Jangan Panik! Jika Terjadi Gempa Bumi, Lakukan Hal Ini!

Balerumah.com - Gempa bumi adalah peristiwa yang mengguncang permukaan bumi akibat pergerakan lempeng bumi, aktivitas gunung berapi, aktivitas patahan, atau patahan bumi.

Ketidaktepatan prakiraan gempa membuat masyarakat masih bingung tindakan apa yang harus dilakukan saat gempa terjadi dan bagaimana cara melindungi diri.
sumber foto: kate

Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, tindakan berikut harus diambil selama gempa.

Tenang dan jangan panik. Saat gempa terjadi, penting untuk tetap tenang. Jika kita tenang dan tidak panik, kita bisa berpikir jernih tentang tindakan apa yang harus dilakukan. Bekerja keras untuk keselamatan diri sendiri dan keluarga selama gempa. Jika Anda berada di pusat keramaian seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, dll, jangan panik dan ikuti instruksi dari pejabat setempat.


Jika Anda di Gedung

sumber foto: suarasurabaya

Segera tinggalkan gedung
Jika memungkinkan, Anda dapat meninggalkan rumah atau bangunan Anda sesegera mungkin. Anda dapat menggunakan tangga darurat. Jika Anda menggunakan tangga darurat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. 

Pertama, ambil satu sisi tangga. Kedua, jangan lari. Berlari meningkatkan risiko jatuh saat menuruni tangga. Terakhir, untuk wanita, lepaskan sepatu hak tinggi Anda. Mengenakan sepatu hak tinggi akan membuat Anda jatuh dari tangga, yang sangat berbahaya.

Jangan gunakan lift
Jangan menggunakan lift saat terjadi gempa. Gempa bumi akan menjebak Anda di lift. Jika Anda merasakan gempa di lift, harap segera tekan semua tombol. Setelah membuka pintu, segera cari tempat untuk bersembunyi. 

Namun, jika pintu tidak dapat dibuka, silakan tekan tombol darurat dan hubungi staf gedung melalui interkom yang tersedia.

Hindari reruntuhan bangunan
Jika Anda berada di gedung bertingkat tinggi dan tidak dapat segera meninggalkan gedung, segera lindungi diri Anda dari puing-puing. Anda dapat berjongkok di bawah meja atau di sudut ruangan yang kokoh (seperti dinding) untuk berlindung. 

Hindari menjatuhkan benda seperti jendela, lemari atau benda lainnya. Jika Anda sedang memasak di rumah, harap segera matikan kompor dan segera tinggalkan rumah. Langkah ini dapat mencegah kebakaran.

Jika di tempat terbuka
Jauhi benda berpotensi bahaya. Jika Anda berada di luar ruangan saat gempa terjadi, jauhi bangunan, kabel listrik, pohon, papan reklame, atau benda lain yang mungkin runtuh. Gunakan barang apa pun yang Anda bawa untuk melindungi kepala Anda. Juga, perhatikan tanah tempat Anda berdiri. Jika ada retakan di tanah, segera pergi dan cari pijakan yang aman.

Jika di dalam mobil
Gempa bumi dapat menyebabkan Anda kehilangan kendali atas mobil Anda. Berhenti segera di bahu kiri jalan. Keluar dari mobil dan menjauh dari mobil.

Jika di pantai 
Anda mengalami gempa bumi di pantai, harap segera meninggalkan garis pantai dan pergi ke tempat yang lebih tinggi. Harap waspada terhadap risiko tsunami setelah gempa bumi.

Jika Anda berada di gunung

Jika Anda berada di daerah pegunungan saat terjadi gempa, hindari daerah yang berpotensi terjadi longsor. Ini adalah tindakan yang harus diambil jika terjadi gempa bumi. Pahami bahwa jika suatu hari ada gempa, Anda siap. Dan paham apa yang harus dilakukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel