Peraturan Wajib Dalam Bermain Bola Tangan (Hand Ball)

Balerumah.com - Bola tangan atau hand ball adalah olahraga yang menggunakan kedua tangan untuk memukul dan memantulkan bola hingga masuk ke gawang. Jenis olahraga ini bisa dikatakan kombinasi dari lima sisi dan basket, dan peraturannya lebih rumit.


Meski diajarkan di SMP dan SMA, tidak semua orang mengenal handball. Pada dasarnya bola tangan sudah ada sejak zaman Yunani kuno, saat itu olahraga ini lebih dikenal dengan istilah sepak bola. Namun, cara bermainnya masih dengan tangan, bukan kaki. 

Seiring berjalannya waktu, para ahli olahraga akhirnya berkumpul di sebuah konferensi untuk menjadikan bola tangan sebagai olahraga formal. Tentu dalam pertemuan itu juga dibahas berbagai aturan hand ball yang telah disepakati. Maka kali ini saya akan membahas tentang aturan permainan hand ball. Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa cek di bawah ini.

Peraturan Bermain Hand Ball atau Bola Tangan

Meski hampir sama dengan sepak bola dan atau voli, peraturan hand ball sebenarnya cukup berbeda dengan dua permainan lainnya. Dalam permainan, setiap tim memiliki 7 pemain termasuk penjaga gawang.

Dalam peraturan permainan, ada beberapa peraturan wajib dalam hand ball yang harus dipahami dan dipatuhi, seperti jumlah pemain, ukuran lapangan, lama permainan, kiper, area dan luas lapangan. Jenis pelanggaran yang terdapat dalam permainan. Berikut penjelasan mengenai aturan permainan bola tangan sebagai berikut.

1. Lapangan Hand Ball
Peraturan wajib hand ball pertama-tama adalah ukuran lapangan. Ada beberapa ukuran bidang lapangan bola tangan sebagai berikut:
Lapangan memiliki panjang 40 m dan lebar 20 m.
Tiang gawang memiliki lebar 7,32 dan terbuat dari kayu dengan lebar 12,5 cm. Maka tinggi tiang gawang adalah 2,44 m.
Panjang garis lemparan gawang adalah 13 m.
Jarak garis lemparan bebas adalah 6 m.
Jari-jari lingkaran tengah adalah 9,15 m.
Ada bendera setinggi 1,5 meter di setiap sudut lapangan

2. Durasi Bermain Hand Ball 
Peraturan wajib hand ball melibatkan durasi permainan. Dalam permainan bola tangan atau hand ball, ada waktu permainan yang telah ditentukan. Namun, waktu yang ditetapkan untuk pertandingan ini, durasi pria berbeda dengan pertandingan wanita. Ini penjelasan lengkapnya:

Waktu permainan bola tangan putra adalah 2×35 menit (10 menit waktu istirahat)
Pertandingan bola tangan putri berlangsung selama 2×30 menit (10 menit waktu istirahat)

3. Kiper/Penjaga Gawang
Peraturan wajib hand ball kemudian akan dibahas tentang kiper. Peraturan dalam permainan  hampir sama dengan aturan penjaga gawang dalam permainan sepak bola lima lawan lima. Berikut peraaturannya:

Penjaga gawang hanya bisa mengejar dan berlari di daerahnya. (Jika Anda membatasi atau menjalankan bola di areanya, itu akan dianggap sebagai pelanggaran)
Penjaga gawang dapat meninggalkan daerahnya, tetapi akan kehilangan hak untuk menjadi penjaga gawang.
Penjaga gawang dapat menggunakan seluruh bagian tubuhnya untuk menahan bola.
Penjaga gawang diperbolehkan untuk menendang sebelum menyentuh bola.

4. Zona Penjaga Gawang
Peraturan wajib hand ball kemudian akan dibahas di area kiper. Penjaga gawang dalam permainan memiliki daerah gawangnya sendiri. Oleh karena itu, beberapa aturan harus dipatuhi, yaitu:
Pemain lain tidak diperbolehkan masuk ke area yang hanya penjaga gawang yang boleh masuk.
Dalam permainan, pemain ofensif dapat melingkari area gawang untuk menembak, tetapi bola harus masuk sebelum kaki pemain menyentuh ke bawah.
Bola di daerah berada di kuasa penjaga gawang.

5. Pelanggaran
Peraturan wajib yang hand ball terakhir dari permainan bola tangan adalah pelanggaran yang terdapat dalam permainan. Dalam permainan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjadi pelanggaran. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dikatakan pelanggaran, yaitu:
Pemain tidak diperbolehkan mengambil bola lebih dari tiga langkah.
Pemain dilarang menahan selama 3 detik.
Pemain harus melempar ke atas agar bisa ditangkap oleh pemain lain.
Bola mengenai betis.
Lemparkan ke arah lawan dengan sengaja.
Masuk ke area penjaga gawang.
Ketika pemain menjatuhkan lawan, pukul, dorong, dan tarik lawan.
Semua tindakan yang merugikan lawan harus diputuskan oleh wasit.

Itulah Peraturan Wajib Dalam Bermain Bola Tangan (Hand Ball), semoga bermanfaat.
...
Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel