Sebelum Anak Masuk Sekolah, Orangtua Wajib Siapkan 5 Hal Ini

Balerumah.com – Sebelum anak masuk sekolah, orangtua harus persiapkan beberapa hal agar anak tidak enggan dan malu ketika sekolah. Hal ini diperlukan karena pada saat masih kanak-kanak, rasa malu dan gengsinya lebih tinggi daripada orang dewasa. Tetapi bisa juga lebih percaya diri jika anak sudah mengenal kondisi bagaimana suasana dalam kelas.

Via: Pixabay
Sekolah adalah tempat anak belajar, berkarya, bersosialisasi, dan saling mengenal satu sama lain. Oleh karena itu, anak harus nyaman terlebih dahulu. Cara agar anak nyaman adalah dengan cara membuatnya beradaptasi terlebih dahulu, ini penting. Karena, kalau anak belum nyaman dengan suasana sekolah, anak sulit untuk percaya diri.

Di dalam sekolah, setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang rajin, dan ada pula yang malas. Oleh karena itu, banyak hal yang perlu disiapkan agar nanti ketika sekolah, anak tidak malas belajar. Selain itu, persiapan diperlukan untuk menambah ketekunan anak.

Nah, maka dari itu sebelum masuk sekolah, perlu disiapkan beberapa hal ini.

1. Perkenalan Lingkungan Sekolah 
Sebelum hari pertama masuk sekolah, ada baiknya mengajak anak ke sekolah, berjalan mengelilingi tiap kelas untuk melihat bagaimana konsisi di sana. Hal ini bermanfaat bagi anak terutama agar ia merasa senang karena ingin sekolah.

Selain itu, sebagai orangtua harus memberikan cerita yang menarik bagi anak.Cerita yang seolah membuat sekolah itu terkesan sangat menyenangkan, supaya semangatnya pun terpancing. Lakukan pengenalan lingkungan ini bersama teman yang ingin masuk sekolah. Supaya mereka dapat berbaur dengan baik.

2. Cari Teman untuk Sekolah Bareng
Teman sangatlah dibutuhkan dalam hal apa pun, terutama dalam belajar dan bermain. Teman sangat diperlukan karena banyak sesuatu yang tidak bisa dikerjakan sendiri, karena pada dasarnya manusia memang makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain.

Di lingkungan rumah, mungkin anak memiliki teman yang juga ingin masuk sekolah. Biasanya, ia akan mengikuti temannya ingin masuk ke sekolah mana. Jika tidak ada teman, orangtua pasti punya kenalan. Atau bertanya-tanya anaknya masuk ke sekolah mana. Intinya, carilah teman untuk anak baik di sekolah maupun rumah, agar ia tidak jenuh.

3. Membeli Perlengkapan Sekolah
Perlengkapan sekolah adalah alat-alat apa saja yang nanti akan dibawa sekolah sebagai keperluan. Seperti misalnya tas, tempat pensil, buku, dan lain-lain. Anak akan senang ketika ia ingin masuk sekolah apabila memiliki sesuatu yang baru seperti perlengkapan sekolah.

Selain itu, perlengkapan sekolah memang diperlukan untuk kebutuhan belajar anak, agar ia semangat dan rajin belajar. Oleh karena itu, siapkan alat-alat sekolah sebelum masuk sekolah.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Anak Nakal dengan Bijak Tanpa Memarahinya

4. Kerapihan dan Kesopanan 
Kerapihan mencerminkan kepribadian seseorang. Ajarilah anak sejak kecil bagaimana cara berpakaian yang rapi. Pakaian yang rapi membuat kesan menarik bagi orang lain. Seperti misalnya menggunakan dasi saat sekolah, itu juga salah satu kerapihan dalam berpakaian.

Selain dalam berpakaian, moral juga diutamakan. Percuma juga bila pakaian rapi tapi tidak bermoral. Anak pun perlu diajarkan bagaimana sopan santun kepada guru, kepada orang tua, agar ia menjadi siswa yang baik dan taat pada aturan.

Baca juga: Rahasia Cara Mengajari Anak Menulis Hanya dengan 6 Langkah

5. Bicara dengan Guru
Dalam sekolah, orangtua perlu mengetahui siapa guru dari anaknya yang masih kecil. Ini bukan hanya sekedar tahu, tapi juga membentuk silaturrahmi orangtua dengan guru supaya dapat masukan dari proses pembelajaran anak. Karena di dalam sekolah, orangtua menyerahkan anaknya untuk belajar dan dididik oleh guru. Ibarat kata pengganti orangtua saat di sekolah.

Bicara dengan guru bermanfaat bagi perkembangan anak, guru selalu akan memberikan informasi kepada orangtua tentang bagaimana anak ketika sekolah, dan orangtua tai perlu secara langsung memantau anak di kelas. Karena itu akan mengganggu konsentrasi belajar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel