5 Tips Agar Baterai Smartphone Lebih Awet

Memiliki ponsel dengan baterai yang cepat habis pastinya menjengkelkan. Apalagi saat kita sedang berada di luar rumah dan sedang dalam kondisi urgent untuk memakai ponsel. Saat baterai ponsel lebih cepat habis, umumnya kita tidak mau repot dan langsung mengganti ponsel dengan yang baru.


Masalahnya, dengan penanganan yang kurang sesuai, ponsel baru pun pasti akan mengalami penurunan kapasitas baterai dengan cepat. Memang secara normal, baterai smartphone jenis apapun pasti akan mengalami penurunan kapasitas setelah beberapa waktu. Tapi dengan penanganan yang tepat, hal ini bisa dicegah atau diperlambat.

Karena pemakaian yang sangat sering, wajar saja jika smartphone akan mengalami penurunan kualitas. Apalagi kita memakai smartphone hampir di setiap aspek kehidupan, dari untuk bekerja, nonton film, main game, atau saat menjajal keberuntungan dengan main betting online di Fun88 Indonesia.

Namun dengan beberapa tips berikut ini, kita dapat memperlambat penurunan kualitas baterai smartphone sehingga baterai menjadi lebih awet dan lebih tahan lama pada pemakaian yang normal.

  • Mengisi daya sebelum baterai benar-benar habis

Umumnya kebiasaan kita adalah mengisi daya atau mencharge smartphone saat baterainya benar-benar habis. Padahal untuk memperlambat penurunan kualitas baterai smartphone, sebaiknya jangan tunggu sampai baterai mencapai 0% untuk mencharge HP.

Agar baterai lebih awet, direkomendasikan untuk mengisi ulang baterai smartphone saat baterai sudah 25%. Jadi, jangan tunggu hingga baterai benar-benar habis.

  • Hindari menggunakan ponsel saat mengisi daya

Saat kehabisan baterai ponsel padahal sedang seru-serunya main game, seringkali kita memakai ponsel sambil dicharge. Padahal, menggunakan smartphone dan mengisi daya baterainya secara bersamaan dapat membuat smartphone menjadi panas.

Suhu smartphone yang menjadi panas menandakan suhu baterainya naik. Jika hal ini dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, maka penurunan kapasitas baterai smartphone akan terjadi dengan lebih cepat. Akibatnya, baterai smartphone akan menjadi lebih cepat habis. Karena itu, sebaiknya jaga suhu smartphone agar tetap stabil dengan menghindari memakai smartphone sambil dicharge.

  • Memakai charger original

Kualitas charger yang digunakan juga dapat mempengaruhi ketahanan baterai smartphone. Memang saat ini banyak charger murah yang dijual di pasaran. Tapi sebaiknya jangan terkecoh harga yang lebih murah. Saat memakai charger yang kurang tepat, hal ini dapat berakibat baterai HP menjadi lebih cepat rusak.

Karena itu, biasakan untuk memakai charger yang berkualitas tinggi atau charger original yang dikeluarkan oleh produsen yang sama dengan smartphone yang kita pakai. Meskipun umumnya harganya sedikit lebih mahal, menggunakan charger original dapat membuat baterai smartphone menjadi lebih awet dan tidak gampang rusak atau menurun kualitasnya.

  • Mengoptimalkan pemakaian baterai

Umumnya sebagian besar smartphone memiliki fitur untuk mengoptimalkan pemakaian baterai. Agar baterai smartphone menjadi lebih awet, sebaiknya aktifkan fitur ini.

Mengoptimalkan pemakaian baterai juga dapat dilakukan secara manual. Misalnya dengan mengatur pencahayaan layar ke tingkat minimal. Pemakaian tema dark mode pada layar ponsel juga dapat menghemat baterai. Langkah lainnya yang dapat dilakukan adalah membatasi aplikasi yang berjalan dalam background. Banyak aplikasi yang secara default akan aktif meskipun tidak dibuka, untuk menampilkan notifikasi setiap saat. Hal ini dapat menguras daya baterai. Jadi, melalui menu pengaturan, Anda dapat mengatur hanya aplikasi yang benar-benar penting saja yang dapat bekerja dalam background dan memberikan notifikasi.

Menghemat pemakaian baterai akan membuat baterai smartphone menjadi tidak cepat rusak. Semakin sering kita mengisi daya HP, maka kualitas baterai akan semakin cepat menurun. Dengan menghemat pemakaian baterai, mengisi daya smartphone menjadi tidak terlalu sering sehingga baterai smartphone menjadi lebih tahan lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel