Mengapa Siswa Memilih Bimbingan Belajar Online? Inilah Alasannya!

Balerumah.com - Bimbingan belajar online kini telah banyak peminatnya. Seiring berkembangnya media dan alat - alat teknologi, tentu membuat kita mudah untuk mengatasi kesulitan.

Kesulitan dalam belajar, kini kita telah bisa mengatasinya hanya dengan bermodal smartphone dan kuota internet. Hal tersebut memungkinkan siswa untuk tidak selalu belajar dalam ruang kelas, bisa juga di luar namun menggunakan media online.

Via: pixabay.com
Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk bimbel online, salah satu darinya yang paling dikenal masyarakat adalah Ruang Guru.

Walaupun demikian, sebaik-baiknya belajar adalah dengan bertatap muka langsung antara murid dan siswa. Hal tersebut dapat dikatakan karena murid akan banyak mengingat materi dari indera miliknya, seperti pendengaran.

Selain itu, belajar langsung juga dapat mempengaruhi psikis seorang murid dan meningkatkan kualitas mental.

Pertanyaannya, mengapa kini makin banyak siswa yang mengikuti bimbel online, sedangkan belajar langsung lebih berkualitas.

Apakah kualitas itu sendiri sudah mulai hilang?

Tidak juga. Ada beberapa alasan mendasar yang menguatkan mengapa demikian. Untuk itu, simak di bawah ini.

1. Banyak Fitur
Keunikan bimbel online adalah, kita bisa melihat dan menikmati fitur yang tersedia di dalamnya. Seperti misalnya foto, vidio, audio. Mungkin, dengan adanya fitur tersebut dapat memudahkan siswa untuk memahami materi, sehingga siswa berniat untuk bimbel online.

Selain itu, ada juga fitur lain seperti ujian. Fitur ini digunakan untuk menguji kemampuan sejauh mana siswa memahami pelajaran.

2. Terdapat Bank Soal
Biasanya, aplikasi bimbel online menyimpan soal - soal ujian nasional tahun lalu. Referensi tersebut sangat berguna bagi kelas semester akhir di sekolah. Hal ini berguna untuk mengetahui tipe soal apa yang akan muncul lagi.

Selain itu, bank soal juga mengeluarkan prediksi soal seperti apa yang akan muncul tahun ini. Sehingga, siswa jadi berambisi untuk belajar online di rumah.

Via: pixabay.com
3. Biaya Cukup Terjangkau
Dengan mengikuti bimbel online kita hanya cukup menggunakan sebuah aplikasi pembelajaran online, entah berbayar atau tidak, tapi itu lebih terjangkau dan tidak memakan banyak ongkos.

Anda hanya membutuhkan kuota internet dan kondisi fisik yang memungkinkan untuk belajar. Tak perlu ongkos pulang pergi seperti bagaimana les privat di tempat umum.

Selain itu, dalam menggunakan aplikasi, tidak terlalu banyak data yang dikeluarkan. Sama saja seperti menggunakan aplikasi game.

Maka dari itu, banyak orangtua yang memperbolehkan anaknya mengikuti bimbel online karena dirasa biaya cukup terjangkau.

4.Mengikuti Perkembangan Zaman
Kemajuan teknologi dan pesatnya persaingan di zaman modern ini, membuat hal yang rumit menjadi mudah.

Apalagi dalam mengatasi pembelajaran, kita bisa lihat di internet beberapa banyak media pembelajaran berbasis internet, tentu sudah bukan sesuatu asing lagi.

Daripada gadget menganggur atau bahkan hanya digunakan untuk bermain - main dan aktif di sosial media yang tak ada habisnya, yang justru hanya membuat kecanduan dalam bermain gadget. Lebih baik dimanfaatkan untuk mencari pengetahuan.

Di zaman modern ini, hal rumit telah dibuat menjadi praktis. Itulah sebabnya peran internet salah satunya berguna sebagai media bekajar.

Selain itu, anda tidak hanya dapat mencari pengetahuan, namun juga mencari pekerjaan seperti menjadi guru bimbel online. Maka dari itu, mengikuti perkembangan zaman harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Via: pixabay.com
5. Lebih Efektif
Melalui bimbingan belajar online memang lebih efektif, alasannya adalah karena siswa bisa mengulang materi yang ia dapatkan.

Tak seperti pada bimbingan belajar umum, di sini siswa dapat mengulang materi dan memahaminya perlahan - lahan sampai bisa.

Selain itu, siswa juga bisa belajar kapan saja tanpa tergantung dengan sesuatu seperti bayaran perbulan.  Yang membuat pikiran tergantung dan tidak fokus.

Oleh karenanya, bimbel online kini dianjurkan oleh sebagian orang supaya masalah siswa dalam memahami pembelajaran dapat diatasi.

6. Lebih Praktis
Melalui bimbingan belajar online tentu lebih praktis daripada oflfine. Siswa menjadi lebih mudah dalam mengakses materi sebagaimana file, vidio, dan aplikasi.

Selain itu, siswa juga bisa mengaksesnya di mana saja, smartphone, PC maupun laptop. Hal tersebut lebih praktis daripada pulang pergi les privat yang juga mengeluarkan ongkos.

7. Lebih Efisien
Melalui bimbingan belajar online juga lebih efisien daripada les privat. Siswa dapat menyesuaikan waktu dan tempat melalukan pembelajaran tanpa membuang banyak waktu, biaya dan tenaga.

Selain itu, bimbingan belajar online mampu membuat siswa menjalankan tugasnya dengan cepat dan cermat.

Hal tersebut karena bimbel bisa dilakukan di rumah ketika siswa dalam keadaan tenang tanpa gangguan dari luar. Maka dari itu, bimbingan belajar online memang sangat efisien bagi siswa.

Baca juga: Inilah Kekurangan dan Kelebihan yang Sering Dirasakan Siswa Ketika Belajar Online di Rumah

Demikianlah uraian dari Bale Rumah, semoga bermanfaat. Belajarlah untuk ilmu pengetahuan  dan masa depan, tanpa memikirkan pekerjaan yang nanti akan didapatkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel