Karakteristik Desain Rumah Minimalis yang Modern dan Poluper

Rumah minimalis telah menjadi pilihan populer di kalangan banyak individu yang mencari keseimbangan antara fungsionalitas, estetika, dan kepraktisan. Gaya arsitektur ini menekankan kesederhanaan desain, penggunaan ruang yang efisien, dan material yang ramah lingkungan. Dengan menggunakan jasa arsitek berpengalaman, sentuhan modern pada rumah minimalis memberikan pengalaman hidup yang tenang dan teratur. Berikut adalah beberapa aspek yang membuat karakteristik unik dari rumah minimalis.

1. Tata ruang yang sederhana


Kesederhanaan tidak terlepas dari desain rumah minimalis. Tata ruang yang sederhana, warna yang tidak terlalu banyak variasi menjadikan desain rumah minimalis terkesan indah dan menenangan. Selain itu, denah yang disusun menggunakan jasa arsitek rumah berpengalaman pada desain rumah minimalis membuat ruang terlihat lebih luas, dan ini merupakan ciri khas rumah minimalis yang diidamkan oleh kaum kekinian. 

2. Memaksimalkan pemanfaatan kaca 


Pada rumah minimalis, terdapat pengunaan kaca yang berkarakter dan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, ukuran jendela besar dan lebar, hal ini dilakukan untuk memaksimalkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan pada siang hari. Selain itu, penggunaan kaca yang lebar menjaga kestabilan ruangan sehingga kelambaban terjaga. 

3. Warna dinding yang berkarakter

Rumah berdesain minimalis seringkali menggunakan warna cat yang didominasi warna putih atau abu-abu. Kedua warna cat tembok tersebut terlihat netral, bersih, dan lembut. Oleh karena itu, warna-warna tersebut sangat cocok untuk membuat kesan desain rumah minimalis terlihat lebih kuat dan bernuansa modern dan elegan.


4. Detail yang unik tanpa banyak dekorasi


Selain menggunakan warna cat kalem seperti putih bersih, beberapa desain rumah minimalis juga menampilkan detail pada eksterior rumah minimalis. Saat memilih detail eksterior rumah minimalis, pilihlah bentuk yang sederhana tanpa ada hiasan tambahan, seperti penggunaan garis-garis kuat pada fasad rumah minimalis.

5. Ruangan lebih terbuka dan luas tanpa pembatas ruangan

Rumah berdesain minimalis biasanya tidak memiliki banyak pembatas atau partisi di dalam rumahnya. Hal ini dikarenakan desain rumah minimalis hadir dengan filosofi yang mengutamakan efisiensi ruang. Oleh karena itu, sekat, pembatas, dan pilar hanya dibuat jika benar-benar diperlukan. Jika tidak, partisi atau partisi bisa membuat ruangan di dalam rumah terlihat sempit.

Ruang-ruang umum seperti dapur, ruang makan, dan ruang keluarga seringkali terletak pada satu tingkat, dipisahkan oleh beberapa perabot saja. Sedangkan jika ada dua lantai, kamar tidur dan kamar pribadi juga ada di lantai dua. Jika tidak, akan tetap ada ruangan terpisah untuk kamar tidur dan kamar mandi.

6. Menggunakan furnitur minimalis


Supaya bisa menyesuaikan dengan desain rumah minimalis, maka rumah berdesain minimalis juga akan memilih furnitur yang minimalis. Biasanya pada ruang keluarga rumah minimalis hanya terdapat furnitur yang diperlukan saja seperti meja, rak, dan sofa.

Selain itu, bentuk dari perabotan pada rumah minimalis pun tidak memiliki ukuran terlalu besar. Sehingga, furnitur pada rumah minimalis akan menonjolkan sisi fungsinya dan tidak banyak mengambil space rumah.

7. Mempunyai taman minimalis


Rumah berdesain minimalis dilengkapi dengan taman minimalis. Meski tidak terlalu besar, namun keberadaan taman ini akan tetap membuat desain rumah menjadi lebih indah dan juga berfungsi sebagai penyegar rumah. Biasanya pada rumah sederhana, taman berada di teras depan, dilengkapi dengan rumput gajah mini dan beberapa bunga kecil. Namun karena ukuran taman yang kecil, maka desain taman sebaiknya menghindari bunga atau daun berukuran besar agar tidak menimbulkan kesan sesak.

Jasa arsitek rumah selalu menggunakan bahan bangunan yang mudah ditemukan dan sederhana. Secara umum bahan yang digunakan untuk dinding adalah batu bata, dan bahan yang digunakan untuk lantai adalah kayu atau keramik.

Beberapa rumah berdesain minimalis juga menggunakan material lain seperti beton, kaca, dan baja. Material rumah dengan desain minimalis dipilih karena tidak rumit dan menawarkan daya tarik tersendiri. Di sisi lain, material tersebut dipilih karena kemampuannya dalam menonjolkan sifat bahan bangunan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel