Inilah Fungsi dan Peran Mahasiswa yang Sebenarnya

Sebentar lagi masuk tahun ajaran 2021-2022, apakah anda juga salah satunya mahasiswa yang masuk pada tahun ini?

Bagi mahasiswa baru, peran dann fungsi mereka tak hanya belajar, sukses kuliah, kemudian kerja. Sebagai kaum muda yang tergolong intelektual, (katanya) mahasiswa didorong supaya tak hanya berguna bagi diri sendiri, namun juga mampu menjadi sosok yang berguna bagi masyarakat, bangsa dann negara.

Sumber foto: pixabay
Dari beberapa pengalaman dann situasi , setidaknya terdapat beberapa peran dann fungsi mahasiswa yang bisa kita lihat.

1. Berfungsi sebagai agen perubahan 
Sebagai agent of change (agen perubahan), mahasiswa merupakan penggerak perubahan ke arah yang lebih baik. Melalui pengetahuan, ide, dann keterampilan yang dimilikinya, mahasiswa bisa menjadi lokomotif kemajuan. 

Banyak contoh peran mahasiswa sebagai agent of change, salah satunya ketika orde baru tumbang di tahun 1998 lalu, gerakan tersebut dimotori mahasiswa. Mahasiswa sadar ada hal yang tidak benar dalam kehidupan berbangsa dann bernegara sehingga kemudian melakukan gerakan yang menuntut perubahan. 

Dengan dukungan masyarakat, gerakan tersebut akhirnya berhasil dann melahirkan orde reformasi. Peran sebagai agen perubahan itu tak hanya dalam sosial politik. banyak juga mahasiswa yang bergerak sebagai penggerak ekonomi sekitar misalnya dengan memproduksi sebuah produk dann akhirnya bisa menyerap banyak tenaga kerja. 

Kata kunci dari agent of change adalah adannya tekad untuk bergerak menjadi lebih baik. Hal inilah yang seharusnya ditanamkan pada jiwa mahasiswa baru ketika mulai berkuliah. Percayalah, yang abadi hanyalah perubahan, dann mahasiswa merupakan penggeraknya.  


2. Menjadi kekuatan moral 
Mahasiswa juga dikenal sebagai kekuatan penjaga moral (moral force). Peran mahasiswa dalam masyarakat ini begitu penting untuk menjaga nilai-nilai baik dalam masyarakat.

Di dunia global seperti sekarang, banyak nilai-nilai luar yang mudah masuk ke dalam negeri. Mahasiswa merupakan kekuatan untuk menjaga nilai-nilai baik dalam masyarakat. Terlebih, bangsa Indonesia memiliki kepribadian khas yang berakar dari sejarah dann tradisi bangsa. Nilai itu yang perlu dijaga bersama, termasuk oleh mahasiswa. 


3. Berfungsi mengontrol sosial 
Mahasiswa juga dikenal memiliki peran social control atau kontrol sosial terhadap kehidupan masyarakat, bangsa, dann negara. Ketika ada kejadian yang tidak sesuai dengan cita-cita bangsa dann nilai luhur bangsa, maka mahasiswa tidak hanya memberikan saran dann kritikan, namun yang terpenting adalah solusi. Dengan begitu diharapkan arah kebijakan para pemimpin tidak sampai melenceng. 

4. Menjadi penerus bangsa 
Mahasiswa adalah generasi harapan bangsa. Di pundak mahasiswa masa depan bangsa Indonesia ditentukan. Dengan memiliki mahasiswa yang berkualitas baik, maka masa depan bangsa pun akan lebih cerah. 

Dengan peran yang begitu penting ini, sudah seharusnya mahasiswa baru tahu dann sadar untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Setiap hari adalah waktu terbaik untuk selalu berusaha menjadikan diri sebagai pribadi yang lebih baik. 

Tidak ada kata menunggu, mahasiswa harus selalu siap menempa diri agar menjadi pribadi unggul. Di pundak mahasiswa, masa depan bangsa ini ditentukan. Kamu para mahasiswa baru, ikut sertalah mengemban misi mulai untuk kejayaan bangsa Indonesia di masa depan. 

5. Berfungsi menjaga nilai luhur
Nilai luhur dann mulia perlu selalu dilindungi. Mahasiswa berada di garda terdepan untuk menjaga nilai-nilai baik seperti kejujuran, gotong-royong, empati, dann keadilan. Saat nilai-nilai luhur itu diguncang, mahasiswa akan bergerak untuk melindunginya. Sebagai penjaga nilai, mahasiswa sadar betul bahwa tidak akan ada bangsa yang sejahtera jika nilai-nilai luhur seperti keadilan itu tidak ditegakkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel