5 Buku yang Wajib Dimiliki Farmasi

Balerumah.com - Sebagai seorang farmasi, baik siswa maupun mahasiswa, dalam proses pembelajaran wajib memiliki buku ini sebagai alat bantu pembelajaran. Perlu anda ketaui, sebelum membaca lebih dalam. Bahwa tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman empiris, bukan terstandar ataupun kualifikasi farmasi itu sendiri.

Buku farmasi yang ada dalam daftar di sini akan membantu anda sebagai seorang farmasi, mempermudah dan melengkapi keperluan-keperuan akademik. Sama seperti jurusan lain, setiap jurusan pasti ada beberapa buku yang menjadi "kewajiban" utuk dimiliki peserta didik. 

1. Farmakope Indonesia
Buku yang pertama ini bisa dikatakan "kitabnya farmasi". Karena segala sesuatu tentang kebutuhan literatur yang biasa dibutuhkan farmasi ada di dalamnya. Seperti daftar nama obat, bahan obat, rumus kmia, kelarutan, identifikasi, dan perhitungan-perhitungan yang dibutuhkan farmasi.

Tapi sebelum anda membeli buku tersebut, pastikan anda harus bertanya kepada guru soal edisi berpa yang harus dipakai. Karena kebutuhan pembelajaran biasanya berbeda. Ada yang menggunakan edisi 3 karena alasan demikian, ada juga yang amenggunakan edisi 4 karena alasan dmikian. Maka dari itu, tanyakan terlebih dahulu soal edisi farmakope yang akan digunakan.

2. Formularium Nasional (ForNas)
Formulariun Nasional adalah buku yang berisi seputar formulasi. Menurut Farmalkes, Formularium Nasional (Fornas) adalah daftar obat yang disusun berdasarkan bukti ilmiah mutakhir oleh Komite Nasional Penyusunan Fornas. Obat yang masuk dalam daftar obat Fornas adalah obat yang paling berkhasiat, aman, dan dengan harga terjangkau yang disediakan serta digunakan sebagai acuan untuk penulisan resep dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Selain itu, Fornas adalah bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Oleh karena itu, perlu disusun suatu daftar obat yang digunakan sebagai acuan nasional penggunaan obat dalam pelayanan kesehatan SJSN untuk menjamin aksesibilitas keterjangkauan dan penggunaan obat secara nasional dalam Formularium Nasional.

3. Ilmu Meracik Obat (IMO)
Buku ini ditulis oleh Moh. Anief. Beliau adalah seorang Guru Besar Ilmu Farmasetika pada Fakultas famasi UGM. Karyanya yang berjudul Ilmu Meracik Obat adalah buku yang berisi tentang teori dan praktik seputar ilmu resep dan farmasetika.

Buku ini sangat relevan untuk anda baca sebagai pelajar atau mahasiswa farmasi. Karena di dalamnya cukup lengkap dan bukunya tidak terlalu tebal. Jadi cocok untuk dibaca.

4. Informasi Spesialite Obat (ISO)
Buku iso berisi daftar obat dan nama dagangnya, baik obat generik maupun paten. Oleh karena setiap tahunnya terdapat industri atau produk obat baru, maka buku ini pun hampir setiap tahunnya memiliki edisi yang berbeda.

Jangan tergesa-gesa membeli buku ini. Tanyakan dulu kepada guru anda soal edisi yang akan digunakan. Karena kalau berbeda isi bukunya juga pasti berbeda, dan juga urutannya. Jadi, tanyakalah dulu sebelum membelinya.

5. MIMS
Buku ini berisi topik kesehatan. Di dalamnya tertulis daftar penyakit dan cara mengatasinya. Ada beberapa yang dapat diobati, dan memang ada beberapa juga yang harus dengan penanganan dokter. Buku ini hadir sebagai pelengkap farmasi dalam pengetahuannya tentang penyakit pada tubuh, atau menyangkut juga soal farmakologi. Sehingga buku ini cukup penting bagi farmasi.

Kelima buku di atas banyak dijual di sosial media dan toko buku farmasi. Namun jika anda merasa kesulitan dapat juga hubungi kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel