Mengenal Hari Anak Nasional dan Ide Kegiatan Memperingatinya

Salah satu perayaan khusus bagi anak-anak ialah Hari Anak Nasional atau HAN. Perayaan bagi generasi penerus bangsa ini dilaksanakan setiap tanggal 23 Juli melalui sejarah yang cukup panjang.


Peringatan satu ini dimaksudkan sebagai kepedulian setiap bangsa terhadap perlindungan anak-anak Tanah Air supaya dapat tumbuh berkembang secara optimal. Perwujudannya dengan cara mendorong keluarga sebagai lembaga pertama dalam perlindungan anaknya.

Sampai saat ini, KPPAI sebagai lembaga pemerintah yang berfokus pada bidang ini telah menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memperingatinya. Mulai dari seminar, baksos, jalan sehat, hingga berbagai perlombaan.

Sejarah Singkat Tentang Hari Anak Nasional

Hari besar satu ini mulanya diinisiasi oleh Kongres Wanita Indonesia (Kowani) pada tahun 1951. Kala itu, Kowani menyampaikan gagasan mengenai penetapan Hari Kanak-kanak Nasional yang kemudian ditindaklanjuti pada tahun 1952.

Pada tahun 1959, Kowani mengusulkan agar peringatan Hari Kanak-kanak Nasional dilaksanakan 6 Juni, seperti lahirnya Presiden Soekarno. Akan tetapi, tanggal peringatannya mengalami perubahan saat memasuki era Orde Baru.

Setelah terjadi beberapa kali perubahan, akhirnya 23 Juli ditetapkan sebagai Hari Anak Nasional melalui Keputusan Presiden No 44 Tahun 1984. Tanggal tersebut dipilih agar selaras dengan UU tentang Kesejahteraan Anak.
Kegiatan Peringatan HAN, Ini Contohnya

Peringatan HAN dilakukan mulai dari tingkat pusat hingga daerah demi mewujudkan bahwa Indonesia merupakan negara ramah terhadap anak-anak. Ada banyak ide kegiatan yang bisa diterapkan di lingkungan keluarga, sebagai berikut.

1. Bermain Bersama

Pada momen Hari Anak Nasional, orang tua hendaknya memanfaatkannya untuk bermain bersama si kecil. Tentu ada banyak permainan yang bisa dicoba, seperti bermain kartu atau jenis permainan tradisional lainnya.

Hal tersebut perlu dilakukan supaya anak-anak bisa lepas dari gadget dan mulai menyukai permainan tradisional. Perlu diketahui bahwa ketergantungan terhadap gadget harus dikurangi karena menimbulkan banyak dampak buruk.

Dampak buruk tersebut sangat beragam, seperti timbulnya masalah kesehatan mata hingga sulit tidur pada malam hari. Bahkan, anak-anak juga bisa menjadi antisosial dan lebih menikmati dunia maya.

2. Memasak Bersama

Selain bermain, memasak juga dapat menjadi kegiatan positif yang bisa dilakukan bersama si kecil. Tidak hanya menyenangkan, memasak bersama juga bisa menambah pengetahuan sekaligus keterampilan baru bagi anak.

Dengan memasak, nantinya mereka bisa belajar mengenali berbagai jenis bumbu dapur hingga resep makanan. Selain itu, anak-anak juga bisa belajar menghitung karena pasti akan berhubungan dengan takaran bumbu dan sebagainya.

3. Bersih-bersih Bersama

Menanamkan rasa peduli lingkungan hendaknya mulai dilakukan sedini mungkin kepada buah hati. Hal tersebut sangat penting supaya anak terbiasa membereskan mainan, kamar tidur, dan lingkungan sekitarnya secara mandiri.

Anda bisa memanfaatkan momen spesial ini untuk mengajari anak tentang arti dari sikap bertanggung jawab. Jika sudah terbiasa, tentunya mereka bisa bersih-bersih sendiri tanpa ada paksaan.

4. Menonton Film Bersama

Menonton film bersama bisa menjadi ide kegiatan menarik dan pastinya menyenangkan. Apalagi saat ini akses untuk menonton film sudah makin luas dan mudah karena bisa melalui smartphone saja.

Anda bisa memilihkan film-film bernilai edukasi yang ringan dan menghibur. Dengan demikian, anak-anak dapat belajar banyak dari film tersebut, termasuk meneladani hal-hal baik di dalamnya.

5. Bertamasya

Ide kegiatan lainnya saat momen HAN ialah mengajak si kecil pergi bertamasya. Anda dapat mengajaknya mengunjungi berbagai tempat supaya bisa lebih mengenal dunia luar dan tidak terpaku pada gadget terus-menerus.

Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa sehingga sudah sepatutnya diberikan perhatian lebih dalam tumbuh kembangnya. Melalui Hari Anak Nasional, berbagai pihak hendaknya memanfaatkan momen tersebut dengan berbagai kegiatan positif bersama anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel