Seperti Inilah Kriteria Dosen Favorit yang Paling Dibanggakan Mahasiswa

Balerumah.com - Saat menjalani proses perkuliahan, salah satu hal yang diidamkan mahasiswa yaitu adanya dosen pendamping belajar yang asyik.

Kualitas dari pengajar sangat mempengaruhi pola fikir setiap mahasiswa. Karena mahasiswa membutuhkan dosen yang bisa membuat mereka merasa nyaman.

Lantas, apa saja ciri-ciri dosen yang menjadi favorit? Berikut penjelasannya.

Kriteria yang Diperlukan untuk Menjadi Dosen Favorit
                  
sumber foto: pixabay.com
Untuk menjadi dosen yang diidolakan para mahasiswa, harus ada beberapa kriteria untuk mencapainya.

Bukan hanya soal ketenaran saja, namun hal tersebut lebih kepada kompetensi serta keahlian mereka dalam menjalankan sistem pendidikan.

Sehingga yang diajar pun merasa nyaman, seperti di bawah ini:

1. Memiliki Pengetahuan Yang Luas
Seorang dosen yang cerdas tentu saja akan bersikap lentur dalam menyampaikan materi yang ada di ruang kelas. Ia cenderung berwibawa dalam melakukan suatu tindakan.

Memikiki pengetahuan yang luas, maksudnya, pengetahuannya bukan sekedar di bidang itu saja, tapi beragam. Karena dengan pengetahuan luas, dosen bisa menjelaskan sesederhana mungkin.

Misal, ketika mengajari mahasiswanya di depan, dosen menjelaskan sesuatu yang dibandingkan dengan hal lain. Sehingga, mahasiswa mampu memahami materi.

Dengan begitu, mahasiswa pun banyak yang mengidolankanya sebagai contoh inspiratif.

Di samping hal tersebut, dosen kriteria ini biasanya akan melakukan terobosan-terabosan baru mereka saat memberikan tugas pada mahasiswa.

Walaupun itu lumayan menantang, tetapi tujuanya yakni untuk membuat peserta didik mempunyai ide brilian yang bisa diterapkan dalam dunia nyata.

2. Bersikap Ramah Terhadap Mahasiswa
Selain cerdas, seorang dosen juga harus ramah kepada setiap peserta didiknya. Ramah bukan berarti merendahkan derajat di hadapan orang.

Tetapi bersikap lembut, tidak pernah marah kalau ada mahasiswa yang belum mengerjakan tugas. Nah, ini nih... yang sering bikin mahasiswa jenuh.

Karenanya, bersikap ramahlah. Dan jangan suka membesarkan masalah. Buatlah mahasiswa aktif, sering bertanya, kalau perlu adakan nilai tambahan.

Hal tersebut sangat disukai oleh seorang mahasiswa, karena mereka menganggap sikap seperti itu merupakan sebuah tindakan penghargaan dari dosennya.

Dosen yang ramah biasanya memiliki banyak penggemar dan jadi idola di kampus. Mahasiswa akan merasa dekat dengannya, namun memiliki rasa hormat.

Berbeda dengan sikap sering cemberut dan angkuh, membuat setiap orang sering mencemooh.

3. Cara Penyampaian yang Menyenangkan
Kriteria dosen yang favorit selanjutnya yaitu mereka memiliki selera humor tinggi. Serta bisa menyampaikan materi secara menyenangkan.

Mahasiswa akan merasa bebas, dan lebih memperhatikan materi jika cara penyampaianya terdapat unsur-unsur lucu.

Selain itu, kata-kata humor yang dilontarkan oleh dosen, akan membuat suasana kelas menjadi lebih hidup.

Dengan begitu, ketika melakukan diskusi atau presentasi pun sangat diperhatikan oleh mahasiswa. Dan pastinya ilmu juga akan cepat diserap dengan baik.

4. Mudah Ditemui
Pernahkah Kamu merasa jengkel ketika melakukan konsultasi atau hanya sekedar meminta tanda tangan, namun dosen tidak ada di tempat?

Ya, hal tersebut membuat mahasiswa merasa kesal.

Kebanyakan mereka beranggapan bahwa, dosen yang baik, yaitu mereka yang sering berada di kampus dan mudah ditemui untuk melakukan konsultasi atau keperluan apapun.

Sehingga urusan akan lebih mudah terselesaikan tanpa menunggu lama.

5. Mendengarkan Keluhan Mahasiswa
Setiap keluhan yang dimiliki mahasiswa terkait dengan pembelajaran mereka, seharusnya dapat didengarkan oleh para penyelenggara pendidikan di kampus.

Dalam hal inilah, dosen mempunyai peranan yang sangat vital.

Jika seorang dosen mampu memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Maka Ia akan disenangi dan dianggap memiliki kepedulian tinggi terhadap sekitar serta berawawasan luas.

6. Update dan Mempunyai Hal Baru dalam Mendidik
Seorang mahasiswa akan sangat antusias jika dosen mengetahui permasalahan-permasalahan terkini untuk didiskusikan bersama di dalam kelas.

Di samping hal tersebut, mereka juga senang jika pengajar melek tekonologi serta tidak gaptek. Dosen dengan kriteria ini biasanya akan disenangi mahasiswa.

Karena mereka paham terhadap teknologi serta ilmu pengetahuan terkini. Sehingga dianggap cocok sebagai partner belajar bagi para generasi millenial.

Itulah seputar informasi mengenai kriteria dosen yang favorit anggapan mahasiswa. Dengan adanya artikel ini, semoga para pembaca sekalian dapat mengambil manfaatnya.

Bisa jadi Kamu yang saat ini mebaca, esok jadi dosen idaman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel