Ini Dia! Ternyata Manfaat Bekicot Sangat Luar Biasa

Balerumah.com - Bekicot alias siput memiliki tekstur tubuh yang lunak dan menggelikan ketika dipegang. Meski penampilan bekicot menjijikkan bagi banyak orang, namun manfaat bekicot bagi kesehatan sangat banyak dan beragam. Sebagai contoh, di Prancis, konsumsi bekicot sudah menjadi hal yang lumrah. Di Indonesia, beberapa daerah menggunakan hewan ini sebagai makanan sehari-hari.

Selain sebagai bahan makanan, beberapa jenis lendir bekicot juga digunakan sebagai bahan kosmetik. Berikut penjelasan lebih lanjut untuk Anda.

sumber foto: pixabay
Manfaat bekicot untuk kesehatan
Sedikit orang yang tahu bahwa hewan berlendir seperti siput ternyata bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa didapat dari moluska tersebut.

1. Sumber protein yang baik
Bekicot dapat dijadikan sebagai alternatif sumber protein berkualitas tinggi. Jenis protein pada hewan ini mirip dengan yang ada pada daging sapi dan babi, namun kandungan lemaknya jauh lebih rendah.

2. Meningkatkan daya tahan
Berkat vitamin A, makan bekicot dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin ini juga dapat menyehatkan mata dan Membantu pertumbuhan sel-sel baru di tubuh.

3. Baik untuk kesehatan tulang
Bekicot mengandung kalsium yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Asupan kalsium yang cukup dapat mengurangi risiko berbagai penyakit tulang (seperti osteoporosis).

4. Mencegah anemia
Salah satu jenis anemia yang paling umum adalah anemia defisiensi besi. Penderita penyakit ini biasanya mengalami gejala seperti lemas, pucat, nyeri dada, sakit kepala, dan kesulitan bernapas.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda, dan siput dapat menjadi salah satu sumber alaminya. Satu porsi bekicot dipercaya dapat memenuhi sekitar 20% kebutuhan zat besi harian.

5. Jantung Sehat
Bekicot dapat memberikan asam lemak Omega-3 yang baik untuk jantung. Selain itu, bahan ini juga membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko pembentukan gumpalan darah di pembuluh darah, dan menjaga detak jantung tetap stabil.

Namun, manfaat bekicot yang satu ini bisa hilang jika Anda mengolahnya dengan cara yang kurang sehat, seperti menggunakan banyak mentega maupun butter dan minyak.

6. Menyembuhkan luka
Saat ini banyak produk kecantikan yang menggunakan keong atau lumpur bekicot sebagai bahan dasarnya. Karena bahan-bahan tersebut dipercaya dapat membantu memudarkan bekas luka di kulit, termasuk bekas jerawat.

Ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, sebuah jurnal yang membahas efektivitas lendir bekicot dan kitosan dalam proses penyembuhan luka menyebutkan pernyataan serupa.

Lendir bekicot cocok sebagai bahan untuk mengobati luka kulit karena dapat menyebar dengan baik di permukaan kulit. Selain itu, lendir bekicot juga tidak menyumbat pori dan bersifat antibakteri.

Kandungan asam amino yang ada pada bahan ini juga dapat mendukung regenerasi dan pertumbuhan sel-sel baru. Sementara itu, kandungan protein hewan di dalamnya juga berperan dalam proses penyembuhan luka dan menghambat peradangan di kulit.

7. Sebagai pengganti makanan sehat
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Nigeria, seorang ahli gizi menyatakan bahwa bekicot merupakan pengganti makanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak dan orang dewasa, terutama di daerah yang sulit mendapatkan sumber makanan lain (seperti daging sapi).

Harga bekicot yang lebih murah menjadi salah satu pertimbangan utama hewan ini sebagai sumber nutrisi alternatif.

Selain protein, vitamin A, kalsium, dan zat besi, bekicot juga mengandung magnesium, fosfor, mineral tembaga, vitamin B6, B12, K, dan folat. Tak hanya itu, bekicot pun memiliki asam amino arginin dan lisin yang lebih tinggi dari telur.

Sifatnya yang tinggi protein, rendah lemak, serta kaya vitamin dan mineral membuat bekicot sehat untuk dikonsumsi.

8. Mengatasi penyakit kulit
Bekicot, ternyata juga untuk mengatasi berbagai penyakit kulit. Seperti koreng, kurap, dan lain-lain. Bagi yang menderita penyakit kulit ini, anda bisa menggunakan daging bekicot sebagai pengobatannya.

Daging bekicot ini bisa dimasak dengan cara digoreng, dibakar, dan lainnya, lalu bisa langsung dikonsumsi. Atau, bisa juga menggunakan lendirnya untuk ditetesi pada bagian yang luka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel