Inilah 6 Pekerjaan Ringan yang Cocok untuk Introvert

Balerumah.com – Tidak semua orang dengan karakter pendiam cocok dengan pekerjaan yang sedang ia jalani. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, salah satu faktor internalnya adalah karakter diri anda sendiri. Mungkin, banyak yang tidak menyadari, bahwa itulah yang menyebabkan seseorang sering berpindah-pindah tempat kerja.
Via: Pixabay
Nah, jadi, apa sih introvert itu?

Introvert adalah orang yang tertutup, orang seperti ini biasanya lebih cenderung pendiam dan tidak mudah bergaul. Introvert bukan berarti orang lemah, ia punya cara sendiri untuk menyikapi suatu hal dengan baik. Satu hal yang membuat introvert terlihat lemah, yaitu sulit untuk berinteraksi dengan orang lain.

Selain itu, introvert juga asing terhadap keamaian. Ia lebih suka menyendiri dan jauh dari kerumunan. Maka dari itu, ada beberapa pekerjaan ringan yang sekiranya cocok untuk introvert. Apa saja itu? Simak di bawah ini dan pastikan anda membacanya sampai selesai.

1. Penulis
Penulis yaitu orang yang pekerjaannya menulis sesuatu, entah itu buah pikirnya atau bahkan juru tulis. Mengapa harus penulis? Karena penulis pastinya jauh dari kerumunan, dari kebisingan dan tatap muka secara langsung. Introvert pasti senang jika sudah dapat pekerjaan yang nyaman baginya. apalagi ditambah dengan penghasilan yang cukup menjanjikan.

Selain itu, penulis juga termasuk pekerjaan ringan yang cukup disegani. Karena tidak semua orang mampu membuat tulisan, apalagi menulis dengan jumlah yang cukup banyak. Bahkan tak jarang kita melihat orang membayar juru tulis untuk menyelesaikan tugasnya, seperti laporan, makalah dan skripsi.

Maka jangan takut menjadi introvert, semua orang memiliki kelebihan yang bisa dilakukan.

2. Editor dan Desainer
Editor adalah seseorang yang melakukan penyuntingan atau perubahan pada suatu gambar, foto, vidio, berita, dan lain-lain. Sedangkan desainer adalah orang yang membuat ilustrasi, tipografi, fotografi dan animasi. Atau lebih sederhananya disebut perancangan grafis.

Kedua profesi ini tentu tidak bertatap muka secara langsung dengan konsumen. Mereka bekerja di dalam ruangan untuk melakukan pekerjaannya agar bisa fokus terhadap yang mereka kerjakan.

Setiap perusahaan pasti memiliki kedua ini, atau paling tidak salah satu di antaranya. Karena kedua profesi ini tidak bisa dijalankan oleh sembarang orang, harus dengan orang yang tepat supaya hasilnya bagus dan memuaskan.

3. Librarian/Pustakawan
Pustakawan adalah orang yang bekerja di perpustakaan. Kegiatannya macam-macam, mulai dari menyusun buku pada raknya, sampai mengelola peminjaman buku.

Seorang penjanga perpustakaan bekerja di dalam ruangan. Biasanya, seorang introvert lebih suka suasana perpustakaan. Selain jauh dari kerumunan, buku juga bisa menjadi teman yang setia. Maka dari itu, saya rasa pustakawan lebih cocok dijaga oleh orang introvert.

4. Fotografer
Fotografer adalah seseorang yang melakukan kegiatan mempotret suatu objek, atau lebih sederhananya adalah juru foto. Profesi ini cocok untuk dilakukan seorang introvert, selain tidak melakukan banyak interaksi, fotografer juga membutuhkan konsentrasi yang tidak menggunakan banyak bicara, sehingga ini cocok untuk introvert.

Dengan berkata seperti ini, bukan berarti fotografer di luar sana adalah seorang introvert semua. Tapi ini hanya menyarankan pekerjan apa yang cocok. Karena tidak semua pekrjaan cocok meskipun nyaman dengan kita. Oleh karena itu, carilah pekerjaan yang cocok untuk diri anda sendiri.

Baca juga: Perhatikan Langkah Ini untuk Mendapatkan Pekerjaan yang Cocok dan Layak 

5. Social Media Manager
Merupakan seseorang yang dipercaya oleh perusahaan dalam mengelola media sosial. Profesi ini berhak untuk mengambil keputusan dalam menjalankan akun media sosial prusahaan. Orang introvert cocok untuk menerima pekerjaan ini, karena biasanya, orang introvert lebih lancar melakukan percakapan secara tertulis tanpa takut hambatan.

Selain itu, orang introvert juga pandai merangkai kata dalam bahasanya, sehingga terlihat sangat sopan ketika ia mengetik sebuah percakapan.

Baca juga: Sebelum Terjun Dunia Kerja, Anda Harus Siapkan Ini! 

6. Pelukis
Tak lupa dengan yang satui ini, pelukis. Pelukis adalah orang yang membuat lukisan, yang kemudian lukisan tersebut dijual atau bahkan dipajang di ruangan sendiri. Pelukis mengerjakan tuasnya dengan tenang, sendiri, dan mengandalkan imanjinasi.

Sedikit orang yang menjadi pelukis saat ini. Kini orang-orang lebih suka menjadi fotografer dan desainer. Karena selain melukis itu terbilang sulit, lukisan juga kini mulai tergantikan dengan teknologi, sehingga peminatnya jarang.

Demikianlah artikel ini, semoga membantu anda dalam mencari pekerjaan.

Baca juga: 7 Kemampuan untuk Kerja Sampingan Mahasiswa Berpenghasilan Puluhan Juta 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel