6 Hal yang Paling Membuat Mahasiswa Terganggu Ketika Belajar Online di Rumah

Balerumah.com – Sejak awal tahun 2020, selama 2 semester mahasiswa mengikuti pembelajaran berbasis online yang dilaksanakan di rumah. Hal ini dikarenakan maraknya penyebaran virus corona yang begitu cepat di Indonesia. Sehingga dengan begitu, pemerintah mengerahkan agar tiap kampus melakukan pembelajaran di rumah saja melalui media online.

Via: Pixabay
Dalam penggunaan gadged yang memiliki banyak sekali aktivitas selain belajar, mahasiswa tentu sering kali menemukan gangguan-gangguan yang kadang kala muncul begitu saja, sehingga menimbulkan distraksi dalam pembelajaran. Pada saat inilah, belajar menjadi tidak fokus. Bukan hanya itu, faktor lingkungan rumah juga merupakan salah satu penyebab mahasiswa tidak fokus dalam pembelajaran.

Penerapan system belajar yang berbeda dari sebelumnya, tentu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda pula. Terkadang, ada saja hal-hal baru yang dapat dipelajari dari situasi yang tidak memungkinkan. Atau bahkan tantangan belajar di masa pandemi ini.

Adapun hal yang membuat mahasiswa terganggu ketika belajar online adalah:

1. Masalah jarigan

Ini yang paling mengganggu. Ketika sedang menyimak materi tiba-tiba diganggu dengan hilangnya jaringan internet, tentu sangat mengganggu. Apalagi bagi teman-teman yang sedang melakukan presentasi, tentu menjadi hambatan. Oleh karena itu, sebelum melakukan pembelajaran online di rumah, maka siapkan jaringan internet yang kuat dan pastikan kuotanya cukup.
Baca juga: Inilah Penyebab Mahasiswa Mengulang Mata Kuliah yang Sering Terjadi 

2. Nontifikasi

Data yang sedang aktif akan memunculkan nontifikasi terbaru, entah itu chatingan, berita, ataupun iklan aplikasi yang tak jelas. Nontifikasi ini pastinya mengganggu ketika mahasiswa sedang mendengarkan materi yang disampaikan. Selain itu, nontifikasi juga kadang-kadang membuat kita tertarik untuk membukanya, walaupun hanya sekedar melihat saja.
Baca juga: Manfaat Kuliah Cuma 3? Kok Bisa? 

3. Tidak mematikan audio

Misalnya dalam daring di aplikasi tatap muka, teman yang tidak mematikan mikrofon pada layarnya akan membuat gaduh suasana pembelajaran di kelas online. Terlebih lagi bila orang yang tidak mematikan mikrofon itu sedang dalam keadaan ramai, maka suasana akan semakin ricuh. Oleh karena itu, ketika hendak daring psatikan mikrofon anda dimatikan.
Baca juga: Inilah 7 Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Hobi

4. Faktor lingkungan

Rumah atau tempat belajar yang berada di tempat ramai, tentunya dapat menggangu pembelajaran yang dilakukan pada saat itu. Tempat yang ramai tidak terlepas dari kebisingan, dan kebisingan inilah yang menghambat pemahaman dalam belajar. Maka dari itu, usahakan sebelum pembelajaran dimulai ada baiknya mencari tempat yang tepat, yaitu tidak bising dan koneksi intenet lancar.
Baca juga: Bingung Mau Pilih Jurusan Kuliah Apa? Coba Cara Ini!

5. Disamper teman
Kadang kala belajar online di rumah ini terlalu disepelekan. Bahkan tak jarang banyak teman yang menyampar ke rumah hanya untuk sekedar bermain. Bagi mahasiswa yang ingin belajar, tentunya ini menjadi gangguan. Sebab teman yang lain tidak tahu tentang kesibukan dan kegiatan yang anda jalani. Namun dengan demikian, belajar menjadi tidak kaku.
Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Memahami Materi Kuliah Tanpa Menghafal 

6. Ngantuk
Ngantuk menjadi salah satu gangguan yang dapat menghambat proses pembelajaran. Ini sering kali ditemui. Apalagi pada jam-jam pelajaran terakhir. Badan sudah lelah, pikiran pusing, mata mulai lesu, semua menjadi satu padu yang seakan membuat konsolidasi untuk mengabaikan proses pembelajaran, hehe. Oleh karena itu, hindari belajar di kamar agar tidak mudah ngantuk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel