6 Perbedaan Makalah dan Karya Tulis Ilmiah

Balerumah.com - Ketika di sekolah maupun di kampus, siswa dan mahasiswa tidak lepas dari yang namanya tugas. Tugas inilah yang bermacam-macam bentuk yang diberikan oleg guru dan dosennya.

gambar via: pixabay

Makalah dan karya tulis ilmiah sering dijadikan sebagai penugasan di sekolah maupun kampus. Penulisan dari keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Baik secara fungsi, maupun susunannya.

Namun di sekolah, tugas yang biasa diberikan seorang guru adalah sebuah makalah. Biasanya, penugasan dalam bentuk makalah ini, dimulai sejak sekolah menengah pertama (SMP). Jika sejak sekolah dasar (SD) sudah diberikan tugas berupa makalah, mungkin terlalu berat bagi jenjangnya.

Dan kalaupun dikerjakan, kebanyakan orangtua atau kakaknya yang mengerjakan.

Oke, sekarang mari kita simak apa saja perbedaan makalah dan karya tulis ilmiah.

Makalah
Makalah sudah sangat umum ditugaskan kepada siswa. Penugasan ini biasanya disertai juga dengan pembuatan power point. Atau terkadang juga dijadikan sebagai tugas untuk menuntaskan nilai akhir semester. 

Karya Tulis Ilmiah
Karya tulis ini hampir serupa dengan makalah, namun ada beberapa yang membedakannya dengan makalah. Karya tulis ini digunakan dalam mencari suatu titik masalah, yang mana masalah tersebut nantinya akan dikaji dan dibahas dalam tulisan.

Perbedaan Makalah dan Karya Tulis Ilmiah
Terdapat beberapa perbedaan yang akan di bahas di sini.

1. Berbeda pengertian
Makalah ialah karya tulis pelajaran atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Makalah ialah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.

Karya tulis Ilmiah dapat dipahami sebagai teks yang ditulis dengan susunan sistematis, serta logis, dan memenuhi kaidah ilmu pengetahuan yang berlaku. Karya ilmiah adalah serangkaian laporan tertulis yang dipublikasikan melalui pengkajian mendalam. Bagi yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, penting untuk mengetahui lebih dalam tentang karya ilmiah.

2. Berbeda tujuan
Makalah ditulis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah ditulis dalam Bab 1, pada bagian perumusan masalah. Sedangkan karya tulis ilmiah dibuat untuk mencari masalah dan dikaji dalam pembahasan. 

3. Berbeda peran
Makalah dibuat umumnya untuk menuntaska atau memperbaiki nilai yang kurang sempurna. Sedangkan karya tulis ilmiah berupa laporan hasil praktikum yang telah dilakukan.

4. Berbeda penulisan
Makalah dibuat dengan menyajikan suatu topik  dan atau masalah, sedangkan karya tulis ilmah dibuat berdasarkan data rasional dan empiris yang pernah dilakukan.

5. Berbeda penugasan
Di sekilah atau kampus, makalah biasanya dibuat untuk tugas perkelompok, sedangkan karya tulis ilmiah individu, dan sifatnya personal.

6. Berbeda pembuatan judul
Dalam membuat makalah, judul diberikan dengan kata awalan makalah, seperti "Makalah Farmakologi; Obat Antihipertensi". Sedangkan karya tulis ilmiah langsung mendeskripsikan isi tulisan, misalnya, "Pengunaan Obat Antihipertensi".

Baca juga:
Demikianlah ulasan mengenai perbedaan makalah dan karya tulis ilmiah. Setidaknya, tulisan ini menjadi pengetahuan baru bagi anda. Dan apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel