6 Standar Fasilitas Perkuliahan yang Paling Umum

Balerumah.com - Kesuksesan pembelajaran di Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan berkompetensi baik serta professional. Harus diiringi dengan berbagai fasilitas penunjang perkuliahan.

Hal ini dilakukan agar membuat belajar nyaman dan mahasiswa pun produktif dalam menghasilkan karya.

Fasilitas Penunjang Perkuliahan
                             
Sumber foto: pixabay.com
Agar tercipta aktivitas akedemika cerdas dan tangkas dalam menghadapi tantangan zaman saat ini. Setiap kampus harus ada fasilitas yang dapat menunjang jalanya pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Saya akan menjelaskannya di bawah ini.

1. Adanya Ruang Kelas yang Nyaman
Belajar yang menyenangkan harus didukung dengan adanya sarana ruang kelas yang lengkap dengan berbagai perlengkapan.

Seperti papan tulis, LCD proyektor, bangku pas dengan jumlah mahasiswa serta hal lain-lain semacamnya.

Di samping hal tersebut, ruang kelas juga bisa dipasang AC atau kipas angin, supaya suasana dan suhu tetap terasa sejuk dan tidak gerah gerah.

Selain itu, kebersihanya pun perlu dijaga agar tidak menimbulkan virus atau bakteri yang menyebabkan mahasiswa sakit.

2. Terdapat Perpustakaan yang Lengkap
Kampus selalu lekat dengan dunia akademik. Hal tersebut akan sangat berjalan baik jika ditunjang dengan berbagai macam referensi, seperti misalnya: buku panduan, skipsi, jurnal, dan lain-lain.

Oleh karena itu, keberadaan perpustakaan dengan bermacam koleksi menjadi harapan semua pihak di dalamnya.

Perpustakaan wajib menyediakan koleksi buku yang lengkap sebagai referensi. Untuk mahasiswa ketika membuat makalah, mengerjakan tugas, menulis jurnal dan skripsi. Sehingga, mereka semua akan merasa nyaman berada di sana dan program literasi berjalan lancar.

3. Kampus Dilengkapi dengan Laboratorium
Setiap bidang ilmu di Kampus akan lebih baik pelaksanaanya jika ditunjang dengan berbagai laboratorium sesuai rumpunya masing-masing.

Misalnya seperti ilmu bahasa, psikologi, kedokteran, keagamaan, geografi, kimia, fisika, biologi dan lainsebagainya.

Hal yang perlu diperhatikan lagi, jika laboratorium tersebut telah tersedia, harus dilengkapi dengan fasilitas penunjangnya seperti alat-alat peraga penting yang dibutuhkan. Selain itu, sediakan seorang laborat utuk merawat dan menjaga kebersihan setiap waktu.

4. Adanya Area Free Wi-Fi
Di zaman yang serba digital saat ini, tidak bisa dipungkiri jika kebutuhan akan internet menjadi sangat vital dan setiap individu pasti membutuhkannya.

Maka dari itu, menyediakan area free WiFi merupakan contoh dari berbagai fasilitas penunjang perkuliahan kekinian.

Dengan adanya area bebas internet tersebut, mahasiswa akan lebih leluasa dan bebas dalam mencari informasi seputar perkuliaahan mereka di dunia maya.

Hal ini akan lebih efektif untuk mewujudkan generasi millenial berwawasan global dengan ilmu pengetahuan.

5. Dilengkapi Lapangan
Selain perihal akademiknya, mahasiswa juga perlu didukung dan disokong untuk berprestasi dalam ranah non-akademik.

Dari klaim tersebut, sepertinya menyediakan lapangan yang luas sangat berguna untuk kegiatan olahraga maupun pengembangan bakat minat lainnya.

Selain hal tersebut, lapangan juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan seperti expo, bazar penddikan, pagelaran festival kesenian, sarana organisasi mahasiswa serta aktivitas-aktivitas lain dalam lingkup intra kampus.

6. Adanya Aula Pertemuan
Dalam sebuah perguruan tinggi, keberadaan aula memang sangat diperlukan. Hal tersebut biasanya berguna sebagai tempat melaksanakan seminar, ujian terbuka, pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak orang dan lainya.

Sudah seharusnya jika setiap perguruan tinggi mempunyai aula yang cukup untuk menampung sekitar 1000 orang, demi mengelar agenda-agenda besar yang dapat meningkatkan wawasan para aktivis akademika.

Demikianlah sedit informasi dan juga paparan singkat tentang berbagai fasilitas penunjang perkuliahan yang wajib kamu ketahui. Semoga adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dalam dunia kampus untuk selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel