Lakukan Hal Ini untuk Mengisi Waktu Luangmu Agar Bermanfaat!

Balerumah.com – Ketika kita menghadapi libur yang cukup panjang, terkadang kita bingung ingin melakukan apa. Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu. Namun, apakah itu bermanfaat atau tidak. Jangan sampai waktu luang itu terbuang sia-sia begitu saja.

Via: Pixabay
Waktu luang bisa kita gunakan untuk berkarya, berseni, dan berpenghasilan. Dari kebanyakan orang mungkin terpikirkan itu, tapi banyak juga dari mereka yang apatis terhadap hal seperti ini. Sehingga waktu terbuang hanya untuk melihat social media yang informasinya tiada habisnya.

Oleh karena itu, mari sama-sama kita mulai berkarya mengisi waktu luang. Apa saja kegiatannya?

1. Karya Tulis
Karya tulis banyak macamnya, tapi intinya ada 2, yaitu fiksi dan non-fiksi. Jika anda belum hobi menulis, cobalah terlebih dahulu memulai menulis, karena menulis itu asyik dan menyenangkan. Tulisan adalah sejarah, anda akan mengingat suatu kejadianb ketika kelak membacanya lagi.

Oke, apa saja macam karya tulis yang enak diuat?

Via: Pixabay
a. Menulis puisi
Puisi sudah tidak asing lagi di kalangan kita, banyak tulisan bertebaran di sosial media yang bisa kita temui. Anda tidak perlu menjadi seperti itu jika dirasa terlalu berat, cukup menulis di buku catatan atau blog saja, agar anda punya karya yang menjadi kenangan nanti.

Jika anda ingin menulis puisi, baca cara membuat puisi yang indah sesuai teori di sini. Karena untuk membuat puisi indah itu tidaklah mudah, terkadang puisi malah menjadi tulisan curhatan yang tidak punya seni bahasa. Maka dari itu, perlu sedikit anda pelajari tentang puisi.

b. Cerita pendek
Anda mungkin mempunyai pengalaman yang menyenangkan atau bahkan sangat menyedihkan. Nah, anda bisa membungkusnya dalam sebuah cerita pendek agar menjadi karya seni. Karena tidak semua orang mampu membuat ceritanya lebih menarik, maka buatlah cerita itu dalam sebuah karya.

Cerpen juga salah satu karya yang sampai sekarang banyak peminatnya. Tentu, anda pun bisa menjadi penulis cerpen. Bahkan hingga sekarang, koran-koran lokal masih memuat postingan cerita pendek. Agar orang-orang yang membaca koran pun juga mendapat hiburan.

c. Novel
Novel lebih panjang dari cerpen, tulisan ini terbungkus dalam satu buku atau bahkan lebih. Jika anda pernah membaca novel mungkin sudah tahu, ada beberapa genre dalam novel seperti misalnya roman, yang paling banyak di toko buku.

Baca juga: Menulis Novel dengan Mudah, Begini Caranya! 

Anda mungkin pernah memiliki kisah cinta dengan seseorang, atau bahkan lebih. Anda bisa membuatnya dalam bentuk tulisan, sehingga waktu luang terisi dengan menulis novel perlahan-lahan. Dan jika perlu, ikuti lomba-lomba menulis novel. Di sosial media banyak yang masih mengadakan, silahkan dicoba.

d. Menulis opini
Setiap orang memiliki opini yang berbeda-beda, tentu saja. Asalkan opini yang berdasarkan fakta, bukti yang cukup otentik dan pemikiran yang rasional. Jika anda punya beberapa opini tentang sesuatu, tulislah. Waktu luang anda tidak akan menjadi sia-sia.

Selain itu, banyak juga tulisan opini yang bertebaran di koran maupun media berita lainnya. Anda bisa juga seperti itu jika anda mau. Maka dari itu, tulis opini yang anda punya agar waktu luang anda terisi.

2. Karya Lukis
Tidak semua orang pandai melukis, bahkan saya pun sama. Namun dengan belajar, tidak ada sesuatu yang mustahil, kecuali kalau itu memang bukan bakat anda. Kita bisa memulai dengan melukis yang sederhana, seperti misalnya wajah, pemandangan, dan apa pun di sekitar kita.

Cukup banyak macam karya lukis, salah satunya adalah scribble art, yang sedang popular saat ini. Lukisan ini biasanya dibuat dengan pensil atau pulpen dengan media kertas polos berwarna putih. Anda bisa melihat gambarnya di bawah ini.

Via: tertera
Inilah salah satu contoh scribble art. Bagaimana? Menarik, bukan? Kita melihat lukisan ini seperti terkesan asal coret, padahal kalau kita buat (khususnya yang belum pernah melukis) cukup rumit. Apalagi kalau belum punya dasar membuat organ-organ tubuh, tentu hasilnya belum tentu memuaskan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika anda melukis pada saat waktu luang.

Baca juga: Cara Menikmati Hari Libur Sekolah/Kuliah dengan Hemat dan Baik

3. Membuat Konten
Konten bisa berupa apa saja, dan dipublikasikan di mana saja. Jika anda ingin membuat konten yang menghasilkan uang, banyak.  Mau konten tulis, vidio, dan lain-lain, semua bisa menghasilkan uang apabila anda tahu di mana letak peluangnya.

Silahkan pikirkan, konten apa yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu luang? Apa kelebihan anda? Dan apa yang belum ada ketika anda mencoba mencari sebelumnya?

Kebanyakan orang, dari tingkat anak-anak sampai dewasa, mereka lebih suka menonton vidio ketimbang membaca. Maka, kira-kira apa yang bisa anda lakukan untuk mereka?

Demikian ulasan dari Bale Rumah, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel