Berikan Tips Ini! Agar Siswa Cepat Menghafal Materi dengan Mudah

Balerumah.com – Baik siswa maupun mahasiswa, terkadang menemukan suatu materi yang tidak hanya cukup dengan dipahami, namun juga dihafal supaya siswa ingat. Banyak cara yang bisa dilakukan sebenarnya, tapi biasanya cara itu hanya sekedar membantu untuk memahami, bukan menghafal. Setelah itu, siswa jenuh dan kemudian tak mau menghafal lagi.

Via: Pixabay
Taukah anda, bahwa menghapal itu ada 2 cara, yaitu menggunakan otak kiri dan kanan. Jika anda cepat lupa, itu berarti menggunakan otak kiri. Sebaliknya, jika anda hafal, anda ingat dan sudah dilupakan, itu berarti menggunakn otak kanan. Jika anda ingin menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa, anda harus menggunakan otak kanan.

Kita akrab dengan hafalan biasanya dalam bentuk angka, atau juga bahasa asing. Dalam proses menghafal itu, kerap kali terjadi kesulitan untuk mengingat akibat banyaknya materi. Tapi tenang, saya akan memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah supaya para siswa dapat menghafal dengan baik.

1. Fokus dan Tenang
Fokus dan tenang terlebih dahulu sebelum dan ketika anda ingin memulai, entah itu membaca maupun menulis. Buatlah pikiran fokus dan tenang supaya dapat berkonsentrasi dengan baik. Lakukan di tempat yang sekiranya nyaman, tidak harus sepi, yang penting anda tenang.

Situasi tidak harus sepi, yang penting tenang. Apalagi jika rumah anda berada di tepi jalan, pasti lama menunggu situasi sepi. Anda harus menghindari sesuatu yang menarik perhatian, seperti misalnya hewan peliharaan, alat musik dan gadged jika tidak diperlukan.

Hal ini berguna agar konsentrasi anda tidak pecah, tidak ternodai. Dengan begitu lebih mudah untuk menghapal dan mengingat materi.

Via: Pixabay
2. Membaca Berulang kali
Ini mungkin terlalu banyak menghabiskan waktu. Tapi tenang, jangan dulu berpikir seperti itu. Membaca berulangkali memang akan memakan banyak waktu, hal itu karena anda menghafalnya dengan tidak konsentrasi.

Mengapa demikian?

Karena konsentrasi merupakan faktor paling penting yang harus didahulukan, konsentrasilah yang menentukan hafal atau tidaknya.  Itulah sebabnya saya menyuruh anda untuk konsentrasi terlebih dahulu. Agar senantiasa fokus pikiran tetap terjaga.

Selain itu, anda perlu baca berulangkali. Seperti misalnya mengulang ucapan sebanyak 10 kali setiap hafalan, ini akan membuat anda ingat.

3. Menulis
Ketika menulis, kita pasti akan melakukannya sesambil membaca. Nah, sebelum berupa tulisan, materi yang ditulis itu masuk ke dalam otak anda, dan kemudian terciptalah tulisan. Proses menulis ini melibatkan antara lain otak.

Tentu saja, bisa anda buktikan ketika menulis sambil bicara, pasti akan lupa apa yang ingin ditulis. Bahkan terkadang apa yang kita bicarakan ikuit-ikutan tertulis, maka dari itu, fokus lebih diutaakan dalam menghafal.

Selain itu, tulislah poin-poin penting yang ada. Sebab kalau menghafal keseluruhan, hasilnya akan lama. Jadi, utamanakan poin-poinnya anda ingat. Setelah itu, baru isinya. Hal ini dilakukan supaya ketika anda lupa dengan isi, setidaknya mengingat point. Poin ini yang nanti akan memberi petunjuk agar ingat.

Misalnya dalam menghafal mekanisme kerja obat, ada 4 macam proses. Yaitu absorpsi, disrtibusi, metabolisme dan eksresi. Biasa disingkat dengan ADME. Tentu saja, anda bisa menghafal 4 point itu dengan mudah, dan jika anda sudah tahu point-poinnya, maka begitu juga dengan isinya. Buatlah menghafal dengan cara yang simpel.

Via: Pixabay

4. Menggambar dan melafazkannya
Menggambar adalah bentuk hasil dari pikiran sesuatu yang sedang kita lihat, atau bisa juga dengan inspirasi. Kita bia membuat sebuah gambar dari hasil apa yang telah kita pelajari agar senantiasa ingat.

Bukan hanya itu, selain menggambar, kita juga harus sering melihat dan melafazkannya. Karena kalau tidak, kita akan dengan cepat melupa walaupun dalam menggambar ini kita menggunakan otak kanan.

Gambar yang mesti anda buat bukan hanya sekedar gambar lukisan, tapi dalam bentuk mind mapping. Anda bisa baca cara membuat mind mapping yang indah di sini. Dan jangan lupa gunakan bentuk-bentuk yang berwarna variasi, supaya enak dipandang dan menghafal pun jadi ingat.

5. Bernyanyi
Mungkin bagi anak SMA/SMK cara ini terlalu kanak-kanak, tapi tunggu dulu. Cara ini juga banyak dilakukan oleh para mahasiswa jurusan kimia. Maka jangan heran jika anda mendengar lagu yang tidak dimengerti.

Duh, Mas, saya kan nggak bisa nyanyi? Nggak bisa bikin nada juga…

Tenang, anda tak perlu membuat lagu dengan nada-nada yang baru. Yang penting adalah siapkan lirik-liriknya terlebih dahulu, soal nada bisa menggunakan lagu yang sering kita nyanyikan. Nah, hal inilah yang membuat hafalan kita menjadi lebih mudah.

Oh iya, jika anda malu bernyanyi, jangan dipraktekkan di kelas, ya… Cukup lagu itu hanya anda yang tahu. Tapi kalau temanmu minta, berikan saja. Barangkali karya itu bermanfaat bagi mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel