Cara Merawat Ikan Channa Maru YS Agar Cepat Mutasi

Balerumah.com - Belakangan ini ikan channa mulai ramai di pasar ikan hias. Tidak kalah dengan ikan cupang, ikan channa ini juga bisa dijadikan sebagai ikan hias yang memiliki perawatan yang simpel. Selain itu, ikan channa juga memiliki warna yang cantik.

sumber foto: ikantani
Ada beberapa jenis ikan channa, jenis yang cukup ramai di pasaran adalah Yellow Sentarum. Jenis ini memiliki warna kuning pekat dan hitam di tubuhnya. Channa Maru Yellow Sentarum ini bisa mencapai ukuran 35 cm. 

Harga ikan channa ukuran 16-18 cm berkisar antara Rp. 80.000 - Rp. 250.000, anda bisa mendapatkannya di sini.

Merawat ikan channa sebenarnya sangat mudah, asalkan kita telaten menjalaninya. Ada beberapa cara dan tips merawat ikan channa agar sehat dan cepat bermutasi warnanya.

1. Hindari Ikan Stress
Ikan stres sebenarnya punya banyak faktor, salah satunya yang paling berpengaruh adalah lingkungan atau wadah ikan. Ikan channa yang stress bisa menyebabkan gangguan mental dan bahkan sakit. Maka dari itu untuk mencegah stres, anda harus lakukan:
  • Ketika ikan baru turun (masih dalam bungkusan plastik) jangan langsung dimasukkan ke dalam wadah, tunggu sekitar 15 menitan untuk menyeseuaikan suhu air dan kondisi sekitar.
  • Wadah yang digunakan sekiranya 2-3 kali dari ukuran tubuhnya. Dan air yang digunakan harus air endapan supaya aman.
  • Jangan gunakan pompa air. Karena ikan channa tidak suka kondisi air yang mengalir. Maksudnya, karakter ikan channa itu di air yang tenang.
  • Gunakan aksesoris secukupnya saja. Misalnya pasir malang dan kayu kering.

2. Berikan Pakan Terbaik
Pakan untuk ikan channa berupa hewan hidup seperti jangkrik, cacing, dan udang. Sedangkan pakan ikan channa yang praktis adalah maggot kering. Untuk mendapatkan maggot kering anda bisa order di sini.

Jika anda menggunakan pakan hidup, anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Misalnya memotong kaki dan sayap jangkrik, melepaskan cangkang kepala udang, atau mencuci cacing.

3. Rajin Menguras Air
Mengganti air pada akuarium ikan channa cukup penting, apalagi jika anda tidak menggunakan pasir malang, mungkn amoniaknya banyak sekali. Fungsi pasir malang pada akuarium untuk menerap amoniak, maka gunakan pasir malang agar amoniak dari kotoran ikan dapat diserap.

Jika menguras air pada akuarium ikan channa, usahakan jangan sampai habis. Gantilah air sekitar 1/3 dari tinggi air. Hal tersebut dilakukan agar ikan tidak kaget dengan suhu dan pH air yang baru, sehingga ikan jadi tidak stress.

Itulah cara merawat ikan channa agar tidak mudah sakit. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel