Tips Menjadi Moderator yang Baik untuk Diskusi dan Presentasi

Balerumah.com – Di dalam sebuah acara, baik itu berupa diskusi atau pun penampilan, ada seorang moderator yang menuntun jalannya sebuah acara agar terlaksana dengan baik dan teratur. Seperti yang kita ketahui, moderator berperan penting agar pelaksanaan suatu acara dapat teratur dan tertib. Moderator harus ada karena agar tidak saling berebut jadwal satu sama lain.

Via: Pixabay

Anda perlu mengetahui bagaimana menjadi moderator, agar kelak jika anda ditunjuk menjadi moderator sudah tidak bingung lagi. 

Selain ada moderator, ada pula MC. Lalu, apakah keduanya sama?

Sebenarnya sama, hanya sedikt saja perbedaannya. Kalau moderator itu orang yang mengendalikan satu bidang pada sebuah kegiatan. Sedangkan MC itu orang yang mengendalikan acara secara menyeluruh, mulai daripembukaan hingga penutupan.

Peran Moderator

Moderator berperan sebagai pengendali jalannya sebuah presentasi atau diskusi. Mulai sejak MC mempersilahkan maju, sampai presentasi berakhir.  

Persiapan Menjadi Moderator

Menjadi moderator, anda perlu menyiapkan beberapa hal seperti di bawah ini:

1. Pelajari Materi

Materi yang akan dibawakan oleh narasumber, moderator harus tahu. Hal ini dilakukan agar ketika moderator mempertanyakan kepada narasumber, pertanyaan itu menjadi lebih seru dan panjang pembahasannya. Maka ada baiknya moderator mempelajari materi walaupun hanya sebatas tahu saja.

2. Perhitungkan Waktu 

Manajeman waktu perlu diperhitungkan, kira-kira berapa lama presentasi berlansung dan berapa banyak materi yang akan dibawakan. Hal ini dilakukan supaya teratur dan juga tahu kapan kegiatan akan selesai. 

3. Siapkan Alat Tulis

Untuk yang satu ini jangan lupa. Alat tulis berfungsi untuk menuliskan poin-poin yang dibicarakan oleh narasumber, untuk kemudian moderator menanyakannya kembali supaya peserta yang di depan pun paham. 

Langkah Menjadi Moderator

1. Salam Pembuka

Sebelum membuka presentasi, perlu mengucap salam sebagai pembukaan. Hal ini dilakukan supaya terlihat serius dan juga berguna untuk saling menyapa dengan peserta. 

2. Perkenalan Narasumber

Pertama-tama sebelum membahas kepoin yang akan dibicarakan, sebagai moderator anda perlu memperkenalkan diri  dan juga narasumber yang akan bicara. Selain itu, selipkan juga apa tujuan pembahasan kali ini, atau pentingnya presentasi ini agar peserta di depan tahu apa yang akan anda lakukan dan apa yang akan anda bicarakan. 

3. Memberi Pertanyaan kepada Narasumber

Setelah itu, beri pertanyaan awal sebagai pemantik pembicaraan. Seperti misalnya, “bagaimana menurut anda?” jangan bertanya hal-hal yang jauh di luar konteks, awali dengan pertanyaan-pertanyaan dasar agar tidak terlalu tergesa-gesa dan juga agar pembahasan tidak  cepat selesai.  

4. Banyak Memuji

Memuji narasumber juga salah satu bagian yang mesti ada dalam presentasi. Hal ini memang terlihat sepele, namun dapat menyemangatkan narasumber untuk melanjutkan presentasinya dengan lebih seru lagi. 

5. Humor

Humor perlu sesekali anda lakukan kepada narasumber agar suasana tidak terlalu tegang. Selain itu juga humor perlu agar peserta yang mendengarkan tidak mengantuk atau bahkan bosan dengan presentasi yang dilakukan. Maka dari itu, sebagai moderator anda harus menyelipkan humor agar suasana menjadi lebih seru dan memancing peserta untuk bertanya.

6. Interaksi dengan Peserta

Di saat moderator bertanya kepada narasumber, sesekali perlu menyapa peserta dengan gaya khas anda. Bagaimanapun caranya agar sekiranya peserta itu merasa diperhatikan dan juga merasa dekat apa yang sedang dibicarakan. 

7. Tanya jawab 

Pada kesempatan terakhir, berilah pertanyaan kepada peserta terkait apa yang telah dipresentasikan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar mendapatkan ide-ide baru, dan juga dapat menanggung semua pertanyaan yang belum diketahui oleh para peserta. Dengan begitu, akan terjadi diskusi yang bermanfaat. 

8. Kesimpulan 

Sebelum menutup presentasi, moderator melakukan kesimpulan terkait presentasi yang dilakukan. Kesimpulan ini berguna untuk menjelaskan secara ringkas agar peserta memahami betul atas presentasi tersebut.

Demikianlah ulasan tentang tips menjadi moderator yang baik, apabila artikel ini bermanfaat silahkan bagikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel