Makanan dan Minuman yang Cocok Dijual di Bulan Ramadhan

Balerumah.com - Sebelum memasuki bulan ramadhan, sebagai pedagang harus memikirkan kelak mau berjualan apa? Karena ketika bulan ramadhan, waktu berdagang akan disesuaikan dengan waktu berbuka puasa. Pada waktu sebelum berbuka itulah, orang-orang mencari makanan dan minuman untuk berbuka puasa nanti.

Via: Pixabay
 
Sebenarnya hampir semua makanan bisa dijual pada saat ramadhan. Tetapi, untuk mengikuti permintaan pasar, maka pedagang mesti menyesuaikan permintaan pasar agar bisa meraup pendapatan lebih banyak lagi.

Nanti baca juga: 10 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Wirausaha  

1. Es Cincau
Es Cincau salah satu minuman yang menyegarkan untuk diminum. Apalagi ketika tenggorokan sudah kering selepas seharian berpuasa. Minuman ini sangat cocok untuk dikonsumsi. Karena selain harganya yang murah, Es Cincau ini juga menjadi minuman favorit orang Indonesia.

Selain itu, Es Cincau ini pembuatannya pun cukup mudah. Hanya dengan menambahkan Es Batu, Santan, dan Gula Merah. Jangan lupa tambahkan daun pandan untuk membuat aroma lebih sedap lagi.

2. Es Dawet Ayu
Dawet Ayu ini sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional terdekat. Es Dawet Ayu khas Banjarnegara yag satu ini rasanya dan sangat cocok diminum pada saat cuaca panas. Tapi ketika puasa, tahan dulu ya, minuman ini diminum nanti saja ketika berbuka puasa.

Selain murah, Es ini rasanya segar dan nikmat sehingga disukai di berbagai kalangan, baik dari anak - anak maupun orang dewasa. Bagi anda yang ingin berjualan pada saat ramadhan, Es Dawet Ayu ini juga cocok untuk jualan di pinggir jalan. Pembuatannya pun cukup mudah, tak jauh beda dengan pembuatan Es Cincau di atas.

3. Es Buah
Es Buah salah satu minuman yang ditunggu-tunggu pada saat berbuka puasa. Karena selain rasanya yang segar, buahnya juga mengandung banyak vitamin sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar lagisetelah meminumnya.

Pada bulan ramadhan, menjual Es Buah ini menjadi salah satu peluang untuk anda berjualan di pinggir jalan maupun di dalam perumahan. Oleh karena itu, saya menyarankan anda untuk berjualan Es Buah ini.

4. Kolak / Bubur Candil
Nah, yang satu ini paling sering kita jumpai pada saat bulan ramadhan. Bubur candil atau kolak ini seperti sudah menjadi ciri khasnya bulan ramadhan di Inonesia. Karena makanan ini hanya bisa kita jumpai pada saat bulan ramadhan.

Untuk membuat bubur candil atau kolak pun cukup mudah. Anda hanya butuh beberapa bahan-bahan seperti tepung tapioka, tepung ketan putih, gula merah, santan, dan lainnya.

5. Timun suri

Timun suri adalah buah khas bulan ramadhan. Buah ini selain enak saat disantap, timun suri juga ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Buah ini memiliki beragam vitamin dan nutrisi seperti asam linoleat, vitamin A, vitami C, kalium, potasium, dan magnesium yang tinggi.

Timun suri tidak hanya bisa dijual berupa buah, karena timun suri bisa dibuat sebagai campuran es. Maka dari itu, saya sarankan kepada anda untuk berbisnis timun suri saat bulan ramadhan tiba.

6. Kurma
Kurma sangat cocok untuk dijual pada saat bulan suci ramadhan. Makanan ini memilki rasa yang manis dan lembut saat dikunyah. Biasanya umat muslim mengkonsumsi ini pada saat mengawali berbuka puasa. Misalnya meminum Teh Manis dan diselingi dengan buah kurma.

Buah kurma yang dikonsumsi biasanya ganjil, hal ini dipercaya mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan rohani. Oleh karena itu, saya sarankan kepada anda utuk berbisnis kurma saat bulan ramadhan tiba. Anda bisa mejualnya lewat online atau bahkan di tepi jalan.

7. Martabak
Bulan ramadhan atau bukan, makanan yang satu ini tetap banyak dicari. Karena rasanya yang sedap, dan sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari, membuat makanan ini selalu ramai dari pembeli. Setiap pedagang memiliki cita rasa yang berbeda, di sinilah, pedagang bersaing.

Dalam pembuatannya, usahakan martabak yang anda buat mempunyai rasa yang cukup konvensional. Artinya, semua orang bisa menikmati. Nah, untuk itu anda bisa mempelari resep-resepnya terlebh dahulu.

8. Gorengan + Lontong
Gorengan dan lontong menjadi kombinasi yang sangat pas untuk mengisi perut saat kosong. Apalagi untuk berbuka puasa. Biasanya, para musafir atau orang yang malas masak mencari makanan kombinasi ini untuk berbuka puasa.

Gorengan dan lontong juga tidak kalah dengan makanan lainnya, selain murah dan mudah ditemui, para pembeli tentunya akan mencari penjual mana yang memilki rasa yang sedap. Oleh karena itu, jika anda ingin berjualan makanan ini, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu soal cita rasa dan resepnya supaya masakan anda menjadi idaman para pembeli.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel