Perbedaan Jurnal dan Artikel beserta Jenisnya

Balerumah.com – Kita sering menemukan atau membaca berbagai bentuk tulisan yang ada di internet. Namun, terkadang kita tidak tahu; mana yang disebut artikel, dan mana yang harus disebut jurnal. Jangankan orang awan yang jauh dari pendidikan, bahkan seorang dosen terkadang pun tidak tahu mana yang artikel, dan mana yang jurnal.

Via: Pixabay

Ada sebuah web di Scholar yang mana saya diizinkan untuk mengisi web itu dengan artikel-artikel karya saya. Namun, setelah saya lihat dan saya buka semua, ternyata isinya jurnal semua. Kemudian saya bilang, “dosen, di situ bukan artikel, isinya jurnal praktikum/penelitian semua.” Lalu dia bertanya kepada saya, “memang apa bedanya jurnal sama artikel?”

Cukup lucu dan mungkin ini sedikit tamparan bagi  saya. Bahwa pendidikan itu semakin tinggi semakin membuat orang telihat pintar, tapi apalah daya jika lupa dengan teori dasar.

Oke, di sini, Bale Rumah akan memberikan ulasan mengenai apa perbedaan artikel dan jurnal. Sebelum mengetahui apa perbedaannya, mari kita simak definisinya telebih dahulu.


Pengertian dan jenis Artikel

Dari Wikipedia, artikel adalah karangan factual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak (melalui Koran, majalah, bulletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. 

Artikel biasanya berisi sejarah, petualangan, argumentasi, hasil penelitian, dan bimbingan ajaran.

Dan jika boleh saya mendefinisikan, artikel adalah sebuah karya yang masuk dalam kategori nonfiksi, yang ditulis secara lengkap berdasarkan opini yang dimiliki oleh seorang penulis. Artikel harus dibuat dengan berdasarkan apa yang penulis peroleh, tidak boleh menulis asal atau bahkan mencopy- paste karya orang lain.


Jenis artikel yang biasa kita temui adalah:

1 Narasi

2 Deskripsi

3 Eksposisi

4 Argumentasi

5 Persuasi


Pengertian dan Jenis Jurnal

Jurnal dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah majalah yang khusus memuat artikel dalam bidang ilmu tertentu. Itu artinya, di dalam jurnal harus ada artikel. 

Jurnal sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu jurnal penelitian, jurnal cetak, jurnal online, jurnal lokal, jurnal nasional dan jurnal internasional. 

Dari jenis jurnal yang saya sebutkan, apabila ada yang kurang, atau mungkin adayang belum saya sebutkan, silahkan berkomentar di bawah. Saya dengan senang hati menerima masukannya.

Jenis jurnal yang sering beredar adalah:

1. Jurnal penelitian

Jurnal penelitian ini bersifat ilmiah. Biasanya dirangkai dari hasil-hasil penelitian, atau juga laporan penelitian. Misalnya penelitian senyawa kimia dalam obat, penelitian dari suatu penyakit, penelitian terhadap mikroorganisme, dan masih banyak lagi.  

2. Jurnal cetak

Jurnal cetak ini paling banyak diikuti oleh para dosen dan mahasiswa yang tertarik terhadap suatu uji coba dan atau penelitian. Pengumuman jurnal ini biasanya dilakukan secara terbuka di kelas ataupun social media. Dengan memberitahukan cara penulisan jurnal dan presentasinya. Jurnal seakan masuk dalam seleksi tim penerbit yang nantinya akan diterbitkan berupa buku, yang sebelumya dipresentasikan.

3. Jurnal online 

Jurnal online memiliki dua arti, yang pertama jurnal online adalah jurnal cetak yang dionlinekan. Maksudnya adalah jurnal cetak yang dalam bentuk soft file, dijual dalam bentuk online, seperti misalnya pdf. Sedangkan yang kedua, jurnal online yaitu jurnal yang murni diterbitkan secara online dengan unggahan yang diseleksi terlebih dahulu oleh tim redaksi untuk diterbitkan secara online. 

4. Jurnal lokal

Jurnal lokal yaitu jurnal yang ditulis oleh banyak penulis. Biasanya jurnal ini dalam bentuk makalah. Misalnya dalam satu kelompok berisi 7 orang, kemudian membuat jurnal penelitian dalam satu buku. Jurnal itu kemudian dimuat hanya untuk kalangan sekitar saja, seperti kampus, sekolah, dan lainnya. 

5. Jurnal nasional 

Jurnal nasional yaitu jurnal yang dimuat dalam lingkup nasional. Jurnal ini dibuat oleh warna Negara tertentu dengan bahasa Negara tertentu dan dipublikasikan untuk Negara tersebut. Penulis dari luar Negara juga bias menjadi penulis di Negara lain, walaupun harus dilakukan pemeriksaan terhadap keasliannya dan pemeriksaan Negara asal.

6. Jurnal internasional

Jurnal ini dimuat dalam lingkup internasional dan menggunakan bahasa internasional, yaitu bahasa inggris. Tetapi, junal internasional juga tidak melulu menggunakan bahasa inggris, asalkan jurnal tersebut diikuti oleh penulis dari luar negeri dan seluruh dunia. 


Perbedaaan Artikel dan Jurnal

Ini di yang kita tunggu. Perbedaan dari keduanya memang agak sulit untuk dibedakan bagi yang awam. Namun, untuk membedakannya ada beberapa hal yang mana dapat dikatakan artikel, dan mana jurnal.


Artikel: 

1 Berupa tulisan Essai

2 Tidak menggunakan data table (hanya berupa angka)

3 Ditulis hanya dengan satu orang

4 Ada yang menggunakan bab, ada juga poin

5 Strukturnya: Pembuka, Isi, Penutup

Jurnal:

1. Dalam bentuk tulisan atau catatan penelitian

2. Memiliki data dan gambar bukti suatu penelitian

3. Ditulis oleh satu orang atau lebih

4. Dalam penulisan tidak menggunaan bab-bab

5. Strukturnya terdiri dari: Judul, Abstrak, Pendahuluan, Alat dan Bahan, Metode, Hasil, Kesimpulan dan Daftar Pustaka


Itulah ulasan mengenai perbedaan antara artikel dan jurnal, apabila artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke grup kelas anda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel