Cara Mencari Pekerjaan yang Benar dengan Cepat

Balerumah.com – Banyak orang mengatakan bahwa “mencari kerja itu sangat sulit.” Padahal, ketika ditanya “sudah berapa perusahaan yang kamu lamar?” Jawabannya, pasti rata-rata belum. Nah, itulah yang dinamakan gugur sebelum perang. Kalau kita punya kompetensi, dan tahu di mana harus meletakannya, anda pasti bisa mendapatkan pekerjaan dengan sangat cepat, dijamin.

Via: Pixabay
Tapi, masalahnya, apakah setuju dengan gaji yang sedemikian? Rata-rata anak muda yang baru saja lulus sekolah, mereka ingin bekerja, namun milih-milih jumlah gaji. Ya, itu memang wajar. Tapi kalau adanya hanya itu, ya, ambil saja. Nanti sesambil kerja bisa mencari pekerjaan lain apabila memang pekerjaan itu tidak menarik secara finansial.

Bekerja bukan hanya di sebuah perusahaan besar, di pabrik, di pertambangan, atau tempat lainnya. Di rumah pun, dengan bermodal internet dan laptop anda sudah bisa menjadi pekerja. Namun, tidak semua memiliki selera seperti itu. Maka dari itu, di sini saya akan membas cara mencari pekerjaan bagi anda yang mungkin merasa kesulitan. Simak satu persatu poin di bawah ini.

1. Kenali Kompetensi
Sebelum melamar kerja, pastikan anda tahu dan paham tentang kompetensi yang anda miliki. Karena ini akan berpengaruh besar dengan apa yang akan anda dapatkan nantinya. Bagaimana caranya agar tahu kompetansi? Ada dua pilihan. Pertama, anda bisa mengikuti sesuai dengan jurusan apa yang pernah ditempuh di sekolah. Tapi, ini sudah jarang digunakan. Karena peluang itu datang terkadang tak sesuai dengan kompetansi kita.

Kedua, anda bisa juga mengikuti sesuai dengan fashion anda. Misalnya, anda adalah lulusan farmasi. Tapi fashion anda berada pada teknologi jaringan dan komputer. Tentu, kita bisa juga keluar dari zona nyaman meninggalkan kompetesi kemudian memperdalam fashion. Tidak ada yang salah dalam hal itu, yang terpenting adalah nyaman dan mendapatkan penghsailan. Soal jurusan sekolah yang pernah ditempuh itu, kalau bisa dipelajari lagi, agar setidaknya sekolah anda tidak sia-sia.

Baca juga: Sebelum Terjun Dunia Kerja, Penting Bagi Anda Menyiapkan Ini! 

2. Membuat Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran kerja ini mesti anda miliki sebelum melamar kerja, adapun cara membuatnya bisa anda baca di sini. Hal ini penting, anda perlu siap sebelum melamar kerja. Karena jika suatu saat ada lowongan kerja, sedangkan anda belum memiliki surat lamaran, nanti lowongannya terburu diambil orang. Maka dari itu mesti anda siapkan.

Dalam membuat surat lamaran, setiap perusahaan berbeda ketetuanya. Ada yang minta tulis tangan, ada pula yang minta ketik saja. Nah, anda harus punya dari salah satunya. Saran saya, belih baik menggunakan yang ketik. Karena lebih umum dan mudah jika mengirim via email.

3. Menanyakan Pengalaman Orang Lain
Anda mungkin punya teman, saudara, atau bisa juga menanyakan kepada orangtua. Tanyakan kepadanya seputar pengalaman ia bekerja, seperti misalnya menanyakan forum mana yang banyak membutuhkan lowongan kerja. Karena, orang yang berpengalaman ini sudah paham betul bagaimana mencari pekerjaan.

Selain itu, minta juga saran kepdanya. Kira-kira tempat kerja mana yang sekiranya cocok untuk anda. Melalui pertanyaan-pertanyaan itu, setidaknya anda mendapatkan wawasan baru untuk lebih percaya diri lagi.

Baca juga: Perhatikan Langkah Ini Agar Mendapatkan Pekerjaan yang Cocok dan Layak

4. Gabung di Grup Lowongan Kerja
Sosial media kini sudah banyak yang memposting mengenai lowongan kerja, terutama di facebook. Di grup tersebut, carilah grup yang jumlah anggotanya paling banyak, ratusan ribu misalnya. Nah, setelah msauk, anda bisa melihat postingan lowongan kerja. Saran saya, lihatlah grup pada malam hari, karena biasanya ketika malam, banyak yang memposting.

Selain itu, ada juga di instagram dan whatsapp. Kalau di instagram, biasanya ada hastag lowongan kerja di daerah kota anda. Misalnya, “#infolokerbekasi” Anda bisa mengikuti tagar tersebut supaya nanti ketika ada informasi pekerjaan baru, anda segera melihatnya di beranda.

Baca juga: Persiapan Sebelum Menghadapi Tes Wawancara Kerja Supaya Diterima 

5. Perluas Jaringan Pertemanan
Berteman itu penting. Semasa muda, perbanyaklah teman, baik di ligkungan sendiri maupun luar kota. Hal ini tentu akan membantu anda ketika membutuhkan pekerjaan. Bukan hanya itu juga, luasnya pertemanan bisa membuat kita memiliki informasi pekerjaan yang banyak.  Atau bahkan teman itu sendiri yang menawarkan pekerjaan pada anda karena ia membutuhkan tenaga kerja.

Keuntungan dari banyak teman juga tentunya mengurangi jumlah pesaing, karena biasanya orang yang dikenal lebih diutamakan. Demikianlah ulasan dari saya, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel