Doa Niat Puasa Ramadhan yang Benar Beserta Artinya

Balerumah.com – Puasa Ramadhan dilakukan oleh umat muslim dalam setahun sekali, yaitu pada saat bulan ramadhan. Puasa ini adalah puasa yang tergolong wajib. Karena termasuk salah satu rukun islam, yaitu rukun isalam yang ke-4. Sebagaimana telah dijelaskan dalam Al-Qur’an:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya :

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah: 183)

Maka berbahagialah orang-orang muslim atas datangnya bulan suci ramadhan. Bulan penuh keberkahan. Bulan di mana turunnya Kitab Suci Al-Qur’an. Yaitu pada malam Lailatul Qadar.

Doa Niat Puasa Ramadhan
Sebelum menjalankan ibadah puasa, kita perlu membaca niat puasa secara lahiriah. Dan jangan lupa, niatkan juga dalam hati agar ibadah yang dilakukan berjalan dengan senang hati.


Dibaca: Nawaitu shouma ghadin 'an ada'i fardhi ramadhani haadzihissanati lillahi
ta'alaa

Artinya: Aku berniat berpuasa besok untuk menunaikan kewajiban bulan Ramadhan di tahun ini karena Allah Ta'ala

Seperti itulah niat puasa di bulan Ramadhan. Umat muslim mestinya sudah hafal bacaan ini, apalagi yang rajin berpuasa sejak kecil. Oleh karena itu, saya tulis di sini agar senantiasa kita tidak lupa dengan doa niat berpuasa di bulan Ramadhan. 

Semoga kita diberi kesempatan untuk berpuasa lagi di tahun depan...

Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar orang lain membacanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel