Cara Memelihara Merawat Ikan Manfish di Akuarium Agar Tidak Mudah Sakit

Balerumah.com - Ikan manfish, angelfish, atau ikan layang-layang menjadi pilihan bagi para penghobi ikan hias. Selain harganya yang cukup terjangkau, ikan manfish juga memiliki daya tarik tersendiri bagi mata.


Tubuhnya yang ramping dan bisa dipelihara secara masal membuat akuarium menjadi enak dipandang. Apalagi bila ditambah dengan dekorasi tambahan sebagai hiasan akuarium, maka tidak akan ada bosan-bosannya kita memandangnya kala sedang bosan dan menghilangkan rasa stres setelah seharian bekerja.

Berikut ini adalah cara merawat ikan hias manfish/ angelfish/ ikan layang. 

1. Siapkan Air yang Cocok
Jika anda baru saja membeli ikan manfish, siapkan air yang cocok untuk ikan manfish tersebut. Air yang cocok untuk ikan manfish adalah air yang memiliki pH 5,8 sampai 7,0. Jika anda tidak punya alat ukur pH atau pHmeter, anda bisa menggunakan air daun ketapang utuk persinggahan ikan yang baru datang.

Daun ketapang dipercaya dapat menetralkan pH pada air. Makanya, tidak jarang orang yang menggunakan daun ketapang untuk ikan hiasnya. Akan tetapi penggunaan air daun ketapang perlu dipertimbangkan jika anda menggunakan akuarium berukuran besar, karena dapat membuat akuarium menjadi kuning (apalagi kalau daun ketapang masih berminyak).

2. Gunakan Ukuran Akuarium yang Ideal
Setiap ikan dan usianya memiliki ukuran tubuh yang berbeda. Maka tentu anda juga harus menggunakan ukuran akuarium yang berbeda. Ukuran akuarium yang ideal untuk ikan manfish berguna agar pertumbuhannya tidak terhambat dan bebas dari penyakit. 

Lalu berapa ukuran akuarium untuk ikan manfish yang ideal?

Ukuran yang ideal untuk ikan manfish adalah 3-4 kali lebih besar dari ikan yang ada di dalamnya. Dengan begitu anda bisa menyesuaikan berapa ukuran yang cocok untuk tubuhnya. 

3. Rajin Memantau 
Kita tidak tahu kalau suatu waktu ikan mengalami stres atau masalah kesehatan lainnya. Ikan manfish yang sehat adalah ikan yang berenangnya masih normal dan terlihat aktif-- meskipun ikan ini tergolong ikan yang pendiam. Akan tetapi terlihat jelas perbedaan mana ikan yang sehat dan sakit.

Selain itu, kita juga tidak tahu jika suatu waktu ada masalah pada akuarium seperti air yang kotor, terdapat hewan lain yang membuat air menjadi keruh, dan juga melihat apakah ikan sudah makan atau belum. Atau bahkan mengontrol suhu air pada akuarium. Karena suhu yang terlalu panas dan dingin tidak baik tentunya bagi kesehatan ikan. 

4. Gunakan Filter dan Aerator
Ikan manfish memang bisa hidup tanpa aerator, akan tetapi untuk menjaga stamina dan suplay oksigen yang cukup, anda tentunya mesti menggunakannya. 

Filter dan pompa air juga sebenarnya tidak terlalu penting bagi ikan manfish, tetapi untuk menjaga kejernihan air agar tidak terlalu kotor itu penting. Karena air yang kotor dapat membuat tubuh ikan terkena penyakit jamur. Maka dari itu, saran saya gunakan pompa air dan aerator.

Untuk pembeliannya, anda bisa beli di toko terdekat atau toko online.

5. Gunakan Pakan yang Bergizi
Ikan manfish juga membutuhkan gizi yang cukup bagi kesehatannya. Pakan yang bergizi dan berkualitas tentu dapat mencerahkan warna dan menjaga kesehatan pada ikan manfish. Pakan yang saya rekmendasikan adalah pakan hidup.

Apa saja pakan hidup untuk ikan manfish?

Pakan hidup untuk ikan manfish adalah cacing sutra, cacing darah, jentik nyamuk, dan kutu air. Usahakan jika anda menggunakan pakan hidup, cuci terlebih dahulu dan bersihkan agar air pada akuarium tidak keruh dan bau.

Oke, itulah cara memelihara dan merawat ikan manfish, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel