk gambar yang kita gunakan adalah gambar otak. Nah, hal seperti ini perlu diperhatikan.

4. Cocok untuk Anda yang Malas Baca
Sebenarnya membuat mapping ini bukan karena malas baca, tapi karena lebih mudah aja dalam memahaminya. Namun jika ada salah satu dari anda malas yang membaca, mapping ini juga cocok bagi anda.

Baca juga: 12 Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar yang Menghunjam

Selain mudah untuk dipahami, cara ini juga cepat untuk memahami, dibandingkan hanya dengan membaca namun tidak paham sama sekali.

5. Bisa untuk Apa Saja
Mind mapping bukan hanya digunakan untuk pelajaran di sekolah, dalam bisnis dan pekerjaan pun terkadang dipakai. Biasanya, dalam pekerjaan digunakan untuk menyusun strategi, struktur pekerjaan, maupun jadwal.

Hal tersebut bertujuan agar mudah diingat, dantidak membuang waktu, sehingga meningkatkan efektivitas dalam bekerja. 

Baca juga: Cara Membuat Puisi yang Indah dan Benar untuk Pemula Sesuai dengan Teori

Demikianlah ulasan dari Bale Rumah, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel