Cara Mereview Jurnal dengan IMRAD, Mudah Tanpa Ribet

Balerumah.com – Dalam mata pelajaran yang berbasis penelitian, kadang kala guru atau dosen akan memberikan tugas mereview sebuah jurnal, entah itu jurnal nasional maupun jurnal internasional. Susunan review junal yang paling umum dan rapih adalah IMRAD (introduction, method, result and discussion). 

Via: Pixabay (edit) 
Jika anda ingin lebih mudah dalam mereview jurnal, pastikan pada bagian abstrak terdapat bahasa Indonesia. Hal ini agar memudahkan anda dalam mereview jurnal. Jika anda ingin lebih cepat, salin saja absrak itu ke dalam susunan IMRAD. Karena biasanya, jurnal yang baik dan berkualitas sudah terdapat IMRAD dalam abstraknya. Oleh karena itu, anda tidak perlu repot-repot lagi membaca jurnal secara keseluruhan.

1. Pendahuluan (Introduction)
Di bagian ini, yang paling utama ialah menuliskan definisi dan tujuan dari isi jurnal tersebut. Pendahuluan ini bukan berupa bab, tetapi langsung saja ke poin, (namanya juga review). Misalnya anda mereview jurnal penelitian bahan alam, di pendahuluan ini ditulis kira-kira ada definisi berapa di dalam jurnal. Kemudian setelah itu tulis tujuan dari penelitian tersebut. Setelah itu, lanjut bagian berikutnya.

2. Metode atau Prosedur Kerja (Method)
Dalam jurnal penelitian, pasti memiliki metode. Metode ini biasanya ditulis dengan “prosedur kerja” atau ‘perlakuan” atau juga “metode kerja”. Pada bagian method ini yang ditulis adalah alat, bahan yang digunakan, dan cara pengerjaannya. Alat dan bahan biasanya ditulis dalam bentuk essai, bukan dalam bentuk poin-poin.

3. Hasil dan Pembahasan (Result)

Setelah metode kerja, ada yang dinamakan hasil dan pembahasan. Poin ini adalah penjelasan dari apa yang dilakukan dalam penelitian. Hasil gunanya menuliskan data-data, sedangkan pembahasan membahas dari data-data tersebut. Di bagian abstrak biasanya sudah tertulis hasil dan pembahasan secara ringkas, namun, itu perlu ditambahkan lagi untuk melangkapi.

4. Diskusi (Discussion)
Nah, yang terakhir ini adalah bagian diskusi. Pada bagian ini, anda menuliskan bagaimana kesimpulan anda ketika mereview jurnal tersebut. Anda bisa juga menambahkan kesimpulan yang ada di jurnal jika kesimpulan anda dirasa tidak memuskan. Namun, alangkah baiknya jika anda yang menyimpulan sendiri.

Demikian ulasan dari Bale Rumah tentang cara mereview jurnal dengan IMRAD. Apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel