Inilah Universitas Swasta Terbaik dan Favorit di Jakarta

Balerumah.com - Masuk perguruan tinggi negeri merupakan dambaan banyak calon mahasiswa, baik lulusan SMA/SMK, atau sederajat, atau bahkan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana.

Peran Jakarta sebagai pusat ekonomi Indonesia tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Tapi bagaimana kualitas pendidikan di kota ini? Apa peran universitas di Jakarta dalam membina calon-calon masa depan negara?

Hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk membaca sampai akhir dan pastikan Anda memilih universitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

sumber gambar: uhamka
1. Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
Universitas ini salah satu universitas swasta yang cukup favorit. Kampusnya terletak di Jakarta dan merupakan salah satu dari jaringan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia. Kampusnya berlokasi di kawasan Limau, Kota Jakarta Selatan.

UHAMKA juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang ingin belajar di UHAMKA, antara lain beasiswa PMDK (penelusuran minat dan kemampuan), beasiswa khusus, Beasiswa Bidik Kader Berprestasi (BKB), Beasiswa Prestasi, Beasiswa Kader Langsung Kerja (BKLK), KIP dan KJMU plus.

Tidak hanya beasiswa, UHAMKA juga menjalin kerjasama dengan banyak universitas dan institusi di dalam dan luar negeri. UHAMKA mengedepankan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan dalam menjalankan dan menerapkan proses belajar mengaja di kampus,  yang kelak menjadi spirit dalam bermuamalah di kehidupan sehari-hari. Dengan begitu juga diharapkan dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul secara spiritual dan intelektual.

sumber gambar: penerimaan.uai.ac.id
2. Universitas Al Azhar Indonesia (UAI)
Universitas swasta di Jakarta ini berada di bawah naungan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar. Baru berdiri pada tahun 2000, UAI telah menuju Eco Campus. Lokasi kampus berwawasan lingkungan ini berada di kawasan Sisingamangaraja, Kota Jakarta Selatan.
Universitas Al Azhar Indonesia berdiri sejak bulan Agustus tahun 2000, dan saat ini telah memiliki enam fakultas dengan 19 program studi yang aktif dan Ada 1 program pascasarjana yaitu pada fakultas hukum.

sumber gambar: binus.ac.id
3. Universitas Bina Nusantara (Binus)
Binus adalah lembaga pendidikan swasta, dan popularitasnya tidak kalah dengan dua kampus pertama. Universitas yang relatif baru ini menempati peringkat ke-15 di Indonesia. Tentunya hal ini menjadikan Binus sebagai kampus yang disegani dan bergengsi. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa Binus ini fokus pada teknologi dan informasi.

Bagi yang memiliki ketertarikan yang kuat pada teknologi dan informasi, melanjutkan studi di Binus adalah pilihan yang tepat. Selama ini berdirinya sekolah tersebut juga telah meraih banyak prestasi dan penghargaan di berbagai bidang, serta menjadi salah satu universitas yang diakui.

sumber gambar: mercubuana.ac.id
4. Universitas Mercu Buana
Di bawah Binus adalah Universitas Mercu Buana, yang menempati peringkat 16 universitas top di Indonesia! Banyak prestasi yang telah ditorehkan di kampus-kampus lokal maupun internasional. Sejak didirikan pada tahun 1985, kampus swasta ini dianggap sebagai kampus yang cocok untuk pendidikan.

Letak kampus utama Mercu Buana adalah di daerah Meruya, Jakarta Barat dan untuk Kampus lainnya berada pada daerah Menteng. Bahkan, lokasi kampus universitas yang satu ini merambah ke luar Jakarta, yakni di Depok dan Bekasi.

sumber gambar: info.trisakti.ac.id
5. Universitas Trisakti
Anda mungkin pernah mendengar tentang kampus terbesar di Indonesia yang satu ini. Kampus legendaris satu ini menempati peringkat ke 23 sebagai top university. Kampus ini berlokasi pada pusat Jakarta yakni di Jalan Kyai Tapa di daerah Grogol. Ada banyak jurusan yang tersedia dengan akreditasi bagus yang bisa kamu pilih di Trisakti ini.

Selain meyimpan banyak sejarah, Trisakti juga memiliki banyak prestasi. Dan juga terkadang membuka beasiswa bagi calon mahasiswa baru. Tunggu apa lagi? Silahkan ditengok!

sumber gambar: kalderanews.com
6. Universitas Pancasila
Kampus universitas swasta di Jakarta ini berlokasi di kawasan Serengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kampus Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat menjadi kampus khusus untuk pascasarjana.
Di UP ini juga menyediakan program studi bidang kesehatan. Banyak juga mahasiswa kesehatan yang menempuh pendidikanaya di sana. 

sumber gambar: m.atmajaya.ac.id
7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya adalah universitas yang dan juga bergengsi di Jakarta. Bahkan, menurut versi Majalah Globe Asia pada tahun 2008, Unika Atmajaya juga mendapatkan peringkat 3 sebagai top universitas swasta di Indonesia. Tidak hanya itu, di 2011 Unika Atma Jaya juga masuk dalam lima besar swasta terbaik di Indonesia.

sumber gambar: esaunggul.ac.id
8. Universitas Esa Unggul
Kampus ini terletak di sebelah barat Jakarta, persis di sisi jalan tol Tomang-Kebon Jeruk. Tidak hanya lokasinya yang sangat strategis, tetapi kualitas pendidikannya juga sangat baik. Bahkan, program sarjana terapan fisioterapinya merupakan pelopor pertama dari seluruh kampus di Indonesia.

Kampus ini sering disebut sebagai UEU, dan merupakan universitas top ke-43. Mendapatkan gelar sarjana di Jakarta adalah pilihan terpercaya Anda.

sumber gambar: daftarjurusan.id
9. Universitas Tarumanegara
Peringkat kesembilan adalah Universitas Tarumanigara yang terletak di sebelah barat Jakarta. Sesuai dengan namanya, kampus ini dinaungi oleh Yayasan Tarumanegara dan berdiri sejak tahun 1959. Universitas ini merupakan salah satu kampus ternama di Jakarta, dan masing-masing perguruan tinggi menawarkan jurusan yang beragam.

sumber gambar: yarsi.ac.id
10. Universitas Yarsi
Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta ini terletak di kawasan Cempaka Putih di Jakarta Pusat. Universitas swasta ini sedang membangun Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Yarsi dan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Yarsi.

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel