Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Balerumah.com – Ketika tidak bisa masuk sekolah, siswa perlu memberikan surat izin kepada guru atau pihak sekolah. Baik dengan alasan sakit, pergi, maupun alasan lainnya. Surat ini dibuat sebagai tanda bukti tertulis kepada pihak sekolah agar tidak menjadi penilaian yang buruk kepada siswa terkait, terutama bagi absensi. 

© Pixabay
Absen tentunya penting bagi siswa supaya tidak memiliki kealfaan, dan juga apabila ada tugas sekolah yang tidak bisa dikerjakan, siswa bisa diberikan tugas lain supaya tidak ketinggalan materi dengan teman sekelasnya.

Cara membuat surat izin ini tentunya mudah, sama saja dengan surat pada umumnya. Namun, yang membedakan adalah isinya. Isi surat yang ditulis harus memiliki maksud untuk memohon dan memberi tahu bahwa sedang dalam keadaan yang tidak bisa hadir mengikuti pembelajaran seperti biasanya.

Berikut cara membuat suratnya.

Dalam menulis surat izin ini, diusahakan menggunakan bahasa yang baku dan mudah dimengerti. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahpahaman pada pihak sekolah akibat bahasa yang tidak dimengerti atau bahkan tidak menyenangkan. Selain itu, kita juga perhatikan bagaimana format surat izin yang benar dengan kalimat yang tepat.

Berikut contoh penulisan surat izin tidak masuk sekolah yang benar. Yaitu melibatkan tangal penulisan, nama siswa, alasan tidak bisa masuk sekolah, dan juga nama sekolah.

1. Pengirim Surat
Pada bagian ini, ditulis nama orangtua siswa yang akan bertandatangan di bawah nanti. Atau siapa pun yang membuat surat izin tersebut. Dan jangan lupa untuk menambahkan tanggal penulisan surat agar jelas kapan surat itu dibuat.

2. Alasan tidak bisa masuk sekolah
Ini adalah bagian yang penting. Di bagian ini, isi surat menjelaskan secara jelas mengapa siswa tidak bisa mengikuti pembelajaran pada hari itu. Alasan yang dibuat haruslah logis dan jelas, dan jangan lupa untuk menyebutkan nama siswa yang berkaitan.

3. Penerima
Karena ini surat bersifat personal, dalam surat juga harus menuliskan nama guru / wali kelas. Atau bisa pula menyebutkan nama sekolah. Dengan begitu surat menjadi jelas ke mana meminta izin.

Format Surat

Surat izin ini tidak boleh ditulis sembarang orang. Artinya surat ini dibuat jika memang dalam keadaan terdesak. Seperti sakit, pergi keluar kota, mengikuti perlombaan, dan lain-lain.

1. Tanggal dan tempat penulisan.
2. Tujuan / Penerima
3. Pembuka
4. Isi surat
5. Penutup
6. Nama dan tanda tangan penulis

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah


Bekasi, 1 September 2020

Yth. Bapak/Ibu Sekolah Menengah Pertama
Di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan kondisi fisik dan kesehatan anak saya, bernama Fathur Rohman yang sedang duduk di bangku kelas VII. 2, saat ini tidak bisa mengikuti pembelajaran di sekolah seperti biasanya. Hal ini dikarenakan anak saya sedang mengalami demam tinggi. Oleh karena itu, sebagai orangtua saya meminta izin kepada Bapak/Ibu Guru sampai anak saya pulih kembali.

Demikian surat ini saya buat, semoga Bapak/Ibu Guru dapat memakluminya. Sekian dan terimakasih.


Hormat saya

Iskandar Badudu


Untuk membuat surat izin dengan alasan lain seperti pergi ke luar kota, acara keluarga, dan lain-lain, sama saja formatnya seperti di atas, hanya saja alasan dan isinya diubah sesuai dengan kebutuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel