Peluang Kerja Mahasiswa Sambil Kuliah dengan Penghasilan yang Menjanjikan

Balerumah.com - Mahasiswa, baik sudah lulus maupun belum, mestinya sudah memiliki penghasilan pribadi.

Penghasilan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, bertahan, dan berkembang.

Terdapat banyak yang bisa dilakukan sebenarnya. Di sini, Bale Rumah merangkumnya menjadi 6 profesi dengan hasil yang menjanjikan.

Via: pixabay.com
1. Guru Les
Bagi anda yang mungkin bisa mengajar, walaupun tak ahli, yang penting paham akan materi sekolah yang pernah diajarkan dahulu.

Sebagai lulusan sarjana, pasti bisalah anda mengajari anak sekolah yang membutuhkan ilmu pengetahuan, karena tentunya anda telah paham materi mereka hanya dengan sekali membaca.

Menjadi guru les tidak serta merta mengajari hal baru, tapi juga membantu siswa agar bisa memahami materi yang telah diajarkan sebelumnya di sekolah.

Dan anda perlu ketahui, jika terdapat dua puluh siswa saja dalam sebuah les, anda sudah bisa jajan dengan uang sendiri.

Misalnya, 20 orang dikalikan biaya perbulan, anggaplah 50 ribu tiap perbulannya. Maka anda sudah mendapatkan satu juta tiap bulannya.

Itu belum seberapa, belum lagi jika nanti teman teman mereka juga ikutan daftar les. Kadang memang seperti itu, jika ada teman yang ikut les dan orang tuanya tahu, biasanya juga ikut ikutan les.

Tetapi, anda perlu kalkulasikan mengenai biaya sewa rumah apabila anda bukan membuka les di rumah. Dan saran saya, lebih baik buka les kecil-kecilan dulu di rumah, itu lebih meringankan anda dalam pengeluaran biaya.

Via: pixabay.com 
2. Penulis
Selain menjadi guru les, anda juga bisa menjadi seorang penulis. Menjadi penulis ini bukan asal - asalan, anda harus punya skil dan hobi dalam menulis.

Sebab jika anda ingin jadi penulis tapi anda belum hobi dengan kegiatan tersebut, maka tidak menutup kemungkinan usaha yang dilakukan akan mudah bosan.

Selain itu, menulis juga wajib punya skill dan kompeten di bidangnya. Meskipun tidak mahir, sekurangnya anda hobi dalam menulis sehingga seiring berjalannya waktu anda akan kompeten di bidang kepenulisan. Seperti saya ini.

Menjadi penulis, kita bisa memulainya dari mana saja. Bisa dimulai dengan membuat blog, atau bergabung dengan media lain seperti UC, BABE, dan masih banyak lainnya.

Atau, anda juga bisa menawarkan jasa menulis kepada teman yang ingin menyelesaikan skripsi. Sembari belajar, sembari menulis agar nantinya ketika membuat skripsi, anda telah paham apa saja yang harus ditulis.

Keinginan untuk menjadi seorang penulis, anda pun harus yakin dengan kemampuan sendiri, sehingga apabila potensimu bagus, akan ada banyak orang yang ingin berlangganan dengan anda.

Via: pixabay.com
3. Musisi
Musisi adalah seseorang yang berkarya menciptakan, menyanyikan, dan memainkan musik dengan tujuan menghibur orang lain.

Banyak mahasiswa yang menjadi musisi walaupun tidak sejalan dengan jurusan kuliah yang mereka tempuh. Seperti Ikhsan Sekuter, Jason Ranti, dan lain -lainnya.

Atau mau seperti Payung Teduh? yang personilnya merupakan kawan satu kampus.

Jika anda memiliki suara yang bagus, atau bisa bermain musik, ajaklah temanmu agar saling melengkapi, dan buatlah sebuah band.

Menjadi musisi, bisa dimulai dari panggung kecil, seperti bernyanyi di kafe, restoran, warung kopi.

Maka pikirkan lagi jika anda ingin memulainya.

Via: pixabay.com
4. Konten Kreator
Konten kreator merupakan profesi freelance yang menggunakan ide kreatif untuk membuat konten.

Bagi anda yang aktif di internet, ada baiknya menjadi konten kreator, agar kuotamu tidak habis sia - sia.

Sebelum menjadi konten kreator, anda pastikan mempunyai hobi atau kebiasaan yang banyak dilakukan orang.

Anda suka main game?

Nah, jika iya, anda bisa membuat vidio untuk dipublikasikan di Youtube.

Buatlah tutorial, atau strategi permainan yang belum pernah digunakan. Buat chanel anda sebagai solusi bagi para gamers pemula.

Via: pixabay.com
5. Ojek Online
Belakangan ini sedang ramainya ojek online di Indonesia. Hal ini membuat mahasiswa dan para pekerja yang mencari uang tambahan bergerak semakin cepat.

Karena, selain mengejar jam, mereka juga ingin pendapatannya besar.

Ojek online telah memiliki banyak jasa, selain hanya membawa penumpang, bisa juga membawa barang, dan bahkan menitip pesanan makanan.

Jika anda berminat dengan profesi yang satu ini, anda pastikan mempunyai kendaraan, serta surat - surat kelengkapan yang dibutuhkan pengendara.

Hal ini sebagai syarat menjadi pekerja ojek online. Selain itu, pastikan kesiapan mental atas resiko, sebab anda akan bekerja sebagai ojek online di jalanan.

Via: pixabay.com
6. Admin
Kalau yang satu ini, mungkin anda tahu. Luasnya fungsi sosial media membuat kita bisa mencari penghasilan di mana saja.

Jasa admin yang digunakan ini adalah jualan di instagram. Banyak akun jualan yang pengikutnya sudah banyak, tetapi si pemilik akun sibuk mengurus penjualan.

Nah, anda tentu bisa menawarkan jasa admin kepadaya. Sebagai admin, tugas anda hayalah memposting dan komentar di akun hits lain.

Berapa penghasilan yang didapat?

Tergantung kesepakatan antara anda dan pemilik akun. Biasanya, sekitar 300 ribu sampai 500 ribu.

Itu kalau megang 1 akun. Dan anda bisa manawarkan jasa admin kepada akun instagram lain, sehingga pendapatanmu mampu bertambah.

Itu saja penjelasan ringkas dari Bale Rumah, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel