Cara Menggunakan Aplikasi Skype untuk Belajar dan Diskusi Online

Balerumah.com - Aplikasi Skype dapat digunakan sebagai media pembelajaran online yang bisa kita akses kapan saja memalui jaringan internet.

Media ini sering digunakan di kalangan kuliah, baik mahasiswa maupun dosen. Alasannya, karena mudahnya mengakses dan mendapatkannya.
Kita bisa men- Download aplikasi ini di mana saja, baik di smartphone, maupun laptop. Terkait dengan kemudahan itu, banyak juga yang memakainya sebagai media diskusi jarak jauh. Aplikasi ini memang sangat membantu.

Skype merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat panggilan ke pengguna lainnya, serta menerima panggilan vidio dan chat.

Selain itu, kita juga bisa terhubung dengan puluhan orang dalam satu panggilan vidio. Itu artinya, sama saja seperti ruang kelas. Hanya saja dalam bentuk online.

Di sini, kita bisa melihat wajah teman kita sekelas, berbicara, dan mendengarkan dosen seperti layaknya di ruang kelas. Maka dari itu, jika anda sebagai dosen, saya sarankan anda menggunakan aplikasi Skype

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Belajar Online (E-Learning) Gratis untuk Siswa dan Mahasiswa

Fitur
Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang bisa kita manfaatkan. Antara lain:

1. Panggilan
Fitur ini bisa anda gunakan untuk memanggil orang yang ada di kontak anda, dan juga panggilan masal yang berlangsung di grup.

Anda juga bisa melihat riwayat panggilan yang sebelumnya anda lakukan kepada orang lain.

2. Obrolan
Fitur ini terbagi menjadi dua, yaitu: obrolan baru, dan obrolan grup baru. Dalam obrolan baru, anda dapat mengirim pesan secara pribadi kepada orang di kontak anda.

Sedangkan obrolan grup baru, anda akan diarahkan untuk memilih siapa saja yang akan dijadikan anggota grup.

3. Berbagi
Melalui fitur ini, anda bisa membagikan sesuatu dari akun anda berupa file, foto, vidio, bahkan lokasi.

Keuntungan dari fitur ini adalah memudahkan setiap pengguna untuk mengirim berkas agar diskusi berjalan dengan baik.

4. Skype to facebook
Fitur untuk menghubungkan akun skype anda dengan facebook.

Kelebihan  
1. Ekonomis
Anda bisa menggunakan Skype secara gratis. Hanya dengan bermodal kuota internet, anda sudah bisa mengakses secara keseluruhan.

Selain itu, aplikasi ini juga hemat kuota. Tidak seperti aplikasi lain yang terlalu cepat menghabiskan kuota internet.

2. Berkualitas
Suara dan vidio yang dihasilkan dari komunikasi sesama sangat jernih dan jelas. Itulah sebabnya banyak dosen memakai aplikasi ini.

Selain itu, fitur di dalamnya pun lengkap. Disertai dengan berbagai bantuan alat komunikasi seperti pesan dan panggilan.

3. Mudah digunakan
Tentu saja, kemudahan penggunaan membuat banyak orang tertarik memilih aplikasi ini sebagai solusi bersama.

Selain daripada itu, kita bisa menginstalnya di smartphone dan laptop. Maka tak jarang media ink direkomendasikan.

Kekurangan 
1. Tidak bisa keluar
Ketika anda sedang menjalankan aplikasi Skype, khususnya di smartphone, anda tidak bisa keluar. Karena jika anda keluar, tidak ada tab untuk kembali ke layar sebelumnya.

Kecuali jika anda sedang melakukan panggilan. Anda bisa membuka aplikasi lain dengan tanpa keluar dari panggilan.

2. Koneksi
Dibutuhkan koneksi yang cepat untuk mendapatkan hasil vidio yang maksimal. Maksudnya, jaringan atau sinyal di smartphone anda harus memadai.

Selain itu, apabila sinyal anda lambat, akan memakan waktu lama demi menjalankan Skype. Maka dari itu, sebelum membuka aplikasi, pastikan koneksi anda lancar.

3. Penipuan
Hal ini disebabkan karena registrasi pada aplikasi dilakukan tanpa menyerahkan identitas asli. Akibatnya, orang menjadi mudah menipu karena memakai identitas palsu.

Cara Download 
Sama saja seperti biasanya, anda bisa mencari Skype di Google Playstore. Atau, anda juga bisa berbagi dengan teman yang telah memilikinya.

Tentu saja, anda bisa menginstalnya di mana saja. Jika anda mempunyai laptop, anda bisa cari di internet. Di sini, saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara menggunakan aplikasi Skype untuk belajar dan diskusi online.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meetings Sebagai Media Belajar Online

Cara Menggunakan 
Tanpa menunggu lama, simak di bawah ini!

1. Pertama, buka aplikasi dengan cara klik. Kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini. Jika anda belum mempunyai akun, silahkan buat akun. Setelah itu, ikuti saja petunjuknya dan isi data yang diminta.
Saran saya, isi menggunakan nomor telepon, supaya memudahkan anda dalam mengisi kode yang nanti diberikan. Karena nanti nontifikasi akan muncul di atas layar.

2. Kedua, anda bisa lihat fitur di bagian bawah, ada obrolan, panggilan, dan kontak. Jika anda belum memiliki obrolan grup, silahkan minta link kepada teman anda agar bisa masuk ke grup.

Anda bisa lihat no 5 jika teman anda tidak tahu cara berbagi grup.
3. Ketiga, edit dulu nama dan profil anda jika perlu. Supaya identitas anda dikenali oleh grup.
4. Keempat, masuk ke grup sebelum melakukan panggilan vidio bersama. Di sana, anda bisa menekan tombol panggilan berwarna hijau apabila panggilan sedang berlangsung. (Mohon maaf, di bawah ini gambar panggilan yang sudah berakhir.)
5. Bila anda ingin mebagikan grup agar teman anda bisa masuk, anda bisa pilih bagikan seperti yang saya garis merah di bawah ini. Setelah itu lihat no 6.
6. Anda bisa pilih ingin share ke mana teman anda berkumpul pada sosial media.

Demikianlah informasi dari Bale Rumah, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke grup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel