20 Macam Obat Flu Dewasa Di Apotek

Balerumah.com - Influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Influenza atau flu sangat umum terjadi pada musim pancaroba. Penyakit ini mudah menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama setelah pasien terinfeksi virus flu.

Gejala yang biasa dialami oleh penderita flu adalah demam, sakit kepala, batuk, nyeri, kehilangan nafsu makan, dan sakit tenggorokan. Gejala flu akan memburuk selama 2-4 hari sebelum akhirnya membaik dan membaik.

Flu dan pilek adalah dua penyakit yang berbeda. Pilek biasanya muncul secara bertahap dengan gejala ringan, sehingga tidak terlalu mempengaruhi kehidupan sehari-hari penderita. Padahal flu tidak seperti itu. Penyakit ini cenderung menimbulkan gejala yang lebih parah sehingga mengganggu aktivitas penderita. Selain itu, masa inkubasi influenza relatif singkat.

Maka dari itu, butuh penanganan yang cepat agar kegiatan dan pekerjaanmu tidak terhambat. Berikut ini 20 obat flu dewasa yang bisa anda dapatkan di  apotek.

1. Demacolin
Demacolin merupakan obat golongan bebas terbatas, anda bisa mendapatkanna di apotek dan toko obat terdekat. 

Demacolin ini memiliki khasiat untuk meringankan dan menyembuhkan gejala-gejala seperti demam yang disertai pilek, dan juga flu.

Sediaan Demacolin yang biasa dikonsumsi adalah tablet. 

2. Mixagrip Flu
Mixagrip flu sama seperti Demacolin--- yang merupakan obat golongan bebas terbatas. Anda bisa mendapatkannya di apotek dan toko obat terdekat. 

Mixagrip flu ini memiliki khasiat untuk meringankan dan menyembuhkan gejala-gejala seperti demam yang disertai pilek, dan juga flu.

Sediaan Mixagrip flu yang biasa dikonsumsi adalah tablet. Dikonsumsi 3 kali sehari setelah makan. 

3. Nalgestan
Nalgestan digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat, hidung meler, bersin-bersin yang sering terjadi saat seseorang menderita flu, pilek dan rinitis alergi.

4. Decolgen
Decolgen memiliki kegunaan untuk meredakan gejala flu pada orang dewasa dan anak-anak. Obat ini juga dari golongan bebas terbatas. Anda bisa mendapatkannya di apotek dan toko obat terdekat.

5. Inza
Dari sampulnya saja sudah terlihat. Menunjukkan seseorang dengan ekspresi flu. Inza memiliki sediaan tablet. Dalam satu strip terdapat 4 isi tablet.

6. Rhinos
Rhinos merupakan obat golongan keras. Terlihat dari logonya yang berwarna merah dengan tulisan huruf K. Obat ini harganya cukup tinggi dari obat flu lainnya.

Bagi anda yang baru saja flu, ada baiknya jangan minum obat ini terlebih dahulu. Minumlah obat-obat yang golongan bebas dahulu. Jika sudah beberapa hari flu tidak sembuh, anda bisa konsultasi ke dokter agar diresepkan obat ini.

7. Flucadex
Flucadex adalah obat yang memiliki kegunaan meringankan gejala flu yang disertai batuk. Obat ini merupakan golongan obat bebas terbatas, anda bisa mendapatkannya di apotek dan toko obat terdekat.

8. Flutamol
Sama seperti flucadex, flutamol memiliki khasiat meringankan gejala flu yang disertai batuk. Obat ini merupakan golongan obat bebas terbatas, anda bisa mendapatkannya di apotek dan toko obat terdekat.

9. Panadol cold+  flu
Jangan remehkan obat-obat yang ada di warung, karena pada dasarnya memiliki kegunaan yang sama dengan obat lainnya.

Panadol hijau ini lebih banyak kita temukan di pasaran. Kita sudah tidak asing lagi degan ini. 

10. Paratusin
Paratusin salah satu obat yang cukup bagus untuk menangani flu dan batuk. Obat ini memiliki sediaan tablet dan juga sirup. 

Akan tetapi, kita lebih banyak berjumpa dengan yang sediaan tablet. Karena lebih mudah dibawa dan praktis.

11. Tuzalos
Tuzalos bisa kita dapatkan di apotek dan toko obat terdekat, karena golongan obat ini adalah bebas terbatas. 

Tuzalos memiliki efek farmakoogi meringankan gejala-gejala flu seperti demam, pusing, bersin-bersin, hidung tersumbat akibat pilek.

12. Procold flu
Seperti namanya, Procold flu dan batuk dapat digunakan sebagai obat flu. Obat ini lebih mudah kita dapatkan di toko terdekat. Mengingat golongan obatnya bebas terbatas. 

13. Tera-F
Tera - F bisa digunakan sebagai obat flu bagi dewasa. Obat ini diminum 3 kali sehari sesuai dengan aturan pakai yang tertera. 

Untuk obat ini diminum setelah makan. Hal ini dikarenakan agar lambung tidak teriritasi.

14. Alpara
Alpara obat yang bisa kita temui di apotek dan toko obat terdekat. Obat ini juga dapat digunaan untuk mengatasi gejala flu. 

Alpara memiliki  kandungan Paracetamol, Phenylpropanolamine HCl, Klorfeniramin Maleat, dan Dextromethorphan HBr. 

Dextromethorphan HBr sebagai antitusif yang bisa menekan refleks batuk. Paracetamol digunakan sebagai pereda demam dan sakit kepala. Phenylpropanolamine HCl digunakan untuk mengobati gejala hidung tersumbat. 

Klorpheniramine maleate bekerja sebagai antihistamin atau anti alergi sehingga obat ini digunakan untuk mengatasi gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin yang disertai batuk.

15. Fludane
Obat-obat yang memiliki nama berawalan "flu-" sudah jelas menunjukkan bahwa obat tersebut adalah obat flu. Biasanya flu yang disertai dengan demam, batuk dan pilek.
16. Dextral
Dextral merupakan obat batuk dan flu dengan kandungan Dextromethorphan HBr, Glyceryl guaiacolate, Phenylpropanolamine, dan Chlorpheniramine maleat. 

Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi flu dan batuk berdahak.

17. Nelco Spesial (Sirup)
Obat ini mengandung zat aktif Glycyrrhiza succus, Ephedrine HCl, Chlorpeniramine maleat, Ammonium chloride dan Paracetamol. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin yang disertai batuk.

18. Siladex Biru (Sirup)
Siladex Batuk Pilek adalah obat sirup yang berkhasiat untuk meredakan gejala flu seperti batuk disertai pilek, serta hidung tersumbat. Siladex Batuk Pilek mengandung bahan aktif dekstrometorfan HBr yang dikenal efektif sebagai penekan batuk.
19. Actifed
Actifed dengan kemasan yang berwarna kuning ini memiliki khasiat meringankan gejala pilek dan alergi. Karena mengandung Pseudoefedrin HCl dan Triprolidine. Obat ini cocok bagi anda yang sedang bekerja, karena tidak memlik efek samping kantuk.

20. OBH Combi Plus (Sirup)
Hanya OBH Combi Plus yang bisa mengatasi gejala flu, karena OBH Combi memliki beberapa jenis. Jadi yang plus ini bisa digunakan sebagai obat flu.

Demikianlah 20 obat flu untuk dewasa. Semoga lekas sembuh dan segera membaik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel