Perbedaan Catatan Kaki dan Daftar Pustaka

Catatan kaki atau footnote sering ditemukan dalam berbagai bentuk tulisan, baik itu buku maupun jurnal. Catatan kaki merupakan sumber atau referensi yang dicantumkan pada bagian bawah lembar halaman. Gunanya sebagai rurjukan langsung agar pembaca tak perlu repot-repot mencarinya di internet.

Foto oleh Jessica Lewis dari Pexels
Catatan yang dikutip pada tulisan yaitu sebuah inti yang diambil dari refrensi lain. Bisa berupa tulisan orang lain, atau pengartian langsung dari bahasa yang awam digunakan. 

Dalam penulisannya, catatan kaki biasa ditulis dengan simbol angka, huruf, maupun tanda kurung yang ditulis berurutan. Penggunan sumber kutipan atau informasi terkait membantu pembaca untuk mengetahui sumber kutipan dari jurnal tersebut. Penulisan catatan kaki tidak hanya digunakan pada jurnal atau karya ilmiah, namun juga digunakan pada buku sains maupun fiksi seperti novel.

Perbedaan Catatan Kaki dan Daftar Pustaka
Jika dilihat sekilas, fungsi keduanya sama saja, yaitu memperkuat teks yang ada di dalamnya. Lalu, apakah ada perbedaan antara catatan kaki dan daftar pustaka?

Keduanya tentu punya hal yang berbeda, dari definisi, segi letak dan penggunaannya. 

1. Definisi
Catatan kaki dibuat untuk memberikan kutipan sumber secara langsung yang dituliskan pada bagian bawah dari lembar atau bab tersebut, sedangkan daftar pustaka berisi sumber yang ditulis secara langsung maupun tidak langsung dengan pada bagian belakang halaman buku maupun jurnal.

2. Cara penulisan
Catatan kaki, dalam penulisannya tidak seperti daftar pustaka. Catatan kaki ditulis antara lain:
  • Ditulis dengan huruf yang lebih kecil, biasanya berukuran 10 dan spasi 1
  • Nama penulis ditulis lengkap, tidak ada yang dibalik
  • Memberikan penomoran 
Sedangkan daftar pusaka, cara penulisannya bisa dilihat di sini.

3. Fungsi
Catatan kaki memiliki fungsi yang berbeda dari daftar pustaka. Catatan kaki berfungsi antara lain:
  • Memudahkan pembaca memahami tanpa perlu mencarinya di internet.
  • Agar pembaca mengetahui secara langsung sumber yang dikutip
  • Menyajikan informasi sehingga tulisan lebih efektif untuk dibaca. 
Sedangkan fungsi dari daftar pustaka adalah untuk menguatkan teks agar pembaca tahu kepustakaan yang pernah dibaca oleh penulis

4. Letak
Letak catatan kaki pada sebuah buku, ada pada bagian bawah halaman. Sering juga ditemukan pada jurnal. Hurufnya lebih kecil dibanding ukuran teks. Sedangkan letak daftar pustaka, hanya ada pada bagian belakang halaman, atau ditulis secara terpisah. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel