Catat! Cara Memilih Toko Buku Online yang Terpercaya

Buku tidak pernah luput dari manusia, terutama pendidikan. Setiap individu memiliki kepentingannya dalam mencari buku, entah itu yang dicari buku panduan, buku riset dan berbagai jenisnya.

Banyaknya toko buku online membuat para pembeli mesti selektif dalam memilih buku. Sebab kalau tidak, akan kecewa bila buku yang datang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Seperti buku bajakan, misalnya, yang sulit dibedakan jika hanya dilihat dari foto saja.

sumber gambar: pixabay

Dalam membeli produk, kita kadang khawatir apakah barang tersebut asli atau bajakan. Untuk melihat rekomendasi toko-toko online, bisa lihat di Ceklist.id, di sana berbagai jenis toko onine dipaparkan.

Cara memilih toko buku online yang terpercaya sebetulnya mudah, jika sudah pengalaman. Namun di sini, akan diuraikan bagaimana caranya memilih toko buku online agar tidak menyesal ketika datang.

Cara Memilih Toko Buku Online
Buku merupakan salah satu kebutuhan bagi setiap orang, semestinya. Sebab semua orang perlu belajar, semua orang perlu membaca agar bisa memahami sesuatu. Selain itu, buku juga bisa sebagai hiburan. Misalnya buku-buku fiksi seperti novel, cerpen dan puisi.

1. Nama Toko
Sebelum membeli buku, lihat terlebih dahulu nama yang digunakan. Nama mencerminkan identitas dan kualitas barang yang dijualnya. Namun, jangan hanya melihat nama saja, lihat juga penilaian toko, lebih banyak baik atau buruknya.

Penggunaan nama toko buku, akan lebih mengesankan bila berdasarkan genre, atau nama-nama yang filosofis. Toko buku yang baik bukan hanya dinilai dari namanya saja, tapi juga dari kualitas barangnya. Rekomendari toko buku online murah bisa dilihat di sini.

2. Foto yang digunakan
Toko buku online yang berkualitas selalu menampilkan gambar-gambar terbaik, jelas, tidak pecah dan warnanya sesuai. Baik di marketplace maupun sosial media, foto sangat penting sebagai view yang mengundang mata calon pembeli.

Berbeda dengan toko buku bajakan, kebanyakan menampilkan foto dari toko lain, sehingga kualitas foto pada postingannya terlihat pecah. Dalam hal ini, perlu diperhatikan lebih jelas.

3. Harga
Calon pembeli, mayoritas mencari harga yang relatif lebih murah dibandingkan toko lain. Sebetulnya, memilih buku dengan cara melihat harga ini tidak disarankan, karena banyak toko yang memasang harga murah, namun kualitas barangnya bajakan.

Apabila harganya sedikit lebih murah dari harga standar, itu masih bisa dipertimbangkan. Namun jika harga jual jauh lebih rendah dari harga pada umumnya, itu patutu dicurigai. Barangkali buku bacakan atau bekas.

4. Penilaian Toko
Ketika membuka marketplace, anda bisa memilih produk dengan berbagai harga yang ditawarkan. Namun anda bisa memilih dengan cara melihat penilaian toko terlebih dahulu, jika anda ragu. 

Bukan hanya dilihat dari jumlah bintangnya, namun juga komentar para pembeli sebelumnya. Apakah kelebihan dan kekurangan toko, dan bagaimanakah foto penampakan barang yang sudah di tangan pembeli.

5. Akun
Jika ingin membeli buku di marketplace, pastikan juga bahwa nama toko tersebut juga memiliki akun sosial media. Fungsinya sosial media adalah sebagai portofolio, di sana anda bisa melihat kesesuaian gambar produk.

Selain itu, di akun sosial media biasanya diperlihatkan testimoninya. Ini bisa jadi penilaian tambahan bagi pembeli. Tentunya, cara memilih toko buku online bisa diperhatian dengan kelima hal tersebut. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel