Pentingnya Menanyakan Cita-cita Kepada Anak

Balerumah.com - Setiap orang, pasti memilik cita-cita yang berbeda. Bukan hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun masih punya cita-cita. Tetapi di sini, kita akan membahas tentang pentingnya menanyakan cita-cita kepada anak-anak.

gambar via: pixabay
Saya salah satu orang yang suka bertanya kepada anak kecil: "cita-cita kamu kalau sudah besar mau jadi apa?" 

Dari jawaban anak-anak itu akan bervariasi (meskipun ada beberapa yang terkadang meniru temannya). Ada yang jawabannya aneh, lucu, dan bahkan tidak masuk akal. Seperti misalnya "mau jadi ultraman" "mau jadi boboi boy" dan masih banyak lagi.

Bagi saya, cita-cita adalah impian tertinggi yang dimiliki anak pada saat itu. Saya sebut "saat itu" karena jawabannya akan berubah dalam kurun waktu tertentu. 

Pertanyaan tentang cita-cita patut kita berikan karena akan:

1. Melatih Imajinasi Anak
Dengan pertanyaan cita-cita tersebut tentu akan melatih imajinasi anak. Bagaimana tidak, karena saat kita bertanya, mereka berpikir dan terkadang tidak bisa menjawabnya. Alhasil, anak akan menggunakan imajinasinya untuk menjawab pertanyaan itu.

Ada juga yang menjawab lebih dari satu, dan itu bagus. Karena sejak saatv itu ia sudah bisa membayangkan / mengimajinasikan bagaimana masa depan.

2. Mengetahui Bakat yang Harus Diasah
Saya pernah menmukan jawaban yang bisa jadi jawaban itu dijawab dengan ambisi (bukan sekedar imajinasi). Pernah ada anak menjawab "aku mau jadi pelukis". Dan setelah saya lihat, lukisannya memang bagus.

Dari situ saya berpikir "mungkin ini dijawab dengan ambisi". Dan saya rasa, jiwa dan bakatnya itu perlu diasah sejak kecil. Paling tidak, biarkan saja ia berkarya jika orangtua tidak mengizinkannya menjadi seorang pelukis.

3. Mengetahui Apa yang Membuat Anak Bahagia
Kadang anak menjawab dengan hal-hal yang dirasa diperlukan. Seperti msalnya "kalau sudah besar aku mau beli mainan yang banyak". Dengan begitu, kita bisa menilai bahwa anak itu membutuhkan mainan untuk kepuasannya.

Meskipun jarang sekali menemukan jawaban seperti ini, biasanya jawaban ini didapat pada umur dibawah 7 tahun. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel