Manfaat dan Khasiat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Balerumah.com - Lidah Buaya, atau dikenal dengan nama latin aloe vera adalah tanaman yang tumbuh di berbagainegara. Menurut Wikipedia, tanaman ini berasal dari Jazirah Arab. dan tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia. Termasuk salah satunya di Indonesia.

sumber foto: pixabay
Berikut ini adalah kandungan yang terdapat pada tanaman lidah buaya:
Vitamin B: Daging buah lidah buaya mengandung vitamin B yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri saraf dan otot.
Vitamin B12: Lidah buaya memiliki kandungan vitamin B12 yang tinggi. Secara umum, vitamin jenis ini hanya ada pada bahan makanan hewani.
Vitamin E: Bahan ini membuat lidah buaya bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan kulit dan kemampuan reproduksi.
Asam folat: Lidah buaya cocok untuk ibu hamil, karena mengandung asam folat yang memiliki banyak nutrisi untuk ibu dan janin.
Mineral: Lidah buaya mengandung mineral yang cukup lengkap seperti kalsium, natrium, magnesium, kromium, selenium, seng dan kalium mangan.
Melindungi kulit dari sinar UV.
Anti-inflamasi: Enzim yang disebut bradikinase dalam lidah buaya dapat digunakan sebagai agen anti-inflamasi. Kandungan asam lemak, asam salisilat dan hormon ghrelin dan giberelin dalam lidah buaya semakin meningkatkan fungsi anti inflamasi lidah buaya.
Antioksidan: Antioksidan dalam aloe vera terbilang tinggi. Hal ini membuat lidah buaya bisa melindungi kulit dari sinar UV.kandungan asam lemak, asam salisilat, dan hormon auksin dan giberelin yang dimilikinya.

Fakta bahwa aloe vera sangat baik bagi kesehatan kulit mungkin sudah banyak diketahui. Namun tak banyak yang memahami jenis dan manfaat apa saja yang sebenarnya terdapat pada tumbuhan tropis satu ini. Anda pasti akan tertarik memilih salah satu dari beberapa manfaat dari lidah buaya ini.

1. Mencegah tanda-tanda penuaan
Seiring bertambahnya usia, garis-garis halus dan kerutan lebih mungkin muncul. Hal ini juga disebabkan oleh kondisi kulit yang mulai kehilangan kelembapan dan elastisitasnya. Namun, Anda bisa mencegah tanda-tanda awal penuaan dengan menggunakan lidah buaya. Kemampuan lidah buaya untuk melembabkan dan membantu mengangkat sel kulit mati dipercaya dapat mencegah tanda-tanda penuaan.

2. Agen penyembuhan luka
Lidah buaya banyak digunakan sebagai obat alami untuk membantu menyembuhkan luka seperti goresan dan luka bakar. Sifat antibakteri lidah buaya membuatnya efektif untuk membersihkan dan mengurangi risiko infeksi luka. Inilah sebabnya mengapa lidah buaya juga banyak digunakan untuk membantu menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari.

sumber foto: pixabay
3. Efektif melembabkan kulit
Cenderung tumbuh di iklim tropis, daun lidah buaya dapat menyimpan banyak air dan mencegahnya mengering.

Inilah sebabnya mengapa lidah buaya masih dapat berkembang bahkan di bawah kondisi suhu tinggi. Karena kemampuannya tersebut, gel yang terkandung dalam daun lidah buaya sering dijadikan bahan dasar produk obat karena dapat melembapkan dan melembapkan kulit.

4. Menenangkan dan melembabkan kulit
Banyak orang lupa bahwa kulit merupakan organ yang sangat penting peranannya untuk memastikan tidak ada racun, bahan kimia, bakteri atau polutan asing yang masuk ke dalam tubuh. Hanya karena tidak ada borok terbuka, bukan berarti kulit Anda tidak membutuhkan perlindungan. Untuk menjalankan fungsi perlindungannya dengan sempurna, Anda harus selalu menjaga kondisi kulit Anda, termasuk menjaga kulit Anda bebas dari ketegangan dan menjaga kelembapan yang memadai. Ini karena kulit kering lebih rentan terhadap iritasi dan dapat menyebabkan ruam atau luka. Dengan menggunakan produk berbahan dasar lidah buaya, Anda dapat memastikan kulit Anda selalu terhidrasi dan bersih.

5. Mengurangi stretch mark
Ketika kulit mulai melorot atau meregang, seperti selama kehamilan atau karena kenaikan berat badan yang cepat, elastisitasnya menurun. Hal ini dapat menyebabkan kerutan atau stretch mark, umumnya dikenal sebagai stretch mark. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan sabun lidah buaya setiap hari.

6. Mengurangi peradangan pada kulit
Salah satu penyebab peradangan adalah kerusakan oksidatif, yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh yang menghancurkan sel-sel di dalamnya. Antioksidan dalam lidah buaya mengikat radikal bebas dan membantu melawan peradangan. Untuk ini, Anda bisa minum jus lidah buaya atau mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit yang bermasalah. 7. Mengurangi ketombe
Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk merawat kulit tubuh, tetapi juga dapat melindungi kulit kepala. Hal ini karena lidah buaya dapat dengan baik mengatasi masalah ketombe dan kulit kepala yang gatal.

Ketombe dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kulit kepala berminyak, akumulasi sel-sel mati, atau bahkan infeksi di kepala. Dalam hal ini, aloe vera dapat membantu menghilangkan sel-sel mati dari kulit kepala. Selain itu, sifat antimikroba dan dalam aloe vera mampu melawan infeksi dan menenangkan kulit kepala.

sumber foto: pixabay
8. Menghilangkan jerawat
Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel lidah buaya di pagi dan sore hari, bersamaan dengan obat antijerawat yang telah diresepkan mampu mengurangi jerawat hingga sekitar 35 persen.
Manfaat lidah buaya untuk mengatasi jerawat ini mungkin diperoleh berkat kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lain di dalamnya yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

9. Membersihkan make up
Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, lidah buaya dapat dijadikan alternatif untuk membersihkan make up tanpa iritasi. Dengan teksturnya yang seperti gel, lidah buaya dapat melarutkan riasan wajah sekaligus melembapkan kulit.

10. Mengatasi mata bengkak
Meski diperlukan penelitian lebih lanjut, mengoleskan lidah buaya ke area bawah mata dipercaya dapat membantu mengobati mata bengkak. Hal ini diyakini karena lidah buaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah, sehingga dapat melancarkan gerakan penimbunan cairan.

11. Meringankan gatal dan ruam kronis
Beberapa penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit dan mulut. Ini tentu saja mengganggu makan dan kenyamanan umum.
Menurut penelitian, menggunakan obat kumur yang mengandung gel lidah buaya 3 kali sehari selama 3 bulan dapat membantu mengurangi gatal dan ruam pada mulut. Jika Anda menggunakan gel lidah buaya dua kali sehari selama 2 bulan, Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama. 

12. Pergerakan usus halus
Manfaat lidah buaya jenis terakhir ini sudah lama diketahui banyak orang. Seperti yang kita semua tahu, lateks dalam gel lidah buaya adalah pencahar. Namun,
Namun, penggunaannya harus dilakukan secara hati-hati dan butuh bimbingan. Karena hal tersebut bisa menyebabkan efek samping berupa diare.

13. Membantu pemulihan cold sore
Beberapa penelitian telah berhasil menunjukkan bahwa krim dengan ekstrak lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan cold sore atau luka akibat virus herpes simpleks. Selain untuk melembapkan, manfaat ini diperoleh karena lidah buaya memiliki sifat antivirus sehingga dapat membantu melawan virus herpes.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel