Manfaat Kuliah Yang Harus Kamu Ketahui!

Balerumah.com – Kuliah merupakan pendidikan jenjang tinggi yang dimasuki setelah lulus dari sekolah. Cukup banyak mahasiswa yang terdaftar di berbagai kampus di penjuru Indonesia, baik negeri maupun swasta. Ada banyak sebenarnya manfaat dari kuliah apabila mahasiswa bisa mengelola dan menggunakannya sebaik mungkin. Salah satunya mendapatkan pekerjaan atau prestasi yang gemilang.

Via: Pixabay
Di kampus, mahasiswa bukan hanya hadir untuk menuntut ilmu, mengerjakan tugas dan memikirkan bagaimana nasib ketika lulus nanti. Ada banyak kegiatan di sana, mulai dari organisasi, komunitas dan lain-lain. Namun, tahukah anda bahwa manfaat kuliah secara ringkas itu hanya ada 3. Dan dari ketiga inilah kepentingan mahasiswa terpenuhi.

1. Untuk diri sendiri
Ketika baru pertama masuk kuliah, mungkin anda belum begitu paham apa manfaat kuliah bagi diri sendiri. Tapi nanti ketika sudah lulus, itu baru terasa dalam hidup anda. Apa pun manfaatnya bagi diri sendiri mesti dinikmati sebagai bentuk rasa keberhasilan menjadi mahasiswa. Oleh karena itu, berikut manfaat kuliah bagi diri sendiri.

a. Memiliki pengalaman berorganisasi 
Berorganisi di kampus membuat diri anda mengerti bagaimana cara membangun, berinteraksi, dan bersosialisasi dengan kawan lain di kampus. Selain itu, anda bukan hanya mendapatkan pengalaman, tapi menambah skill dan kemampuan anda dalam mengelola organisasi. Dengan begitu menjadi bermanfaat bagi diri anda.

b. Berpikir kritis dan melihat ke depan
Terlalu sering mahasiswa ditimpa oleh tugas, masalah dalam pembelajaran, menjadikan mahasiswa berpikir kritis dan memikirkan masa depan. Karena akan sia-sia apabila menjadi mahasiswa namun tidak memiliki harapan untuk masa depan nanti. Paling tidak, berpikir kritis akibat terlalu banyak membaca buku membuahkan manfaat bagi mahasiswa.

c. Mengejar karir
Salah satu alasan seseorang masuk kuliah adalah mengejar karir. Bagi anda yang masuk kuliah untuk mengejar karir merupakan sebuah manfaat bagi diri sendiri. Anda bisa memperdalam tentang ilmu pengetahuan dan melihat celah peluang yang lebih dalam lagi. Sehingga anda menemukan keberhasilan yang cocok dengan karir.

d. Memiliki peluang kerja besar dan baik
Menjadi mahasiswa, tentu akan memiliki peluang kerja yang besar dan baik. Tapi, anda harus berani bersaing dengan yang lain, karena bukan hanya anda yang menjadi mahasiswa melainkan puluhan ribu orang di luar sana. Meskipun demikian, mahasiswa yang memiliki kompetensi baik pasti akan menemukan jalan. Atau bahkan mendapat panggilan walaupun belum melamar kerja.

e. Mempersiapkan diri dengan soft skill yang matang
Soft skill sangat penting bagi kita, bagi siapa saja yang ingin melamar kerja. Karena dengan soft skill inilah kita mendapatkan kepercayaan. Soft skill adalah apa yang ada dalam diri kita, meliputi sikap, karakter dan watak. Ketiga hal ini yang akan membuat anda bertahan lama atau tidaknya seseorang di dalam sebuah perusahaan. Lantas, apakah soft skill itu? Anda bisa membacanya di sini.

f. Memperluas pengetahuan
Dengan kuliah seseorang dapat memperluas pengetahuan. Bukan hanya pengetahuan di bidang yang ditempuh saja, tapi lebih luas lagi. Apalagi jika bergaul dengan berbagai jurusan dan orang-orang yang aktif, tentu anda akan dapat banyak pengetahuan. Pengetahuan bukan hanya bersumber dari orang lain, ada pula buku yang cukup otentik dari segala isinya.

g. Peluang gaji besar
Bila anda memiliki pendidikan yang tinggi, tentunya jabatan pun akan tinggi, tergantung dengan kompetensi yang dimiliki. Sebenarnya, tidak semua mahasiswa memiliki peluang bergaji besar, tergantung di mana tempat bekerja, dan berada di posisi apa. Namun, bagi mahasiswa yang pandai mencari peluang pasti akan mendapatkan gaji besar.

2. Untuk orangtua
Mayoritas mahasiswa yang kuliah biasanya dibiayai oleh orangtuanya, kecuali mungkin mahasiswa kelas karyawan. Orangtua berani membiayai anaknya kuliah bukan semata karena ingin agar anaknya rajin. Orangtua tentunya ingin agar kelak anaknya sukses dan mendapatkan pekerjaan yang layak agar suatu nanti bisa menjadi orangtua yang baik.

Membiayai anak sekolah sampai jenjang tinggi juga merupakan kepuasan bagi orangtua, karena berhasil membiayai anaknya sekolah setinggi itu. Maka, manfaat kuliah bagi orangtua adalah agar kelak anaknya merawat orangtuanya ketika usia senja nanti.

3. Untuk keluarga
Mahasiswa yang  kelak menikah, karakteristiknya akan mempengaruhi cara mendidik pada anak-anaknya. Karakteristik anak yang dididik oleh orang berpendidikan dengan orang yang tidak berpendidikan tentu akan beda hasilnya. Selain itu, orangtua juga mesti memperhatikan dan menjaga anaknya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Demikianlah artikel ini saya akhiri. Artikel ini dibuat hanya untuk mengispirasi dan memotivasi agar anda mendapatkan wawasan baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel