5 Cara Membedakan Ikan Manfish Jantan dan Betina

Balerumah.com - Ikan manfish atau ikan angelfish, atau Bahasa Indonesia-nya ikan layang-layang, merupakan ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini sangat mudah dipelihara karena jenis pakannya yang bisa kita dapat di sekitar.

Pakan hidup ikan hias manfish yang bisa kita gunakan adalah cacing sutra, cacing darah, kutu air, dan jentik namuk. Sama seperti ikan cupang, bukan?

Ya, maka dari itu apa alasan anda tidak memeliharanya?

sumber foto: kanalmu
Selain pakan yang mudah, ikan ini juga bisa hidup tanpa aerator dan pompa air. Ikan ini biasa hidup di air yang tenang. Akan tetapi tidak ada salahnya juga jika anda menggunakan aerator untuk ikan manfish, karena itu juga dapat menambah suplay oksigen guna terjamin kesehatannya.

Nah, di sini saya akan membagikan informsi terkait perbedaan jenis kelamin ikan manfish jantan dan betina. 

Jenis kelamin manfish
Mungkin banyak dari anda yang belum paham soal jenis kelamin ikan manfish, tapi jika anda sudah tahu perbedaannya, anda akan terbiasa dan bahkan sudah bisa membedakan hanya dengan melihat dengan mata saja.

Lalu apa saja perbedaan ikan manfish jantan dan betina?

1. Melihat dari dahi ikan
Ikan manfish jantan memiliki dahi yang menonjol alias jenong, sedangkan manfish betina memiliki dahi yang datar atau sejajar dengan sirip atas. Cara ini terbilang sulit, karena terkadang ada juga pejantan yang jenongnya tipis, sehingga membuat kita kesulitan menebak "apakah ini jantan atau betina.

2. Bentuk perut
Seperti ikan jenis lain, ikan manfish betina biasanya memiliki bentuk perut yang agak lebar. Hal ini terjadi pada usia dewasa, di mana manfish betina sudah memproduksi telur sehingga perutnya terlihat lebih besar daripada jantan.


3. Ukuran tubuh
Ukuran tubuh antara manfish jantan dan betina agak berbeda. Biasanya jenis jantan cenderung lebih besar daripada betina. Akan tetapi ukuran tubuh ini tidak begitu akurat. Terlebih lagi jika kita tidak tahu apakah manfish itu seumuran atau tidak.

Karena biasanya dalam satu generasi, atau dari satu indukan yang sama, ukurannya berbeda-beda. Maka dari itu, untuk melihat dari segi ukuran tubuh kita juga harus tahu berapa umur ikan manfish.

4. Melihat dari breeding tube
Breeding tube atauSaluran reproduksi adalah saluran atau tabung kecil yang menonjol dari mulut alat kelamin. Tabung reproduksi ikan manfish betina lebih besar dari pada jantan. Salurab reproduksi betina digunakan untuk mengambil telur dan menempelkannya pada objek tertentu.

Tabung reproduksi pria berukuran lebih kecil dan dapat digunakan untuk mengeluarkan sperma. Tabung pemuliaan akan muncul sebelum musim kawin. Jika bukan saat musim kawin, bentuk seperti tabung ini akan sulit diamati.

5. Melihat dari karakter 
Saat menjelang kawin, ikan manfish memiliki batas teritorialnya sendiri. Ikan manfish yang sudah berpasangan akan berduaan dalam satu wilayah tertentu. Dari situlah anda tahu ikan manfish jantan dan betina. Jantan lebih aktif mengejar betina, dan betina lebih pasif.

Itulah 5 cara membedakan manfish jantan dan betina, semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel