Pentingnya Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah

Balerumah.com – Di sekolah terdapat banyak pelajaran yang diawali dengan mengetahui bagaimana sejarahnya. Karena, sejarah ini sebagaimana artinya. Kata "sejarah" berawal dari kata "syajaratun" dari bahasa arab, yang artinya "pohon kayu." Pohon kayu itulah yang memiliki makna "serindang dan sebesar apa pun, pohon pas dari akar." Dan akar itulah sejarah.

Via: Pixabay
Menurut KBBI Sejarah merupakan kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Dikatakan "benar-benar terjadi" karena sejarah itu memang harus memiliki bukti yang cukup otentik. Bukan sekedar cerita rakyat, apalagi cerita yang dibuat-buat. Oleh karena itu, sejarah amatlah penting bagi pendidikan. Berikut adalah fungsi mata pelajaran sejarah di sekolah.

1. Mengenal suatu tokoh
Ketika siswa membaca, mereka akan mengenal suatu tokoh. Biasanya yang paling berperan dalam sebuah kejadian, siswa paling ingat sekali. Dari pengenalan sejarah inilah, siswa bisa mencintai segala ilmu pengetahuan.

Misalnya dari sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, siswa yang mengagumi sosok Ir. Soekarno akan mencari tahu lebih dalam apa dan bagaimana sebenarnya sosok beliau itu. Apa yang ia palajari, dan apa saja yang membuatnya menjadi pahlawan.

Cerita sejarah seperti itulah yang akan membuat siswa menjadi penasaran. Wawasan mereka akan terbuka sehingga menjadikan siswa berpengetahuan luas.

2. Penting untuk suatu tingkat tertentu
Pelajaran sejarah di sekolah, diadakan pada tingkat tertentu, misalnya kelas 5 atau 6. Hal ini dilakukan karena jika kelas 1 diajari sejarah, maka mereka susah untuk mempelajarinya. Anak kelas 1 masih sedang asik-asiknya bermain, maka dari itu, belum siap untuk menerima pelajaran sejarah yang dirasa cukup rumit.

3. Untuk mengenal siapa diri kita

Siapa diri kita, dari mana kita berasal? Mungkin, ini yang sekiranya perlu kita ketahui, dan juga anak-anak sekolah. Dalam pelajaran agama, siswa akan diberikan pengetahuan tentang itu, maka sejarah itu memang sangat penting.

Dengan mengenal siapa diri kita sebenarnya, kita akan menjadi lebih sayang terhadap kehidupan.

4. Untuk mengindari kejadian terulang
Peristiwa tragis yang telah terjadi sebelumnya di masa lalu, perlu anak-anak ketahui agar kejadian di masa lalu tidak terulang lagi. Contoh kecilnya adalah melewati jalan rusak. Ketika kita tahu bahwa jalan yang pernah kita lewati itu rusak, kita perlu hati-hati ketika hendak melintasi jalan itu.

Maka dari itu, sejarah amatlah penting.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel