Pilih Kerja atau Kuliah Dulu? Simak Penjelasan Berikut

Balerumah.com - Kerja atau kuliah dulu? Kedua pilihan ini sering membuat bingung seseorang sebelum lulus dari SMA/SMK.

Banyak yang perlu kamu ketahui dan kamu pahami sebelum kamu menentukan, mau kerja atau kuliah.

Karena, kalau pilihan tersebut tidak dipertimbangkan secara kritis, maka akan sulit menemukan solusinya nanti. Bahkan, tak banyak dari kawan-kawan saya yang merasa nyesal karena pilihannya kurang tepat.

Ada yang memilih kuliah terlebih dahulu, tapi dia menyesal karena uang jajannya kurang cukup untuk kebutuhannya.

Ada juga yang memikih kerja dahulu, tapi dia menyesal karena bosnya mengeluarkannya dari tempat kerja, hanya karena pendidikannya kurang tinggi.

sumber foto: pixabay.com

Berpikir pendidikan, berarti Juga berpikir tentang pekerjaan. Setelah berpendidikan, apa selanjutnya yang akan kamu lakukan?

Atau, apa yang kamu lakukan agar bisa berpendidikan?

Saya akan bahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari kuliah dan kerja, supaya kalian dapat mempertimbangkan secara kritis.

A. Kuliah
Kuliah bukan hanya sekadar mencari ilmu, tapi juga untuk membuat sketsa masa depan.

Apa maksudnya?

Pikirkan niat awalmu, untuk apa kuliah dahulu, dan untuk apa menunda kuliah. Karena, lapangan kerja di masa kini, lebih selektif dalam memilih karyawan. Maka dari itu, sebelum kuliah, kamu harus tahu apa kelebihan dan kekurangannya.

sumber foto:pixabay.com

Untuk apa?

Sebagimana kalau kamu ingin melakukan sesuatu, segala kelebihan dan kekurangan, harus kamu ketahui. Nah, kalau begitu, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

1. Kelebihan Kuliah

a. Memiliki ilmu yang lebih dalam
Ini sih pasti, kecuali kalau kamu kuliahnya main-main, atau sekedar hanya ingin eksis bareng kawan-kawan.

Kuliah bukan alasan serta-merta mencari ilmu, tapi kamu juga bisa menyikapi segala hal dengan bijak. Ya, kalau kamu mencari ilmu tapi tidak berpikir, tidak merenung, buntulah ilmu itu.

b. Memiliki waktu senggang
Nah, kalau kamu kuliah, kamu pasti punya waktu senggang. Ya, walaupun sedikit. Waktu ini bisa kamu gunakan untuk jualan online, menjadi konten kreator, atau menulis di blog kayak saya ini, saya pun kuliah.

Selain itu, kawan-kawan juga banyak yang kuliah sambil jualan, ada yang menjual buku, baju, dan makanan. Ini bisa kalian gunakan bagi yang mau tetap kuliah, namun tetap bisa jualan.

c. Mampu belajar lebih fokus
Nah, kalau ini biasanya untuk kamu yang ingin kuliah saja, belajar saja, tanpa melakukan hal lain yang dapat menghasilkan uang.

Salah satu kelebihan ini, biasanya digunakan sebaik mungkin untuk mereka yang jenius dan serius. Karena orang yang serius, menggunakan kelebihan ini untuk mengejar prestasi. Bukan serta-merta buang-buang waktu, apalagi uang.

Jadi, kalau kamu kuliah, belajarlah yang fokus, dan jangan lupa gunakan sedikit waktu untuk berimajinasi.

d. Berekspresi dalam organisasi
Mahasiswa kelas reguler, alangkah sia-sia apabila tidak mengikuti salah satu organisasi yang ada di kampus. Terlebih jika kamu punya kelebihan, kemampuan, tapi tidak kamu ekspresikan dalam organisasi.

Nah, kalau kamu nanti masuk kelas reguler di kuliah, ikutilah organisasi yang ada. Karena itu sangat penting, awal mula seorang yang sukses, banyak berawal dari keaktifannya di organisasi.

Organisasi di dalam kampus, maupun di luar kampus. Kalau saya, lebih suka organisasi di luar kampus, karena waktu saya sedikit di kampus.

2. Kelemahan Kuliah

a. Disibuki dengan tugas
Dalam kuliah, kamu pasti menemukan sesekali atau sering tugas yang menumpuk. Bukan hanya satu mata kuliah, tapi hampir menyeluruh.

Kalau sudah seperti ini, mahasiswa mulai merasakan jenuh. Apalagi kalau tugas-tugas di antaranya perlu mengeluarkan uang. Wah...

Kalau masalah biaya, saya akan bahas dalam opini selanjutnya.

b. Banyak pengeluaran
Banyaknya pengeluaran, bukan karena kita boros. Tetapi memang ada beberapa yang harus kita penuhi. Seperti tugas kuliah yang terkadang memerlukan biaya untuk menyelesaikannya.

Misal, membuat makalah. Membuat makalah selain memerlukan waktu, juga memerlukan uang untuk biaya print.

Kalau ini masih bisa diatasi. Tetapi kalau tugasnya yang aneh-aneh, kadang itu yang sulit diatasi.

c. Bermasalah dengan waktu
Di bagian atas, sudah saya tulis mengenai kelebihan waktu. Sekarang saya bahas mengenai kekurangannya.

Dalam proses belajar di kampus, pasti terkadang ada masalah terhadap jadwal mata kuliah yang suka dimaju-mundurkan. Hal ini suka membuat jengkel mahasiswa.

Selain itu, dalam masalah waktu, ada juga kuliah sampai malam. Sesekali, atau beberapa kali, ini pasti terjadi. Dan akibatnya, membuat mahasiswa jenuh dan kelelahan di keesokan harinya.

d. Bermasalah dengan nilai
Masalah nilai, beberapa mahasiswa pasti punya pengalaman buruk dari nilai akibat mata kuliah yang terbengkalai. Atau mungkin karena rumit mata kuliahnya. Sudah begitu, tidak ada remedial pula.

Masalah nilai ini, biasanya menimpa mahasiswa yang malas. Tapi, kamu jangan putus asa. Kalau tidak lulus, masih ada semester depan.

Baca juga: 6 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

B. Kerja
Bekerja bukan karena kita tidak punya uang, tapi justru karena ingin hidup pribadi yang unggul. Unggul itu seperti apa? Bisa lebih dari yang lain.

Di saat teman-temanmu masih meminta uang saku dengan orangtua, kamu sudah bisa menghasilkan uang sendiri.

Nah, sebelum kamu memutuskan ingin kerja, dan menunda kuliah, kamu harus paham kelebihan dan kelemahannya.

sumber foto: pixabay.com

1. Kelebihan Kerja

a. Pendapatan
Salah satu kelebihan kerja adalah memiliki pendapatan pribadi. Hal ini merupakan keberhasilan dari pencapaian diri sendiri.

b. Kebutuhan
Setelah memiliki pendapatan sendiri, kebutuhan pribadi pun terpenuhi. Sehingga, gaya hidupmu akan lebih mapan.

c. Fokus
Selain itu, karena tidak kuliah, kamu bisa fokus terhadap pekerjaan, dan tidak ada halangan dari luar.

2. Kelemahan Kerja

a. Mudah puas
Pendapatan yang cukup membuat kita merasa puas, hal ini karena sebagai manusia, memang terkadang memiliki sifat yang mudah puas.

b. Kurangnya waktu
Ketika telah bekerja, kamu kurang meluangkan waktu untuk menjadi kreatif. Hal ini terjadi karena sebagian waktumu telah digunakan untuk bekerja.

c. Terikat oleh peraturan
Kalau kamu kerja, pastinya nanti akan terikat dengan peraturan. Apabila ingin agar langgeng kerjanya, maka patuhilah peraturannya.

C. Analisis
Kamu perlu melakukan analisis sendiri, mengenai biaya kuliah, serta waktu. Sebagian orang, tidak melakukan analisis terlebih dahulu, itu yang menyebabkan seseorang tidak konsisten.

1. Analisi Biaya
Ketika hendak kuliah, kamu harus mengkalkulasikan biaya sendiri. Apakah biaya cukup untuk kuliah atau kurang.

Lakukanlah analisis biaya, supaya kamu tidak keteteran nantinya.

2. Analisis Waktu
Dan ketika hendak kuliah, kamu harus melakukan analisis waktu. Sebab ketika telah bekerja atau kuliah, waktumu akan berkurang.

Hal ini berkaitan dengan biaya, apakah biaya cukup atau kurang. Apakah waktu untuk kuliah cukup atau kurang.

Biasanya, seseorang yang memiliki usaha pribadi seperti pedagang, pengusaha, perlu melakukan analisis waktu, agar usahanya pun tidak terbengkalai.

D. Kesimpulan Peluang Pribadi
Setelah melakukan analisis, kamu buat kesimpulan.

Bagaimana caranya?

Catat semua yang ada dalam dirimu, dari niat awal, perjuangan, sampai analisis. Lalu kamu pikirkan mana yang lebih tepat.

Itulah cara-cara yang harus kamu lakukan sebelum menentukan mau pilih kuliah atau kerja dahulu.

Sekian...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel