Cara Membuat Ikan Channa Jinak Dengan Pelatihan

Balerumah.com - Ketika baru beli di pasar ikan, atau di online, Ikan Channa cenderung agresif dan sulit untuk diajak bermain. Dengan kata lain, ikan channa atau gabus hias, masih dengan karakter alam yang membuatnya enggan berhadapan dengan manusia.

sumber gambar: instagram @chanafishid

Ikan Channa yang baru datang, mungkin juga belum beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, maka dari itu cukup sulit juga untuk diajak interaksi. 

Nah, akan tetapi dengan pelatihan yang cukup dan rutin, ikan channa tentunya bisa jinak dengan anda sebagai majikan. Asalkan anda melakukan beberapa pelatihan. Dan pelatihan ini harus anda jalankan sendiri, supaya ikan mengenal anda.

Cara Membuat Ikan Channa Jinak Dengan Pelatihan
Ada beberapa cara untuk melatih ikan channa supaya jinak. Silahkan simak di bawah ini:

1. Penempatan Akuarium
Ikan channa yang baru datang atau tiba di rumah, perlunya anda tempatkan akuariumnya di tempat yang tidak terlalu sering dulalui orang lewat. Karena ini akan menyebabkan ikan channa menjadi stress dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Selain itu, ikan channa yang baru datang juga jangan langsung dimasukkan ke dalam akuarium, anda perlu membuatnya beradaptasi dengan air dan lingkungan akuarium. 

Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan memasukkan ikan yang masih dalam kemasan ke dalam akuarium. Dengan catatan, jangan dibuka dulu kemasannya. Kemudian tunggu 5 sampai 10 menit, lalu anda boleh buka kemasan tersebut dan membiarkan ikan channa berenang di akuarium.

Setelah itu, jangan segera memberinya makan, karna akan mengakibatkan mual (ibarat manusia). Biarkan ikan selama beberapa jam jika memang ingin diberi makan.

2. Perilaku Terhadap Ikan Channa
Sebagai manjikan, kita juga perlu memberikan perilaku yang baik terhadap ikan channa. Dengan cara tidak menyakitinya, atau mengganggu ikan chnna dalam akuarium dengan cara memasukkan benda benda seperti serokan ke dalam air.

3. Melakukan Puasa
Setelah beberapa hari ikan channa berada di rumah anda, atau jika sudah beradaptasi, anda bisa melakukkan puasa pada ikan channa. Puasa bagi ikan bukan serta merta menyiksanya, akan tetapi kita juga mesti tahu batasan agar ikan channa pun tidak mati kelaparan.

Contoh puasa untuk ikan channa yang pernah kami lakukan, adalah dengan cara memberi makan sehari sekali. Misalnya pagi ini dikasih makan, lalu keesokan harinya, di siang hari baru dikasih makan lagi. Setelah itu, ketika tiba waktunya ikan channa makan, laukan cara di bawah ini.

4. Pemberian Pakan Dengan Tangan 
Setelah melakukkan puasa, ikan dengan kondisi lapar tentunya besar nafsunya untuk makan. Nah, ini menjadi kesempatan anda untuk memberinya makan dengan menggunakan tangan.

Misalnya, anda memberi makan ikan channa dengan pakan maggot, anda bisa memegang maggot itu sambil disodorkan ke hadapan ikan channa anda. Tentu saja, dengan kesabaran dan ketelatenan. Karena tidak semua ikan channa ketika pertama kali disodorkan pakan maggot, langsung berinteraksi. Di sini kesabaran anda juga diuji.

Untuk mendapatkan maggot kering dan channa YS, anda bisa order di sini.

sumber video: instagram @zan_stonesfish
5. Memasukkan Tangan Ke Dalam Air
Supaya ikan channa tidak asing dengan tangan anda, tentunya sesekali anda perlu memasukkan tangan anda ke dalam akuarium berisi ikan channa tersebut. Hal ini dilakukan untuk melatih kebiasaan ikan agar tidak kaget ketika berhadapan dengan manusia.

6. Pegang Tubuh Ikan
Bukan hanya sekedar memasukan tangan ke dalam akuarium. Sesekali anda juga perlu memegang tubuh ikan channa dengan baik. Dengan cara tidak membuatnya kaget atau bahkan terluka. 

Anda bisa memegangnya secara perlahan lahan. Misalnya dengan mendekati tubuh ikan channa, atau jika sulit bisa dibantu menggunakan serokan. Tapi usahakan jangan sampai ikan kaget atau bahkan melompat ke daratan. Jika terjadi, baiknya anda lakukan pegang tubuh ikan di hari berikutnya.

Begitulah kira kira "Cara Membuat Ikan Channa Jinak Dengan Pelatihan". Tentu saja anda perlu melakoni cara cara di atas dengan kesabaran. Karena tidak ada yang isntan dalam perawatan ikan hias terutama ikan channa.

Baca juga: 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel