7 Kemampuan untuk Kerja Sampingan Mahasiswa Berpenghasilan Puluhan Juta

Balerumah.com – Banyak mahasiswa yang bingung akan sumber penghasilan yang ingin mereka peroleh. Padahal, sumber penghasilan itu ada pada diri mereka masing-masing. Namun, terkadang memang perlu menyingkirkan sejenak pelajaran produktif yang di dapatkan  dari kampus.

Via: pixabay (diedit) 
Penghasilan adalah pencapaian dari sesuatu yang dikerjakan. Maka, kerjakan dahulu proses suatu kegiatan untuk mencapai penghasilan. Beberapa penghasilan terkadang bersumber dari kelebihan, kesukaan, dan peluang.

Perhatikan ketiga kata tersebut, yang mana menurut anda lebih cocok untuk dikerjakan. Karena, setiap orang berbeda-beda.

Ada yang mencarinya melalui kesukaan, dengan alasan supaya tidak jenuh dan bosan dalam mengerjakannya. Ada pula yang memilih peluang dan kelebihan, dengan alasan agar mereka mampu keluar dari zona nyaman mereka dan mulai bergerak.

Mungkin banyak sekali kelebihan, peluang dan kesukaan jika dirangkum dalam tulisan ini. Namun, saya akan sedikit memaparkan beberapa darinya, simak di bawah ini sampai habis.

1. Mengoperasikan komputer
Komputer merupakan benda yang paling sering digunakan setelah gadget. Selain nyaman digunakan, juga karena lebih banyak berpotensi menghasilkan uang. Lihat saja, para pembuat konten di social media mereka menggunakan komputer agar lebih nyaman digunakan.

Jika anda pandai mengoperasikan komputer, anda bisa lebih dari itu. Sebab jangkauan komputer lebih luas. Salah satu contoh misalnya pada MS Exel, jika anda mengusainya, anda bisa mencari pekerjaan di mana saja, terutama di bagian administrasi. Di sana sangat membutuhkan seseorang yang menguasai aplikasi tersebut.

Baca juga: Inilah Penyebab Mahasiswa Mengulang Mata Kuliah yang Paling Sering Terjadi 

2. Membuat konten
Konten merupakan suatu postingan yang muncul di social media yang biasa digunakan sebagai solusi, pembelajaran,hiburan, serta mencari pengetahuan baru. Untuk membuat konten, yang perlu anda siapkan adalah kelebihan dan peluang.

Pertama-tama carilah peluang, cari niche atau tema menarik supaya banyak pengunjung yang datang. Kedua, barulah gunakan kelebihan. Anda mungkin punya beberapa kelebihan dalam diri anda, ambil salah satu untuk dijadikan bahan pembuat konten yang sekiranya menarik. Tekuni dengan giat, sehingga akan membuahkan hasil dari konten tersebut.

3. Mampu menguasai alat musik dan bernyanyi
Musik merupakan seni yang bergatung pada nada, kemerduan dari suara yang dihasilkan. Biasanya, musik dijadikan sebagai media hiburan.  Jika anda pandai bermain musik atau bahkan bernyanyi, anda punya banyak peluang untuk menghasilkan uang.

Anda bisa menawari jasa dan kelebihan anda di restoran, rumah makan, atau di suatu acara. Selain itu, anda juga bisa membuat Chanel Youtube khusus karya vokal sendiri. Dengan begitu, anda bisa berpenghasilan melalui karya dan seni.

4. Pandai menulis
Menulis merupakan kegiatan yang menuangkan pikiran melalui sebuah tulisan, seperti saya ini. Untuk menjadi seorang penulis, pastikan pertama-tama anda suka menulis. Kalau pun tidak suka, awali dengan niat dan konsisten.

Sebab kalau tidak konsisten, karya tulis anda akan berhenti di tengah jalan dan akhirnya malah tidak menghasilkan apa-apa. Jika anda sudah memberanikan diri untuk konsisten, carilah media menulis yang di mana anda akan dibayar. Sebab dari bayaran itulah anda akan mendapat penghasilan.

Selain itu, masih banyak lagi media menulis lainnya. Anda bisa lihat puisi dan prosa yang di posting di social media. Itu merupakan salah satu upaya untuk mencari uang. Memang, menulis di sana mereka tidak dibayar, tetapi mereka akan dapat uang dari pemasangan iklan yang mereka tawarkan kepada pihak pedagang. 

Baca juga: Pilih Kuliah atau Kerja dulu? Simak Penjelasan Berikut 

5. Kemampuan desain
Di dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita membutuhkan seorang desainer. Baik itu untuk sebuah acara, produk, bahkan papan nama. Desainer pada saat ini jumlahnya masih tidak terlalu banyak, apalagi di daerah pedesaan.

Jika anda mampu mendesain surat undangan, seperti undangan nikah, anda bisa membuatnya menjadi pekerjaan sampingan. Tawarkan jasa anda melalui social media, entah itu di akun pribadi atau akun bisnis. Sehingga orang lain akan menggunakan jasa anda sebagai desainer.

Baca juga: Peluang Kerja Mahasiswa Sambil Kuliah dengan Penghasilan yang Menjanjikan 

6. Pandai Bahasa Inggris
Sedikit dari kita yang pandai berbahasa Inggris, kalau pun ada yang bisa, itu hanya sekedar bisa dan tak paham soal teori-teorinya. Mungkin dari anda ada yang merasa bisa dan paham penggunaan bahasa Inggris yang baik dan benar. Atau bahkan itu jurusan yang anda tempuh.

Anda bisa menawarkan diri sebagai penerjemah di sebuah perusahaan penerbit buku, penerjemah jurnal, karya tulis ilmiah, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 12 Soft Skill Kerja yang Harus dimiliki Mahasiswa Agar Terlihat Profesional 

7. Mampu menggunakan kamera
Bukan sekedar asal menggunakan kamera, fotografer juga mesti paham tentang penggunaan kamera dan bagaimana cara memotret yang bagus dan berkualitas. Jika anda kini sudah paham bagaimana cara menggunakan kamera, pelajari juga soal pengeditan foto yang bagus.

Karena, menggunakan kamera saja terkadang tidak puas melihat hasilnya. Anda harus berguru kepada teman yang sudah berpengalaman agar bisa belajar dan bahkan bekerja sama dengannya. Sebab, kalau masih baru, peminat anda masih sedikit dan jangkauannya pun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel