Cara Belajar Online yang Menarik Agar Mudah Diingat dan Dipahami

Balerumah.com – Seringkali kita merasa kesulitan ketika belajar, merasa bosan, mudah letih dan lain sebagainya. Terlebih lagi untuk sesuatu yang sulit dipahami oleh akal. Ini merupakan sebuah hal yang wajar, karena manusia memiliki batas kemampuannya masing-masing.

Bukan hanya itu, kadang juga kondisi mental kita berpengaruh menyebabkan sulit mencerna pelajaran. Oleh karena itu, ada beberapa cara belajar agar mudah dipahami.

Via: pixabay
1. Fokus
Fokus terlebih dahulu sebelum memulai belajar, jauhkan segala hal yang membuat anda terdistraksi, yang membuat anda teralihkan pikiran. Terkadang hal seperti gadged, laptop, dan televisi membuat anda malas melakukan belajar. Nah, hal inilah yang perlu dihindari.

Bagaimana menghindarinya?

Sebelum belajar, siapkan dulu tempat yang sekiranya nyaman untuk anda belajar, kemudian singkirkan sesuatu yang menarik perhatian anda. Dengan begitu anda bisa memfokuskan pandangan.

Selain itu, simak juga pelajaran dengan konsentrasi, simak atau baca dahulu sebelum pelajaran dimulai. (itu pun jika materi sudah diberikan)Lalu kemudian catat poin-poin materi yang penting, setelah itu, lanjut di bawah ini.

2. Memahami
Memahami materi memang membutuhkan waktu sampai benar-benar mengerti dan paham. Dibutuhkan kesabaran dan ketenangan juga. Karena, kalau tidak tenang, pasti sulit sekali memahami materi.

Di dalam kepala otak kita, ada yang dinakaman memori. Memori ini akan menyimpan segala yang anda lakukan. Ketika anda fokus belajar, setelah itu, beristitaratlah agar memori mampu bekerja dengan baik.

Pemahaman tiap orang tentunya berbeda, ada yang cepat mencerna, ada pula yang lambat. Lihat saja teman sekelas anda,mereka tentu punya kualitas yang beda. Maka dari itu, jangan khawatir jika anda sulit paham. Karena butuh waktu untuk memahami.

Via: pixabay
3. Suasana
Suasana ketika belajar sangat mempengaruhi pemahaman seseorang. Karena pikiran kita terkadang suka berpindah-pindah, hal inilah yang sering terjadi. Sehingga membuat kita sulit mencerna segala hal yang masuk ke kepala kita.

Contohnya adalah belajar di tempat ramai. Bayangkan saja anda belajar matematika yang belum anda ketahui di pinggir jalan. Bagi yang jenius, mungkin bisa. Tapi bagi orang yang sulit seperti saya, sulit juga untuk memahami nya.

Selain itu, anda bisa bandingkan dengan belajar di pagi hari yang sunyi, ketika pikiran masih segar dan belum banyak terisi oleh hal-hal negatif. Pasti lebih mudah mamahami pelajaran tersebut. Maka dari itu, setelah belajar, ulangi lagi di lain waktu agar paham.

Baca juga: Inilah Perbedaan Pendidikan di Indonesia dan Jerman Beserta Penerapannya

4. Mencatat
Sering kita melakukan mencatat materi ketika guru sedang menerangkan. Padahal, itu justru akan membuat kita, fokus kita terbagi menjadi dua. Satu fokus mendengar, satu lagi mencatat. Sebaiknya, hindari hal seperti itu.

Mencatat boleh saja, namun ada baiknya dengarkan materi dulu baru mencatat. Agar fokus kita tidak terbagi dan kita bisa menulisnya dengan gaya bahasa sendiri yang mudah dimengerti. Karena banyak juga gaya bahasa yang sulit dimengerti, padahal kalau pakai bahasa sendiri, kita mudah paham.

Nah, maka dari itu, saran saya mendengarkan dulu baru kemudian mencatat. Kelihatannya memang sepele, namun penting bagi anda yang masih belajar.
Via: pixabay
5. Internet
Kuota internet, kecepatan jaringan mengakses, juga mempengaruhi efektifitas pembelajaran online. Anda pasti tahu betapa menyebalkannya ketika jaringan internet anda lambat. Nah, itulah penyebab seseorang juga malas belajar. Selain itu, kuota internet juga mempengaruhi, ketika kuota internet anda menipis, pasti anda mikir-mikir untuk membuka dan mencari materi lain.

Pastika kuota internet anda cukup sebelum belajar onlie, tidak harus banyak, yang penting cukup. Hal ini dipastikan untuk jaga-jaga agar ketika sedang mengakses materi yang memakan banyak kuota, anda tidak khawatir akan kehabisan.

Maka dari itu, isilah kuota internet anda sebelum belajar online, dan pastikan internetnya stabil.

Baca juga: Mengapa Siswa Memilih Bimbingan Belajar Online? Ini Alasannya!

6. Rekam
Merekam materi merupakan jalan lain untuk memahami pelajaran. Kadang, ada juga belajar online berupa vidio call, jika anda niat sekali mempalajarinya dan agar tidak mudah lupa, anda bisa merekamnya dengan aplikasi rekam layar. Ada banyak aplikasi seperti itu jika anda cari.

Tujuan merekam adalah bukan semata-mata agar mudah dipelajari, namun dengan begitu anda bisa mencatat ulang dan bisa dikumpulkan dalam bentuk catatan. Selain itu, anda bisa berbagi ke teman di grup kelas, agar semua bisa mengerti.

Maka dari itu, jika anda berkenan, rekamlah pembelajaran dari awal hingga akhir agar bisa didengar dan dicatat kembali.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Skype untuk Belajar dan Diskusi Online

7. Bimbel
Bimbel adalah salah satu solusi untuk menambah pemahaman siswa. Jika siswa dirasa kurang dalam masalah pembelajaran, ada baiknya mendorong siswa untuk bimbel online. Hal ini tentu bermanfaat bagi dirinya, dan nilai yang akan diperoleh.

Selain itu, bimbel online juga bagus daripada anak lebih sering bermain di masa pandemi ini. Oleh sebab itu, ikuti saja bimbel online agar siswa aktif belajar dan tidak berlebihan waktu bermainnya.

Demikian ulasan dari saya, apabila artikel ini bermanfat, silahkan bagikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel