Apa Itu Blended Learning? Berikut Penjelasan dan Keuntungannya

Balerumah.com – Perkembangan zaman membuat teknologi semakin maju, kini hal yang biasa dilakukan secara langsung dapat juga dilakukan secara online. Seperti misalnya belajar, jual beli, mencari uang dan masih banyak lagi. Pembelajaran secara online dapat kita sebut dengan E-learning. Dengan adanya media ini dapat membantu siapa saja untuk memudahkan belajar tanpa memikirkan waktu dan tempat.

Via: Pixabay (diedit) 
Tidak hanya itu, beberapa siswa masih memerlukan pertemuan tatap muka secara langsung untuk melengkapi pembelajarannya. Seperti menanyakan materi yang tidak dimengerti, bagaimana penjelasan secara rinci, dan hal lain yang sudah dipelajari secara E-learning. Hal inilah yang disebut dengan Blended Learning. Sehingga dapat dipahami bahwa Blended Learning adalah metode belajar dimana proses belajar tatap muka dikombinasi dengan proses E-learning secara harmonis.

Metode belajar ini cukup efektif untuk menghadapi wabah virus corona saat ini. Selain menjaga jarak, kita juga mencegah terjadinya kerumunan masa di sekolah. Karena sejatinya, keselamatan dan kesehatan sangat penting untuk belajar. Maka dari itu, metode belajar ini bisa menjadi salah satu solusi masalah pembelajaran saat ini.

Baca juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan yang Sering Dirasakan Siswa Ketika Belajar Online di Rumah 


Ada beberapa keuntungan dari Blended Learning ini.

1. Memberikan Kemudahan 
Blended Learning memberikan kemudahan pada pelajar maupun guru. Karena pelajar tidak harus datang ke sekokah setiap hari. Belajar bisa dilakukan dengan internet kemudian dalam seminggu terdapat satu hari untuk datang ke sekolah bertemu dengan guru atau dosen di ruang kelas untuk membahas materi apa saja yang sekiranya sulit dipahami secara E-learning agar siswa mendapat pencerahan dari kesulitan belajar. Di sini, mengenai materi apa saja diperkenankan untuk ditanya.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Belajar online (E-Learning) Gratis untuk Siswa dan Mahasiswa 

2. Hemat
Salah satu keuntungan Blend Learning adalah hemat. Di sini, bukan hanya hemat secara biaya atau ongkos pulang pergi sekolah, melainkan juga hemat secara waktu. Karena belajar menggunakan internet tidak perlu menggunakan buku, materi sudah ada dalam bentuk file, tinggal men-downloadnya saja.

Selain itu siswa juga bisa menghemat waktu, karena tidak perlu mengeluarkan biaya ongkos ke sekolah atau kampus. Dengan menggunakan metode ini siswa juga tidak perlu banyak jajan seperti bagaimana saat sekolah biasa. Sehingga uang saku untuk sekolah bisa dialihkan untuk membeli paket internet.

Baca juga: Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Belajar di Rumah Melalui TVRI

3. Materi Mudah Didapatkan
Materi yang diberikan oleh guru atau dosen melalui internet dibuat menjadi media yang lebih menarik, mudah dimengerti dan juga mudah didapatkan. Media belajarnya bervariasi, tergantung bagaimana kesepakatan guru dan muridnya. Misalnya  dengan vidio interaktif, power poin dengan audio, atau bahkan podcast.

Selain itu, ditambah lagi dengan pertemuan secara langsung, chat grup, atau bisa juga chat pribadi guru/dosen terkait. Sehingga pembelajaran menjadi efektif dan mudah dicerna.

Baca juga: Cara Belajar Online yang Menarik Agar Mudah Diingat dan Dipahami 

4. Santai dan Efektif 
Belajar tidak harus berada di dalam ruang kelas dengan dinding yang putih, papan tulis dengan kapur atau spidol, dan mencatat setiap materi yang disajikan. Pembelajaran online ini bisa kita lakukan di mana saja, bisa di kamar sembari mendengar musik, di warung kopi tempat nongkrong, atau bahkan di rumah teman terdekat agar lebih seru.

Maka dari itu, pembelajaran ini bisa disebut santai dan efektif. Untuk masalah waktu, biasanya harus ada kesepakatan antara murid dan guru. Dimulai pukul berapa sampai pukul berapa, materinya tentang apa, sehingga ketika waktu yang telah ditentukan, murid-murid sudah siap di tempat belajar mereka. Dengan begitu belajar menjadi lebih menyenangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel