Atasi Kecanduan Bermain Game Gadget Pada Pelajar Hanya dalam Waktu Seminggu

Balerumah.com - Teknologi sudah tidak asing lagi bagi kita. Banyak yang sudah menggunakannya, terutama gadget. Tidak hanya di kalangan remaja, bahkan anak - anak dan orangtua pun turut menggunakan.

Via: pixabay.com
Keseringan bermain game pada gadget membuat semua orang lupa dengan waktu. Kita juga sering melupakan kegiatan penting dalam hidup akibat bermain gadget berlebihan.

Seperti misalnya bersosialisasi, terkadang kita lupa menegur sapa teman, sahabat, bahkan saudara. Oleh karena itu, di Sini Bale Rumah akan memberikan cara untuk mengatasi kecanduan bermain game.

1. Jangan Hapus Aplikasi Dulu! 
Usahakan jangan terlalu terburu untuk menghapus aplikasi. Karena dengan cara seperti itu, bisa membuat mental anda terganggu.

Harus ada langkah agar kita terbiasa dengan keadaan, sebelum kita menghapus kegiatan rutin, apalagi kecanduan berat.

Anda mesti perlahan meninggalkan bermain game. Tetapi sebelum itu, yang paling penting adalah niat. Ketika sudah niat untuk berhenti, maka tanamkan itu dalam diri anda.

2. Kenali Faktor yang Membuat Kecanduan 
Banyak faktor mengapa seseorang bisa kecanduan terhadap sesuatu, terutama game. Jumlah kecanduan game kini lebih tinggi ketimbang jumlah kecanduan narkoba. Hal itu bisa kita lihat di sekitar kita.

Apa sih sebenarnya yang membuat kecanduan?

Padahal, bermain game itu gak menghasilkan uang. Menghasilkan sih, bagi sebagian orang.  Tetapi mayoritas justru malah menghasilkan keburukan. Tugas tidak dikerjakan, lupa dengan teman, dan lupa berkarya.

Faktor - faktor kecanduan bisa anda rasakan sendiri, apakah karena game anda jadi lebih senang atau merasa lebih bangga. Kenalilah faktornya, kemudian cari solusinya!
Via: pixabay.com
3. Kurangi Waktu
Ini memang poin ketiga, namun termasuk  langkah pertama untuk bertindak. Tindakan pertama yang harus anda lakukan adalah mengurangi waktu bermain game.

Langkah pertama yang cukup sulit...

Anda bisa mengurangi waktu dengan menempatkan game sebagai solusi kejenuhan, untuk langkah permulaan.

Jangan main game sebelum jenuh, lakukanlah kegiatan lain yang berguna. Jika nanti sudah bosan, barulah bermain game.

4. Harus Ada Syarat
Kemudian, buatkan syarat sebelum bermain game, seperti misalnya harus menuntaskan terlebih dahulu tugas di rumah.

Hal itu mampu memicu anda agar lebih rajin melakukan sesuatu. Tapi, atur juga waktu bermainnya. Jangan terlalu lama, karena akan membuat anda malas mengerjakan sesuatu.

Selain itu, syarat tersebut juga dibuat berdasarkan apa yang mestinya anda kerjakan, agar senantiasa terbiasa melakukannya.

Baca juga: Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar yang Menghunjam

5. Hindari Game Viral
Game viral membuat orang kecanduan, karena biasanya ketika memilih game tersebut, mereka berlomba - lomba supaya lebih handal dari temannya.

Ambisi seperti itu yang sering sekali kita temui, dan yang paling besar berpotensi untuk kecanduan.

Maka dari itu, saya sarankan anda untuk menghindari game viral dan gantilah dengan game yang lebih asik dimainkan dan tidak menyita banyak waktu.

6. Lakukan Kegiatan Lain
Banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Lihat sekeliling anda dan carilah apa yang sekiranya bisa dikerjakan.

Hewan peliharaan salah satu kesayangan yang bisa membuat kita hilang stres. Hal itu tentu dapat mengalihkan kesibukan.

Anda bisa mengurusnya dengan penuh perhatian dan kasih sayang, dengan begitu perlahan bisa melepas gadget dan hanya jika berkepentingan saja.
Via: pixabay.com
7. Lakukan Hobi dengan Berkarya
Selain mengurus hewan peliharaan, pasti anda juga memiliki hobi atau kesukaan yang dijalani untuk berkarya, tetapi asal jangan pemainan.

Lihat ke dalam diri anda, apa yang bisa dilakukan. Apakah menulis, melukis, bermain musik, atau bahkan berbisnis.

Cari satu kebiasaan yang bisa anda jalani, dan lakukan sampai menjadi kebiasaan.  Dengan begitu, waktu bermain permainan akan teralihkan.

8. Lepas Gadget, Bermain dengan Teman
Orang yang kecanduan game cenderung akan lebih suka bermain sendiri, atau jika bermain bersama teman, ia mengabaikan temannya dan fokus ke game.

Hal seperti ini tentu tidak enak dipandang, seperti seolah terjadi kerusakan mental untuk bersosialisasi.

Maka dari itu, saran saya lepaslah gadget dan bermain dengan teman, bercerita tentang kehidupan lebih seru ketimbang menatap layar.

9. Barulah Hapus Aplikasi
Setelah anda terbiasa melepas game, barulah anda hapus aplikasi. Sebab kalau masih ada aplikasi di layar, suatu saat pasti berkeinginan untuk memainkannya lagi.

Jika belum sanggup menghapusnya, pikirkan lebih matang lagi untuk apa anda menyimpan aplikasi tersebut sedangkan sudah tidak diperlukan lagi.

Hanya memenuhi penyimpanan saja dan membikin ponsel lambat pergerakan. Dan anda harus berani menghapusnya demi kebaikan.

10. Mulai Baca Buku
Awal membaca buku, bacalah buku fiksi seperti novel, cerpen, puisi. Atau jika ingin non-fiksi, bacalah sejarah.

Anda tinggal di negara kaya akan sejarah, amatlah percuma jika anda tidak mengetahuinya sedikit pun.

Membaca buku memang tidak menghasilkan uang, tapi orang beruang tanpa ilmu sama saja bodoh. Maka dari itu, bacalah buku untuk mencari ilmu, memahami sesuatu, dengan begitu anda akan menjadi orang yang sukses mengatasi kecanduan bermain game.

Baca juga: Bingung Mau Baca Buku Apa? Inilah Cara Memilih Buku Untuk Pemula  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel