5 Alasan Beralih Kepada Payroll System Indonesia

Balerumah.com – Penggajian bulanan payroll adalah rutinitas yang dilakukan oleh perusahaan sebagai apresiasi kepada karyawan. Namun, proses payroll secara manual memakan waktu yang cukup lama sehingga membuat perusahaan dan staf HR (Human Resource) kewalahan dibuatnya. Terlebih lagi jika jumlah karyawan dalam perusahaan tersebut tergolong banyak. Oleh karena itu, banyak perusahaan mulai beralih kepada Payroll System Indonesia.

Via: Pixabay
Apa itu Payroll System Indonesia?
Payroll System Indonesia adalah suatu sistem payroll yang terintegrasi dan otomatisasi mengolah dan menghitung gaji bulanan yang perusahaan berikan untuk karyawan, Dengan begitu, gaji pun lebih cepat diterima karyawan. Dari sisi HR, proses penggajian juga dilakukan jauh lebih cepat.

Alasan Beralih ke Payroll System Indonesia
Banyak perusahaan mulai beralih kepada Payroll System Indonesia karena beberapa hal, salah satunya adalah untuk mempercepat proses penggajian. Namun, terdapat alasan lain yang mendasarinya, antara lain:

1. Menghindari Kesalahan
Proses payroll rawan kesalahan oleh manusia saat dilakukan secara manual. Kesalahan perhitungan gaji akan menyebabkan kekecewaan dari karyawan yang membawa kehilangan kepercayaan atas perusahaan itu sendiri.  Otomatisasi pada software payroll  akan menghindari perhitungan dan pengolahan gaji karyawan. Gaji bulanan karyawan pun terhitung secara akurat.

2. Menghemat waktu
Perhitungan dan pengolahan melibatkan berbagai macam komponen dari data karyawan, seperti besar gaji yang berbeda tiap jabatan, iuran BPJS kesehatan potongan pajak, absensi, dan sebagainya. Sinkronisasi  semua komponen tersebut akan berlangsung sangat lama dan melelahkan jika dilakukan secara manual. Dengan software payroll, tim HRD akan cepat untuk menginstansiasi komponen tersebut dengan saling terkait satu sama lain, sehingga perhitungan dan pengelolaan pun berjalan lebih cepat.

3. Menyimpan Data Karyawan Lebih Rapi
Software payroll memungkinkan organisasi kegiatan dan penyimpanan data lebih efisien. Penyimpanan atau karyawan file data secara manual rentan akan resiko kerusakan dan kesalahan. Data pada karyawan meliputi gaji, sertifikat atau karyawan nomor, alamat, riwayat penyakit, dan lain-lain. Kehadiran software payroll memungkinkan perusahaan untuk menyimpan semua data digital menggunakan server. Aplikasi software payroll perusahaan juga lebih ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan kertas (paperless).

4. Keamanan Data 
Seperti yang diketahui, data dan elemen dari gaji karyawan adalah hal yang bersifat rahasia. Sering kali terjadi manipulasi data gaji karyawan oleh orang yang tak bertanggung jawab atau peretasan dari pihak luar perusahaan. Payroll System Indonesia menyimpan semua data karyawan dalam server cloud sehingga lebih terjamin keamanannya. Data-data yang tersimpan akan diproteksi dengan keamanan berlapis yang dirancang oleh rangkaian kode sistematis. Akses untuk data karyawan hanya dibatasi untuk orang-orang tertentu yang memiliki kepentingan.

5. Meningkatkan Fokus HRD
Tim HRD akan sangat terfasilitasi oleh kehadiran software payroll. Hal ini karena semua tugas-tugas administrasi yang menyita waktu lama dan rawan kesalahan manusia. Software Payroll akan meningkatkan kinerja perusahaan secara otomatis karena tidak perlu repot mengurusi kekeliruan yang dihasilkan perhitungan payroll manual. Staf HRD akhirnya memiliki banyak waktu untuk lebih fokus pada pengembangan kinerja karyawan.

Baca juga: Sebelum Terjun Dunia Kerja, Penting Bagi Anda Menyiapkan Ini! 

Itulah alasan mengapa perusahaan mulai beralih kepada Payroll System Indonesia. Apakah perusahaan Anda tertarik? LinovHR adalah penyedia Payroll System Indonesia dengan layanan terbaik dengan sistem yang terintegrasi serta fitur yang lengkap. Segera kontak LinovHR dan konsultasikan masalah payroll perusahaan Anda bersama kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel