Inilah Waktu yang Tepat untuk Mengerjakan Tugas Sekolah/Kampus

Balerumah.com - Pelajar atau mahasiswa terkadang sulit untuk mencari waktu yang tepat agar bisa mengerjakan tugas-tugasnya. Hal yang membuat ini terjadi karena kebanyakan dari mereka salah mengembil waktu, sehingga itulah yang menyebabkan seringnya terjadi bentrokan waktu, terutama ketika di rumah.

Via: Pixabay
Namun, oleh karena itu, di sini Bale Rumah akan memberikan beberapa waktu yang bisa kalian gunakan untuk mengerjakan tugas dengan tenang dan tanpa gangguan.

1. Waktu Fajar
Waktu fajar yang dimaksud di sini adalah ketika pagi hari sebelum matahari terbit. Bagi orang islam menyebutnya dengan waktu subuh. Waktu ini tepat untuk digunakan mengerjakan tugas karena pada saat itu hari sedang tenang, sunyi dan udara pun masih sejuk. Selain itu, waktu pagi kondisi fisik kita masih segar apalagi selepas mandi. Sehingga kita bisa mengerjakan tugas dengan tenang dan semangat tanpa gangguan.

Kekurangan dari waktu ini hanyalah sulitnya membuka mata ketika bangun tidur, apalagi bagi yang belum terbiasa. Namun jika anda tidur larut malam, kemungkinan sulit untuk bangun sepagi itu. Maka dari itu, jika anda ingin mengerjakan tugas pada pagi hari itu, tidurlah sebelum larut malam, agar bisa mengerjakan tugas di pagi harinya.

Baca juga: Penyebab Siswa Malas Belajar Ketika di Sekolah
Via: Pixabay
2. Sore Hari
Sore hari, ketika pulang sekolah atau kuliah. Atau lebih tepat pada waktu sebelum maghrib, sekitar pukul 17:00 dimana waktu itu waktu yang cukup tenang dan santai di rumah. Sesambil minum teh hangat ditemani dengan seberkas tugas-tugas sekolah atau kampus. Sore itu memang cocok untuk istirahat. Namun selagi tenaga masih ada, lebih baik digunakan untuk mengerjakan tugas.

Jika anda mengerjakan tugas pada sore hari, pastikan sedang tidak melakukan kegiatan apa pun. Seperti menyiram tanaman, memandikan hewan peliharaan, atau kegiatan lainnya. Singkirkan dan tunda kegiatan itu sesaat agar anda bisa fokus menyelesaikan tugas-tugas. Sehingga, tugas bia cepat selesai.

Kekurangan dari waktu sore ini adalah terhambat dengan kegiatan di rumah. Seperti yang telah dijelaskan di atas tadi. Namun, oleh karena itu, jika anda tidak sempat mengerjakan waktu sore bisa juga pada malam hari.

Baca juga: Manfaat Kuliah Cuma 3? Kok Bisa? 
Via: Pixabay
3. Sebelum Tidur
Sebelum tidur, biasanya kita kerap bingung dan sulit untuk bisa tidur karena tidak ada kegiatan apa-apa yang bisa kita kerjakan. Ini sering dialami oleh anak-anak muda, dan kebanyakan dari mereka menghabiskan waktunya untuk bermain gadged sampai mereka ngantuk dan bahkan sering ketiduran. Oleh karena itu, daripada menghabiskan waktu tak jelas seperti itu, lebih baik mengerjakan tugas.

Mengerjakan tugas atau membaca buku pada malam hari akan membuat kita menjadi kantuk. Nah, hal ini tentunya baik bagi anda yang merasa sulit untuk tidur. Supaya tidur anda menjadi normal dan tak terlalu larut malam, lebih baik sebelum tidur nanti anda membaca buku atau mengerjakan tugas jika memang sedang ada tugas. Atau bisa juga membaca buku, karena waktu mala mini sangat relevan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Kekurangan dari waktu sebelum tidur ini adalah,terkadang kita yang kantuk sebelum belajar. Atau sering tergoda untuk melakukan kegiatan yang lain, seperti memainkan gitar, bermain keluar, dan bahkan hanya melihat social media yang berita barunya tak ada habisnya. Oleh karena itu, lakukanlah kegiatan belajar sebelum tidur untuk mengisi sedikit pikiran dengan ilmu baru.

Baca juga: Siswa Perlu Tahu, 6 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Jam Pelajaran 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel